OBJEK WISATA MASJID BAITURRAHIM ULE LHEUE KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFORMASI TEMPAT OBJEK WISATA MASJID BAITURRAHIM ULE LHEUE KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

OBJEK WISATA MASJID BAITURRAHIM ULE LHEUE KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFO LOKASI OBJEK WISATA MASJID BAITURRAHIM ULE LHEUE KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD) - Apabila anda datang dari arah Kota Banda Aceh, maka di lokasi sebuah persimpangan menjelang ke lokasi Pelabuhan Ulee Lheue berdiri kokoh sebuah masjid yang merupakan saksi bisu kedahsyatan bencana tsunami yang terjadi di Aceh pada akhir tahun 2004 silam. Masjid tersebut bernama Masjid Baiturrahim. Masjid ini menjadi salah satu dari sedikit bangunan lama yang masih kokoh berdiri di daerah Ulee Lheue pada saat musibah dahsyat itu terjadi. Meskipun masih ada beberapa buah masjid lain yang juga masih berhasil bertahan dari bencana tersebut, akan tetapi Masjid Baiturrahim ini tetap menyimpan sejumlah nilai historis yang tentunya lebih mendalam karena Masjid ini memiliki usia yang lebih tua. Masjid Baiturrahim ini sendiri merupakan warisan peninggalan Kesultanan Aceh. Masjid ini berdiri pada abad ke-17 dan awalnya memiliki nama Masjid Jami’ Ulee Lheue.

OBJEK WISATA MASJID BAITURRAHIM ULE LHEUE KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Pada saat Masjid Baiturrahman ini dibakar oleh kolonial Belanda di tahun 1873, maka kemudian warga Banda Aceh datang dengan jumlah yang sangat banyak untuk melakukan ibadah Shalat Jumat di lokasi masjid ini. Sejak saat itu, Masjid ini resmi berganti nama menjadi Masjid Baiturrahim. Pemerintah Hindia Belanda pernah melakukan pemugaran pada bangunan masjid yang sebelumnya memiliki konstruksi yang semi-permanen. Proses pemugaran ini kemudian selesai sekitar pada tahun 1923 dengan memiliki arsitektur yang baru dan terlihat sangat dipengaruhi oleh gaya Eropa. Pada saat itu Masjid ini hanya mampu menampung sekitar 500 jama'ah dan tidak memiliki kubah. Pada tahun 1981, dengan bantuan dari Pemerintah Arab Saudi, maka kemudian dilakukan kembali pemugaran. Pemugaran tersebut memfokuskan pada perluasan sisi bagian kanan dan juga bagian kiri masjid ini sehingga masjid ini bisa menampung 1.500 jama'ah. Selain gempa, ternyata masjid ini juga pernah diterjang oleh banjir besar di tahun 2001.

OBJEK WISATA MASJID BAITURRAHIM ULE LHEUE KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Pada tanggal 26 Desember 2004, gelombang tsunami raksasa yang memiliki tinggi lebih kurang 21 meter datang menghantam wilayah pesisir utara Kota Banda Aceh. Kawasan Ulee Lheue sendiri yang memiliki posisi persis di bagian tepi laut juga menjadi salah satu daerah yang paling parah menerima dampak tsunami tersebut. Hampir semua bangunan yang ada di wilayah ini rata dan juga hanyut terhempas oleh gelombang yang mengarah ke pusat Kota Banda Aceh dan ribuan jiwa menjadi korban. Ketika bencana tsunami tersebut datang, maka masjid ini tetap berdiri dengan kokohnya di bagian tengah hamparan puing bangunan pada bagian sekitarnya yang telah hancur lebur ditelan gelombang. Hanya sebagian kecil pada bangunan masjid ini yang mengalami kerusakan akibat adanya bencana tersebut. Pasca bencana tsunami, maka masjid ini kemudian mampu menarik minat dan perhatian banyak pihak yang datang dari berbagai negara di dunia.  Pengunjung yang datang ke Masjid Baiturrahim ini biasanya tidak hanya sekedar mengabadikan gambar salah satu situs bersejarah yang berhasil selamat dari sejumlah bencana ini. Pengunjung biasanya juga menyempatkan diri untuk bisa melakukan ibadah shalat di masjid ini. Pengurus masjid ini dan juga Pemerintah Kota Banda Aceh telah menyediakan berbagai fasilitas berupa informasi bagi setiap pengunjung yang datang kesini.

Terima kasih sudah membaca informasi wisata terbaru  tentang Info Objek Wisata Masjid Baiturrahim Ule Lheue Kota Banda Aceh  Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada situs www.infopesonawisataindonesia.com. Kami mengharapkan semoga informasi wisata yang kami berikan disini memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda semua.