OBJEK WISATA MASJID KUNO INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFORMASI TEMPAT OBJEK WISATA MASJID KUNO INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

OBJEK WISATA MASJID KUNO INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFO LOKASI OBJEK WISATA MASJID KUNO INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD) - Masjid Kuno Indrapuri ini pada awalnya merupakan sebuah candi Hindu yang secara lambat laun akhirnya berubah menjadi sebuah mesjid dan kinipun Masjid ini telah menjadi sebuah tempat wisata religi. Masjid kuno ini memiliki letak lokasi di kawasan Desa Peukan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Bentuknya sangat unik dan tentunya sangat menarik untuk anda saksikan. Berbagai historis sejarah tentang masuknya agama Islam ke daerah Aceh tentunya membuat anda bisa menambah pengetahuan anda tentang hal tersebut

OBJEK WISATA MASJID KUNO INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Mesjid Indrapuri ini keindahannya masih tetap sangat terjaga dengan berbagai etnik tradisional yang terdapat pada bangunannya. Bentuk dan ukurannya memanglah tidak begitu mewah dan tentunya menambah sebuah tanda tanya besar tentang asal usul Masjid yang memiliki landasan berbentuk persegi tersebut bisa menyimpan banyak sejarah mengenai Aceh pada masa tempo dulu. Sebelum pada tahun 1607, Indrapuri ini merupakan salah satu daerah yang banyak ditempati oleh masyarakat Hindu di Aceh. Candi Hindu ini dulunya juga dikenal sebagai benteng kerajaan bagi orang Hindu. Sekitar pada tahun 604 M, adik perempuan dari Putra Harsha yang pernah melarikan diri dari kerajaannya ke daerah Aceh. Setelah menetap di Aceh, maka Putra Harsha kemudian juga mendirikan sebuah kerajaan yang diduga kuat adalah Indrapuri ini. Selain dugaan dari kerajaan yang pernah didirikan oleh Putra Harsha tersebut, maka juga ditemukan bukti lain di sekitar daerah Indrapuri tersebut seperti perkampungan Hindu yang berlokasi di Tanoh Abe dan juga beberapa buah peninggalan kuburan Hindu.

OBJEK WISATA MASJID KUNO INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Selain memiliki penampilan yang sangat sederhana, atap mesjid tua ini sangat berbeda dengan mesjid-mesjid lain pada umumnya di daerah Aceh. Atapnya memiliki bentuk seperti segi empat atau tumpang bersusun tiga. Susunan kayu-kayu tersebut saling menyatu membuat pesona eksotis dari setiap sudut mesjid ini semakin terpancar. Berbagai sisi di dalmnya saling menopang dan juga menyimpan sejumlah jejak sejarah yang telah dilewati selama ratusan tahun lamanya oleh Masjid Kuno Indrapuri tersebut. Area mesjid Indrapuri ini memiliki luas sekitar 33 meter2 dan posisinya berada dekat dari ruas Jalan lintas Banda Aceh - Medan membuat anda dengan sangat mudah menemukan lokasinya. Dari arah pusat kota Banda Aceh ke daerah Indrapuri diperkirakan memiliki jarak hanya sekitar 24 KM jika anda berjalan ke arah utara.

Di akhir tahun 1874 M, pada saat penobatan Tuanku Muhammad Daud Syah untuk menjadi Sultan Kerajaan Aceh, maka mesjid tua Indrapuri inilah yang menjadi saksi bisunya. Sampai pada saat ini, peninggalan sejarah yang terdapat di Masjid Indrapuri ini sangat diperhatikan oleh pemerintah setempat. Disisi bagian depan kompleks Masjid ini terlihat sangat jelas ada papan peringatan untuk pengunjung untuk tidak memindahkan barang-barang ataupun mengambil barang-barang peninggalan sejarah yang ada di kawasan Masjid Kuno Indrapuri ini karena tempat ini sudah resmi dijadikan sebagai sebuah cagar budaya Aceh.

Terima kasih sudah membaca informasi wisata terbaru  tentang Info Objek Wisata Air Terjun Pria Laot Kota Sabang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) di www.infopesonawisataindonesia.com. Kami mengharapkan semoga informasi wisata yang kami berikan disini memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda semua.