OBJEK WISATA MUSEUM KAPAL PLTD APUNG KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFORMASI TEMPAT OBJEK WISATA MUSEUM KAPAL PLTD APUNG KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

OBJEK WISATA MUSEUM KAPAL PLTD APUNG KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFO LOKASI OBJEK WISATA MUSEUM KAPAL PLTD APUNG KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD) - Museum Kapal PLTD Apung ini telah diresmikan pada tanggal 14 September 2015 silam. Uniknya, museum tersebut lokasinya terletak di dalam ruangan sebuah kapal apung. Awalnya, ruangan tersebut hanya diperuntukkan bagi mesin Genset Listrik berukuran besar yang bisa menyalurkan energi listrik sebesar 10,5 megawatt. Namun, seiring dengan adanya ide dan kreativitas yang mengalir, maka sekarang kapal ini telah berubah fungsi menjadi sebuah ruangan yang suasananya sangat sejuk dan juga menjadi sebuah galeri sejarah. Kapal PLTD Apung tersebut awalnya merupakan sebuah kapal generator listrik yang dimiliki oleh Perusahaan Listrik Negara atau PLN. PAda saat Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam masih dilanda oleh konflik pada pasokan listrik, maka kapal ini kemudian dioperasikan di Aceh. Menjelang akhir tahun 2014, tsunami dengan ganasnya meluluhlantakan daerah Aceh dan membuat kapal yang memiliki luas sebesar 1.900 meter2 yang memiliki bobot sekitar 2.600 ton ini ikut tersapu arus tsunami hingga terdampar ke pusat kota Banda Aceh.

OBJEK WISATA MUSEUM KAPAL PLTD APUNG KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Saat ini, Kapal PLTD Apung sudah menjadi salah satu bagian sejarah yang merupakan sisa peninggalan bencana tsunami yang paling diminati oleh kunjungan para wisatawan. Untuk bisa melengkapi informasi tentang sejarah tsunami dan juga PLTD Apung ini, maka dibangunlah sebuah museum yang bertujuan untuk menceritakan jejak tsunami yang melanda Aceh dan juga sejarah kapal apung tersebut. Bahkan, di dalan kapal ini juga menceritakan berbagai cerita tentang korban yang berhasil selamat saat berada di atas kapal ini. Bentuk museum yang terdapat di dalamnya mirip dengan ruang mesin kapal. Di bagian dalamnya, banyak tangga besi yang melintang dari satu sisi ke arah sisi lainnya. Beberapa buah televisi yang memiliki layar datar juga menampilkan berbagai bentuk informasi tentang kapal tersebut beserta korban-korban yang telah berhasil selamat dari ganasnya terjangan tsunami.

OBJEK WISATA MUSEUM KAPAL PLTD APUNG KOTA BANDA ACEH PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Di dalam ruangan museum ini juga dapat anda temui jejak rekam para relawan tsunami yang datang dari berbagai belahan dunia. Beberapa buah alat peraga telah menggunakan teknologi yang terbaru. Tampilannyapun sudah bisa dibilang sangat modern dan jauh dari kesan museum sejarah yang ada sebelumnya. Ruangan museum ini memang tidak terlalu besar dan hanya memiliki dua lantai. Pada lantai pertama, anda akan bisa melihat beberapa buah alat peraga seperti adanya tayangan televisi yang memberikan anda informasi mengenai sejarah tsunami dan juga kapal tersebut. Sedangkan di lantai dua anda akan bisa melihat foto-foto mengenai berbagai perjalanan pada tahap peristiwa tsunami. Berbagai foto tersebut didapatkan dari wartawan asing yang saat itu bertugas di Aceh dan juga selama pasca tsunami tentunya akan bisa anda saksikan disini. Anda tentunya hanya akan membutuhkan waktu selama satu jam saja untuk menikmati seisi museum unik ini.

Terima kasih sudah membaca informasi wisata terbaru  tentang Info Objek Wisata Museum Kapal PLTD Apung Kota Banda Aceh Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada situs www.infopesonawisataindonesia.com. Kami mengharapkan semoga informasi wisata yang kami berikan disini memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda semua.