OBJEK WISATA PANTAI PUSONG SANGKALAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFORMASI TEMPAT OBJEK WISATA PANTAI PUSONG SANGKALAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

OBJEK WISATA PANTAI PUSONG SANGKALAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFO LOKASI OBJEK WISATA PANTAI PUSONG SANGKALAN KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD) - Pantai Pusong Sangkalan merupakan sebuah pantai yang memiliki pesona khas yang memiliki jarak hanya sekitar 3 KM saja dari Kota Blangpidie, yang merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Aceh Barat Daya, Nama Pusong Sangkalan tersebut kemudian digunakan karena di sekitar hamparan luas Samudera Hindia yang memiliki jarak 1 KM darilokasi bibir pantai tersebut terdapat sebuah “Pusong” yang merupakan singkatan dari Pulau Gosong. Sangkalan merupakan nama wilayah pemukiman warga dimana Pantai tersebut berada. Selain nama tersebut, maka pantai ini juga dikenal juga dengan nama lainnya, yaitu Pantai Bali. Nama Pantai Bali sendiri sebenarnya bukanlah nama yang resmi. Namun, menurut para penduduk setempat hal ini disebabkan karena pesona keindahan pantai ini tidak kalah jika dibandingkan dengan keindahan sejumlah Pantai yang terdapat di Pulau Bali. Banyak juga yang mengatakan hal itu terjadi karena ketika pertama kali pantai ini dibuka sebagai sebuah kawasan wisata, sangat banyak wisatawan dari mancanegara datang untuk menikmati keindahan pantai ini dengan melakukan olahraga seperti bermain selancar dan ada juga yang berjemur ria hanya dengan menggunakan bikini dimana hal tersebut dianggap sangat tabu oleh masyarakat setempat.


Pantai Pusong Sangkalan ini sendiri berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang terasa masih sangat asri dan juga bersih. Namun demikian, tekstur pasirnya sangatlah bersih dan terasa agak kasar. Ombaknya yang besar sangatlah menantang untuk anda yang memiliki hobi berselancar. Air lautnya yang sangat biru tentunya menhadirkan pesona khas yang sangat indah pula dan mampu membuat mata untuk betah berlama-lama memandangi lautan lepas yang terlihat tak bertepi tersebut. Apabila  anda datang mengunjungi pantai ini pada waktu pagi hari sekitar pukul 6.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, maka anda akan memiliki kesempatan untuk melihat langsung para nelayan tradisional yang sedang melakukan kegiatan yang disebut “Tarek Pukat”. Tarek pukat memiliki arti menjaring ikan dengan menggunakan pukat yang ditarik dari arah laut ke daratan. Mereka menarik pukat tersebut sambil mengumandangkan syair-syair khas Aceh yang tentunya sangat indah didengar dan sayang sekali bila anda lewatkan.


Di sekitar tempat ini terdapat sebuah pulau kecil yaitu Pulau Pusong Sangkalan yang memiliki luas 1 KM persegi yang dulunya merupakan daratan kecil yang sangat gersang dan banyak dikelilingi oleh hamparan karang yang pastinya sangat indah. Hamparan karang tersebut dua kali lebih luas daripada daratannya dan jika air laut sedang pasang surut, maka anda bisa untuk berjalan di atasnya dengan menyeberangi air laut yang hanya setinggi lutut. Untuk menjelajahi hamparan karang yang sangat indah tersebut maka akan mampu membuat anda lupa waktu, karena adanya ikan-ikan karang dan ikan hias lainnya mengelilingi anda dan bisa anda lihat dengan mata telanjang.

Terima kasih sudah membaca informasi wisata terbaru  tentang Info Objek Wisata Pantai pusong Sangkalan Kabupaten Aceh barat Daya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada situs www.infopesonawisataindonesia.com. Kami mengharapkan semoga informasi wisata yang kami berikan disini memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda semua.