OBJEK WISATA PULAU GOSONG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFORMASI TEMPAT OBJEK WISATA PULAU GOSONG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

OBJEK WISATA PULAU GOSONG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

INFO LOKASI OBJEK WISATA PULAU GOSONG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD) - Pulau Gosong merupakan sebuah pulau yang terbentuk dari adanya pasir yang hanyut selama puluhan tahun di tengah-tengah laut. Gosong tersebut bagi masyarakat Aceh memiliki makna terumbu karang yang letaknya jauh dari daratan dan bisa dikatakan berada di kawasan tengah lautan. Umumnya, gosong tersebut berada di wilayah perairan dangkal salah satunya di pulau ini yang berada tepat di depan Dermaga Ujong Serangga, di kawasan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Jaraknya sekitar kira-kira 500 meter dari dermaga tersebut. Pulau ini dapat ditempuh dengan menghabiskan waktu selama 30 menit.

OBJEK WISATA PULAU GOSONG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Pulau Gosong tersebut akhir-akhir ini memang menjadi populer bagi kalangan anak muda Aceh. Kebanyakan dari pengunjungnya adalah mereka yang tinggal di kawasan Blangpidie dan Susoh. Pada saat musim liburan, pulau ini akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Umumnya para wisatawan datang untuk melakukan piknik dengan membawa berbagai perlengkapan memasak dan juga berbagai bahan makanan yang akan dimasak sebelum pada waktu makan siang tiba. Sebuah pondok dibangun di pulau ini untuk bisa memfasilitasi wisata para pengunjung. Sayangnya, pondok yang sengaja dibangun oleh pemerintah ini tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Kebanyakan dari lantai papannya sudah bolong-bolong karena sengaja dicopot oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab untuk kemudian dijadikan kayu bakar

OBJEK WISATA PULAU GOSONG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (NAD)

Hal lain yang menjadi daya tarik di Pulau Gosong ini adalkah terumbu karangnya. Tumpukan terumbu karang berjejer sangat luas dan terlihat mempesona. Kebanyakan dari karang tersebut adalah jenis karang meja yang diantaranya sudah banyak mengalami proses bleaching. Warna putih dan juga ungu terlihat kontras berada di tengah-tengah lapangan karang yang memiliki warna coklat. Sekelompok kawanan ikan kecil-kecil terlihat menari-nari di sekitarnya. Tidak terlalu banyak jenis ikan yang terdapat disini. Namun, bila anda bruntung maka anda bisa untuk menyaksikan ikan napoleon yang biasanya juga terdapat di sekitar area perairan ini.

Terima kasih sudah membaca informasi wisata terbaru  tentang Info Objek Wisata Pulau Gosong Kabupaten Aceh Barat Daya Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada situs www.infopesonawisataindonesia.com. Kami mengharapkan semoga informasi wisata yang kami berikan disini memberikan manfaat dan pengetahuan bagi anda semua.