Liburan ke Jogja Kurang Sah Jika Belum Mampir Ke Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan

Sejak tahun 1991, Candi Prambanan telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia selain Candi Borobudur. Berbeda dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Budha, Prambanan merupakan candi hindu terbesar di Indonesia.

Kompleks candi hindu ini sangat luas. Luasnya bahkan mencapai 80 hektar. Mengenai seperti apa review kompleks candi ini, berikut kami akan berikan informasi selengkapnya yang Anda harus tahu!

Review Candi Prambanan

Alamat : Kranggan, Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571 (Maps)
Jam buka : 06.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 50.000,00 orang dewasa, Rp 20.000 anak – anak dan USD 25 wisatawan mancanegara

Candi hindu yang telah mengalami beberapa kali pemugaran ini merupakan candi dengan 240 candi besar dan kecil yang ada di dalam kompleksnya. Akan tetapi dari semua jumlah candi tersebut, hanya terdapat 18 candi saja yang berhasil dipugar, sisanya hanya berupa tumpukan batu yang berserakan.

Dari 8 candi utama, tiga di antaranya disebut sebagai candi Trimurti atau candi tiga wujud. Candi ini kehadirannya dipersembahkan untuk 3 dewa Hindu tertinggi yakni :

Dewa Brahma sebagai sang pencipta
Dewa Wisnu sebagai sang pemelihara
Dewa Siwa sebagai sang pemusnah

Relief yang menjadi penghias candi Prambanan menceritakan tentang kisah Ramayana dan Krishnayana. Kisah tersebut dimulai dari kelahiran Rama, penculikan Sinta oleh Rahwana, upaya penyelamatan Sinta oleh Hanoman, pertemuan antara Rama dan Sinta, sampai dengan penyerahan tahta Rama kepada anaknya.

Relief tersebut kemudian dipahat pada bagian dinding candi tepat di bagian sebelah dalam pagar dan bisa Anda saksikan di sepanjang lorong galeri yang mengelilingi candi utama. 
Jika Anda ingin tahu makna yang tergambar dari pahatan relief ini, Anda bisa membacanya dengan cara mengitari candi searah jarum jam. Anda bisa memulainya dari sisi timur candi Siwa. Pada bagian diceritakan tentang 42 adegan dan kemudian dilanjutkan dengan ke candi Brahma yang berkisah tentang 30 adegan.

Tidak jauh dari Candi Prambanan, Anda juga akan menemukan kisah cinta Rama dan Sinta yang dipentaskan dalam bentuk seni sendratari. Seni sendratari tersebut ditampilkan pada setiap hari selasa malam, kamis malam dan juga sabtu malam.

Dengan keunikan yang ditampilkan, sendratari Ramayana bahkan berhasil memegang rekor dunia Guinness World Records sebagai pentas tari yang paling banyak melibatkan penari sekaligus sebagai sendratari yang paling lama dan rutin untuk mementaskan tari terhitung sejak tahun 1961 sampai dengan 2012.
 
Jika musim kemarau tiba, pementasan sendratari yang mengisahkan tentang Rama dan Sinta dalam cerita Ramayana tersebut dilakukan di luar ruangan dengan Candi Prambanan yang disorot lampu sebagai latar belakangnya.

Kesan yang sangat indah dan spektakuler selama pementasan berlangsung akan Anda temukan. Selain menyaksikan pementasan sendratari Ramayana dan berkeliling di kawasan candi, hal menarik lain yang juga bisa Anda lakukan selama berlibur di Candi Prambanan adalah berfoto.

Review sebelumnya :

Hampir setiap titik di Candi Prambanan bahkan mulai pelatarannya dengan taman yang indah dapat dijadikan spot foto yang menghasilkan foto – foto super keren dan kece. Namun memang ada beberapa spot khusus yang sering dijadikan spot fotografi terbaik sebagian besar pengunjung Candi Prambanan, di antaranya :

Spot Bu Ani yang merupakan spot dimana fotografer dapat mengambil foto candi utama secara keseluruhan dibingkai dengan pohon mahoni
Spot reruntuhan Candi Perwara
Spot Syiwa Mandala

Itulah sedikit informasi yang berkaitan dengan Candi Prambanan. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang menambah wawasan dan informasi Anda khususnya berkaitan dengan wisata Jogja.

Post a Comment

Previous Post Next Post