Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Taman Nasional Komodo NTT, Mulai Dari Kadal Raksasa Sampai Snorkeling

Taman Nasional Komodo NTT

Tidak mau kalah dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, pesona keindahan Nusa Tenggara Timur juga menarik untuk dieksplorasi selama liburan. Jika sebelumnya ada pesona kepulauan gili di Lombok, maka sekarang jauh lebih menarik. Bahkan disini Anda bisa mendapatkan paket komplit dengan berkunjung ke Taman Nasional Komodo NTT.

Taman Nasional Komodo NTT

Selain itu, beraneka ragam aktivitas di Taman Nasional Komodo pasti belum pernah dilakukan di objek wisata lain. Khususnya pengalaman menarik ketika melihat langsung Komodo, salah satu hewan langka yang hidup dari jaman Purbakala.

Taman Nasional Komodo NTT

Sebagai destinasi favorit wisatawan, keseruan liburan di Taman Nasional Komodo NTT pastinya masih ada banyak lagi. Daripada merasa penasaran, bagaimana kalau langsung menyimak pembahasan dibawah.

Review Taman Nasional Komodo


Alamat : Pulau Komodo, Komodo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Google Maps
Jam Buka : 24 Jam

Harga Tiket Masuk 


Wisatawan Lokal : Rp. 5.000
Wisatawan Mancanegara : Rp. 150.000

Taman Nasional Komodo NTT

Biaya Lain-Lain 


Tiket Wisata Alam Snorkeling : Rp. 15.000
Tiket Kegiatan Pengamatan Kehidupan Liar : Rp. 10.000
Tiket Olahraga dan Tempat Rekreasi DTW Komodo : Rp. 50.000
Tiket Kapal Motor TN Komodo : Rp. 150.000
Tiket Mendaki Gunung dan Penelusuran Hutan : Rp. 5.000

Taman Nasional Komodo NTT

Aktivitas Yang Menarik di Taman Nasional Komodo NTT


Jika selama ini Anda menganggap Taman Nasional Komodo hanya menawarkan liburan melihat komodo saja, maka itu salah besar. Dengan luas mencapai 173.300 hektare, ada tiga pulau besar yang menjadi bagiannya. Yaitu Pulau Rinca, Pulau Padar dan Pulau Komodo. Sementara itu, terdapat pulau kecil bernama Pulau Padar Gili Lawa.

Taman Nasional Komodo NTT

Petualangan Anda di Taman Nasional Komodo dimulai dengan melihat komodo secara langsung di habitat aslinya. Komodo adalah hewan purba yang memiliki bobot mencapai 70 kg dan panjang 3 meter. Tidak sedikit komodo yang melebihi ukuran tersebut.

Review sebelumnya:
Taman Nasional Komodo NTT

Taman Nasional Komodo menjadi tempat tinggal kurang lebih 2.500 komodo. Karena termasuk hewan buas, wisatawan hanya diperbolehkan melihat dari jarak 300 meter. Hal itu dilakukan demi keamanan pengunjung. Bahkan air liur komodo sendiri mengandung racun.

Taman Nasional Komodo NTT

Puas menyaksikan Komodo, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan melihat beraneka macam fauna lain. Untuk jenis mamalia darat, ada kerbau, kuda dan rusa timor. Terdapat juga reptil seperti 9 spesies kadal dan 12 spesies ular.

Taman Nasional Komodo NTT

Tidak cukup hanya hewan-hewan darat, Taman Nasional Komodo juga memiliki fauna perairan. Meliputi 7 spesies ikan paus, 10 jenis lumba-lumba, 1000 spesies ikan dan penyu hijau. Wisatawan masih bisa menyaksikan langsung 40 burung indah dan cantik.

Selanjutnya, penggemar diving bisa memuaskan diri dengan memilih 100 situs menyelam berkelas internasional. Berenang bersama ragam spesies ikan dan terumbu karang warna-warni pasti sangatlah menyenangkan. Beberapa penghuni alam bawah laut yang bisa disapa antara lain ikan hiu, ikan pari manta dan dugong.

Taman Nasional Komodo NTT

Jika kurang berminat dengan diving, maka ada alternatif lain yang tidak kalah seru dan menantang. Yaitu mendaki Pulau Padar yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 atau 3 jam saja. Tantangan datang dari medan jalan yang berupa bebatuan dan menanjak.

Ketika liburan di Taman Nasional Komodo NTT, maka tidak boleh lupa untuk mampir ke Pantai Pink. Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna pink akibat perpaduan pasir putihnya dan degradasi karang merah.

Taman Nasional Komodo NTT

Pemandangan birunya air laut, alam sekitar yang menghijau dan pasir pantai pink menciptakan spot foto instagenic dan kekinian.

Dari Pantai Pink, silahkan Anda menginjakkan kaki di Pulau Kanawa. Selain pantai berpasir putih, keindahan alam bawah lautnya juga sangat keren. Apalagi didukung warna air yang sangat jernih, memungkinkan pengunjung menyaksikan dengan jelas ragam biota laut, warna-warni terumbu karang dan beraneka macam jenis ikan.

Taman Nasional Komodo NTT

Langkah petualangan Anda dilanjutkan menuju Pulau Rinca. Ada begitu banyak aktivitas yang bisa dilakukan sekaligus. Mulai dari menyusuri hutan bakau, sampai pergi ke hamparan padang savana untuk melihat satwa-satwa liar. Seperti rusa timor, komodo, monyet ekor panjang, kerbau liar dan masih banyak lagi.

Ingin mencoba bercengkrama dengan penduduk lokal? Anda bisa mampir ke Pulau Mesa. Disana ada desa tradisional yang penduduknya sangatlah ramah. Lihat pula keseharian mereka seperti mengolah ikan, mengeringkan timun dan mempersiapkan bahan pangan laut.

Terakhir, Taman Nasional Komodo NTT memiliki bingkisan manis untuk penggemar keindahan lembayung senja di ufuk barat. Pulau Kalong siap menyuguhkan panorama sunset terbaik. Guratan oranye cahaya matahari ini disempurnakan oleh pemandangan ribuan kelelawar yang terbang menuju hutan bakau. Sebuah perpaduan yang teramat indah.