Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Perlu Takut Bosan, Ini Rekomendasi Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Wisata Dekat Jalan Malioboro

Kalau bicara tentang jantung kota Jogja, fokus utama kita akan teralihkan untuk memikirkan tentang Jalan Malioboro. Ya, memang bisa dibilang Jalan Malioboro ini menjadi landmark sekaligus jantung kota Jogja. 

Pusat keramaian bisa ditemukan di kawasan ini. Bahkan ada banyak tempat wisata yang bisa dijelajahi tak jauh dari Jalan Malioboro ini. Mengenai apa saja tempat wisata terdekat yang ada di sekitar Malioboro, berikut kami akan bagikan informasi menarik dan lengkapnya untuk Anda!

Tempat Wisata Dekat Jalan Malioboro

Tugu Jogja


Tugu Jogja merupakan tempat wisata dekat Jalan Malioboro yang lokasinya sekitar 1 km di sebelah utara Malioboro. Tugu Jogja juga sering disebut sebagai Tugu Pal Putih oleh masyarakat setempat karena memang warnanya putih megah.

Tugu ini terletak di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Margo Utomo dan memang menjadi icon dari Malioboro, Jogja. Selain bisa jalan – jalan dan berfoto, di sekitar tugu juga terdapat banyak pedagang kaki lima dan kios makanan sehingga Anda bisa kulineran sekaligus.

Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo berada di Jalan Margo Mulyo Nomor 16, Yogyakarta. Sembari Anda menyusuri Malioboro, Anda bisa mampir ke pasar tradisional yang satu ini.

Pasar ini menjual aneka ragam barang mulai dari batik, pakaian, berbagai barang antik, perak, sembako, sayuran sampai dengan jajanan pasar dan makanan khas Jogja. Semuanya bisa dicari di sini. Oleh karena itu banyak pengunjung yang juga mencari oleh – oleh di  pasar ini.

Benteng Vredeburg


Dari Pasar Beringharjo, sekitar 180 meter ke arah selatan akan Anda temukan bangunan bersejarah yaitu Benteng Vredeburg. Benteng ini dulunya merupakan benteng peninggalan Belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala hal yang berkaitan dengan perkembangan di dalam Keraton Yogyakarta.

Namun kini sudah beralih fungsi menjadi museum. Di dalamnya tersimpan diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan berbagai benda bersejarah. Jika Anda ingin masuk ke lokasi Benteng Vredeburg, Anda cukup membayar Rp 2.000,00 saja untuk orang dewasa, untuk anak – anak hanya Rp 1.000,00 sementara untuk wisatawan mancanegara Rp 10.000,00.

Titik Nol Kilometer Jogja


Anda yang ingin bersantai dengan suasana siang dan malam yang eksklusif, bisa datang ke Titik Nol Kilometer ini. Terdapat taman yang rapi lengkap dengan bangku sebagai tempat bersantai.

Bangunan bernilai sejarah seperti Gedung BNI 46, Kantor Pos dan juga Gedung Agung akan Anda temukan. Monumen Serangan Umum Satu Maret yang dibangun untuk memperingati serangan tentara Indonesia terhadap Belanda pada 1 Maret 1949 juga ada di sini.

Keraton Yogyakarta


Sejatinya Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Kompleks bangunan ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya masih menjalankan tradisi kesultanan sampai sekarang.

Keraton Yogyakarta dapat disambangi oleh wisatawan setiap hari mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB. Sementara di hari Jumat jam kunjungannya hanya sampai pukul 11.00 WIB saja. Museum yang di dalamnya tersimpan aneka ragam koleksi milik kesultanan, hadiah raja Eropa, replika pusaka keraton dan juga gamelan juga ada di bagian keraton ini.

Itulah sedikit informasi yang bisa Anda temukan berkaitan dengan tempat wisata apa saja yang ada di dekat Jalan Malioboro. Selain bisa datang ke berbagai tempat wisata di atas, Anda juga bisa berbelanja di berbagai pusat perbelanjaan terdekat.