Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Berkunjung ke Lawang Sewu di Semarang? Ini Hal Wajib Yang Harus Dilakukan

Lawang Sewu Semarang

Siapa yang tidak tahu wisata paling terkenal di Kota Semarang ini? Hampir semua orang mengetahuinya karena wisata ini sering diperbincangkan di kalangan masyarakat. Lawang Sewu Semarang patut untuk dikunjungi karena harga tiket masuknya yang murah dan tempatnya cocok untuk hunting foto. Berikut ini akan disajikan informasi selengkapnya:

Lawang Sewu Semarang

Informasi Umum


Wisata Lawang Sewu terletak di Kecamatan Semarang Tengah, Kota semarang. Bagi yang bingung dengan lokasinya, dapat mengikuti arahan dari maps dengan link berikut. Letaknya mudah sekali untuk dijangkau karena berada di pusat Kota Semarang. Siapapun dapat mengunjunginya tanpa perlu bingung mencari alamatnya.

Lawang Sewu Semarang

Jika pengunjung ingin mendatangi wisata ini di pagi hari, hal tersebut bukanlah masalah karena Lawang sewu buka pukul 07.00 WIB. Harga tiketnya pun sangat murah . Untuk anak-anak dan pelajar hanya dipasang tarif 5 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk orang yang dewasa dan turis asing dipasang tarif 10 ribu rupiah. Harga tersebut tentu sangat sesuai dengan kantong sehingga siapapun dapat memasukinya.

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu di Semarang merupakan bangunan bersejarah yang telah berdiri sejak pemerintahan Belanda. Dinamakan Lawang Sewu karena bangunan ini terdiri dari banyak pintu. Selain berwisata sejarah mengenai perkembangan kereta api Indonesia, tempat ini juga sangat recommended sekali untuk digunakan tempat foto. Bahkan, banyak pasangan yang memilih tempat ini untuk prewed.

Lawang Sewu Semarang

Hal Wajib Saat Mengunjungi Lawang Sewu


Banyak orang yang merasa senang jika dapat mengunjungi wisata yang satu ini. Dilihat dari bangunannya memang sangat klasik sekali dan kental dengan budaya Belanda. Pengunjung yang ingin merasa puas jika datang ke Lawang Sewu harus memperhatikan beberapa hal wajib yang saat berkunjung ke Lawang Sewu berikut:

Lawang Sewu Semarang

1. Menyewa Jasa Tour Guide


Pada saat membayar tiket, pengunjung akan disajikan pemandangan beberapa orang yang memakai blankon atau pakaian adat jawa. Perlu diperhatikan bahwa orang tersebut merupakan tour guide resmi dari Lawang Sewu. Keberadaan tour guide ini sangatlah penting untuk memandu wisatawan agar tidak tersesat ketika sudah sampai di dalam bangunannya.

Terdapat banyak sekali pintu yang akan membuat bingung para wisatawan sehingga sangat direkomendasikan untuk menyewa tour guide. Kelebihan lainnya yang bisa didapatkan ketika menyewa jasa ini adalah dapat mengetahui dengan jelas sejarah yang ada di bangunan tersebut. Cerita mistis dan rumor yang beredar pun dapat ditanyakan dengan jelas melalui tour guide.

Review sebelumnya:

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

2. Menikmati Karya Seni


Setelah pengunjung mendapatkan tiket, silahkan berjalan ke arah kiri dan terlihat dengan jelas karya seni yang patut untuk dinikmati. Karya seni tersebut berupa lukisan dari seniman yang sudah ahli. Cobalah dekati dan lihat secara lebih detail untuk menikmati keindahannya. Lukisan tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga harus diapresiasi dengan baik.

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

3. Mengunjungi Museum Lokomotif


Pada bagian gedung sebelah barat, ada museum lokomotif yang patut untuk dikunjungi. Ruangan tersebut berisi mengenai sejarah perkeretaapian Indonesia yang diwujudkan berupa gambar. Terdapat pula ruang audio visual yang berisi rangkuman sejarah kereta api yang ada di Indonesia. Pengunjung pun akan tertegun dengan gambar yang disajikan pada museum ini karena belum tentu ada di tempat lain.

Beberapa informasi mengenai wisata Lawang Sewu di Semarang tersebut patut untuk disimak sebelum mengunjungi tempatnya langsung. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera yang bagus untuk mengabadikan momen ketika mengunjungi wisata ini. Cari pula kuliner khas Semarang yang belum tentu dapat ditemui di tempat lain.