Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Lengkap Pantai Prangtritis di Yogyakarta, Fasilitas, Tiket Masuk dan Lokasi Wisata

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Pantai Parangtritis, siapa yang kenal dengan pantai legendaris di Yogyakarta ini? Tempat wisata yang satu ini seakan menjadi lokasi yang wajib dikunjungi dan bahkan selalu masuk ke dalam paket wisata di Yogyakarta. Pantai Parangtritis di Yogyakarta memang memiliki sejuta pesona dan tak lepas dari kisah mistis yang menyelimutinya.

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Kisah mistis tentang keberadaan Nyi Roro Kidul sebagai Ratu Pantai Selatan masih menjadi bagian tak terpisahkan dari Pantai Parangtritis. Meski dengan balutan mitos yang masih kental tak membuat wisatawan urung mengunjunginya. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik dari Pantai Parangtritis.

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Daya Tarik Wisata


Pantai yang berada di pesisir laut selatan ini memiliki pesona yang memikat. Tak hanya karena alamnya yang indah, namun wisata alam ini juga menyediakan berbagai wahana yang bisa dijajal ketika mengunjungi tempat tersebut. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang membuat Pantai Parangtritis layak dikunjungi:

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

1. Mitos yang Berkembang di Masyarakat


Kisah yang berkembang di masyarakat sekitar Pantai Parangtritis memang menarik untuk ditelusuri. Kepercayaan masyarakat lokal tentang keberadaan Nyi Roro Kidul dan beberapa pantangan di pantai ini menjadi kisah yang menarik. Bahkan hal tersebut sudah menjadi ikon dari Pantai Parangtritis itu sendiri.

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

2. Banyak Objek Wisata Menarik


Ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis di Yogyakarta, wisatawan tak hanya bisa menikmati keindahan pantai dan hamparan ombak yang menawan saja. Namun parangtritis juga memiliki gumuk pasir yang unik dan berada di sepanjang jalan menuju pantai. Gumuk pasir di Pantai Parangtritis ini menawarkan panorama yang indah.

Selain gumuk pasir, ada objek wisata lain di sekitar Pantai Parangtritis yang bisa dikunjungi. Ketika menyusuri pantai ke arah timur wisatawan akan menemukan Air Terjun Parang Endog yang berada di bibir pantai. Selain itu wisatawan juga bisa mencoba pemandian air panas di Pemandian Parangwedang.

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

3. Sunset Romantis di Parangtritis


Pemandangan senja memang selalu memanjakan mata. hal tersebut juga akan didapatkan ketika berkunjung ke Pantai Parangtritis di Yogyakarta ketika sore hari. Keindahan senja di Pantai Parangtritis memang menakjubkan. Oleh sebab itu banyak yang berkunjung ke Parangtritis untuk menikmati indahnya matahari tenggelam di tempat tersebut.

Review sebelumnya:

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Fasilitas Pantai Parangtritis


Selain berjalan menikmati indahnya pantai, di Parangtritis juga menyediakan fasilitas seperti ATV, bendi dan juga kuda yang bisa disewa untuk berjalan-jalan di sekitar pantai. Tentunya hal tersebut akan memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika menelusuri sepanjang Pantai Parangtritis. Parangtritis juga memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan juga bisa mencoba surfing atau paralayang.

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Untuk masuk ke Pantai Parangtritis pengunjung akan dikenakan tiket masuk. Harganya juga cukup murah, hanya perlu membayar 5 ribu saja. Bagi yang membawa kendaraan dikenakan biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Untuk tiket masuk ini tidak termasuk fasilitas lain di pantai, sehingga untuk menyewa ATV, berkuda dan lainnya akan dikenakan biaya tambahan.

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Lokasi Pantai Parangtritis


Pantai ini merupakan pantai yang terletak di bagian selatan kota Yogyakarta. Berlokasi di Parangtritis, Kecamatan Krakal, Kabupaten Bantul, Pantai Parangtritis di Yogyakarta ini berjarak 20 Km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk memudahkan menemukan lokasi tersebut bisa melihat petunjuk dari Google Maps menuju Pantai Parangtritis.

Link Gmaps

Pantai Prangtritis di Yogyakarta

Parangtritis memang memiliki banyak pesona. Dari sekian banyak pantai di Yogyakarta parangtritis memang paling terkenal dan tak asing lagi di telinga. Tak heran jika Pantai Parangtritis di Yogyakarta ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat bertandang ke Yogyakarta terutama untuk menikmati keindahan alamnya.