Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benteng Otanaha Gorontalo, Lima Alasan untuk Mengunjunginya

Benteng Otanaha Gorontalo

Provinsi Gorontalo terletak di sebelah barat Sulawesi Utara. Jika berkesempatan berada di Gorontalo, sebelum pulang dan menuju Lapangan Terbang Gorontalo, sempatkan waktu sejenak untuk berkunjung ke Benteng Otanaha Gorontalo. Jarak benteng adalah delapan meter dari tengah Kota Gorontalo.

Benteng Otanaha Gorontalo

Apa keistimewaan dari benteng ini sehingga perlu dikunjungi?


Inilah benteng yang dipercayai sebagai satu diantara beberapa bukti hadirnya Bangsa Portugis pada sekitar tahun 1950 an untuk mencari rempah-rempah. Berikut adalah lima alasan kenapa perlu berkunjung di benteng ini:

Link Gmaps.

Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha Gorontalo

1. Untuk Mempelajari Sejarah Gorontalo


Bangsa yang mau maju adalah bangsa yang menghargai sejarah. Benteng Otanaha Gorontalo ini adalah salah satu bukti sejarah bagaimana Bangsa Portugis pernah hadir di Gorontalo, membangun benteng ini, mengkhianati perjanjian dengan penguasa Gorontalo Dan akhirnya sejarah perlawanan rakyat melawan penjajah. Nama benteng dari bahasa daerah. "Ota" artinya benteng, dan "Naha" sebenarnya nama anak Raja Ilato.

Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng dibangun atas kesepakatan Raja Ilato dan pendatang dari Portugis  pada tahun 1522 sebagai pertahanan dari serangan musuh. Portugis mengkhianati kesepakatan dan bermaksud mengambil alih Gorontalo. Karena itu terjadi pertempuran untuk mempertahankan Gorontalo dari penjajah.

Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha Gorontalo

2. Melihat Pemandangan yang Indah


Jalan menuju ke benteng cukup baik. Disana ada tiga benteng yang masih kelihatan jelas bentuk lingkarannya walaupun sudah tak utuh. Ketiganya terletak di atas bukit. Saat berada di bagian atas benteng akan kelihatan pemandangan indah danau Limboto. Di atas benteng itu juga kelihatan indahnya Kota Gorontalo.  Jelajahi tiga bangunan Otanaha sebagai benteng utama, beserta Ulupahu dan Otahiya.

Benteng Otanaha Gorontalo

Untuk memanjakan mata terhampar pemandangan perbukitan yang menghijau di sekitar benteng. Tidak Diragukan lagi inilah wisata bangunan dengan nilai sejarah yang bisa dipadukan dengan kecantikan alam di sekitarnya. Ada baiknya berkunjung menjelang matahari terbenam. Pemandangan akan tampak lebih indah.

Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha Gorontalo

3. Mendapat Spot Foto yang Bagus


Kegagahan Benteng Otanaha adalah teman selfie yang sangat keren. Benteng yang cukup besar sehingga bisa dijelajahi memberi latar belakang selfie yang tidak biasa.

Benteng Otanaha Gorontalo

Jika belum puas berfoto kunjungi saja Danau Limboto dimana pengunjung akan mendapat spot selfie alami. Ada spot selfie lain di Museum Pendaratan Pesawat Amfibi Soekarno, sekitar dua kilometer dari benteng.

Review sebelumnya:

Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha Gorontalo

4. Untuk Merasakan Sensasi Berjalan di Atas Benteng


Bahan pembuat benteng terdiri atas batu, kapur, pasir dengan bagian putih dari telur burung Maleo sebagai perekatnya. Tiga benteng itu bentuknya lingkaran tanpa atap. Benteng Otanaha, bentuk unik karena berbentuk angka delapan. Diameter tiga benteng itu dua puluh meter. Pada keliling tembok benteng ada celah buat mengintai dan menembak.

Benteng Otanaha Gorontalo

Tiga benteng direnovasi dengan arsitektur asli guna menguatkan strukturnya di tahun 2009. Tempat persinggahan pertama ada 52 anak tangga, dari sini ke persinggahan ke-2 ada 83 anak tangga, dan menuju persinggahan ke-3 ada 53 tangga, kemudian menuju ke persinggahan ke-4 ada 89 anak tangga. Ada 4 pos untuk istirahat.

Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha Gorontalo

5. Guna Mempelajari Flora dan Fauna Setempat


Di sekeliling artefak Benteng Otanaha yang berpemandangan indah selama beratus-ratus tahun, berbagai vegetasi tumbuhan dan binatang unik seperti burung dan tarsius yaitu jenis monyet dengan ukuran mungil telah berkembang biak. Flora dan hewan menambah daya tarik tempat wisata ini.

Benteng Otanaha Gorontalo

Karena kawasan Benteng Otanaha penuh dengan nilai sejarah, budaya dan pengetahuan, pemerintah RI sudah menetapkan area ini sebagai cagar budaya di tahun 2011. Karena itu tidak usah ragu mengunjungi tempat ini. Ada lima alasan kuat untuk mengunjunginya dan wisatawan tidak akan menyesal.