Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunikan Pantai Tanjung Layar Banten yang Wajib Diketahui Pelancong

Pantai Tanjung Layar Banten

Bagi pecinta pantai, Pantai Tanjung Layar Banten merupakan destinasi wisata air yang wajib untuk dikunjungi. Tempat yang memiliki pemandangan indah nan eksotis ini memiliki banyak spot-spot bagus jika dijadikan foto Instagram. Selain itu, pantai Tanjung Layar belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga pantainya masih bersih dan tidak terlalu ramai.

Pantai Tanjung Layar Banten

Rute dan Lokasi Pantai Tanjung Layar


Pantai Tanjung layar terletak di daerah Sawarna yang sudah sangat terkenal sebagai tempat wisata dengan pantai-pantai indah. Lokasi tepatnya berada di Kawasan Sawarna, Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir, Kabupaten Lebak, Banten. Kawasan pantai ini ternyata sangat dekat dengan tempat wisata terkenal lainnya, yaitu Pelabuhan Ratu.

Link Gmaps

Pantai Tanjung Layar Banten

Untuk mencapai pantai Tanjung Layar, terdapat beberapa rute yang dilalui. Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta, terdapat 3 jalur untuk menuju pantai Tanjung Layar ini. Jalur-jalurnya adalah sebagai berikut:

Pantai Tanjung Layar Banten

Melalui Pandeglang. Rute pertama adalah melalui daerah Pandeglang. Dari Jakarta, pengunjung bisa berkendara menuju Pandeglang. Kemudian dilanjutkan ke Saketi dan Malingping. Dari sana pengunjung bisa pergi ke kecamatan Bayah, dan sampailah di kecamatan Sawarna.

Pantai Tanjung Layar Banten

Melalui Pelabuhan Ratu. Rute selanjutnya adalah melalui Pelabuhan Ratu. Pengunjung bisa berangkat melalui Cibadak, Cijeruk, atau Cikidang. Ketiga rute ini akan berakhir di Pelabuhan Ratu. Setiba di Pelabuhan Ratu, pengunjung perlu menuju ke Cisolok dan tiba di Sawarna.

Pantai Tanjung Layar Banten

Melalui Cilegon. Dan rute yang terakhir adalah melalui Cilegon. Pengunjung yang berangkat melalui rute ini akan melewati Anyer terlebih dahulu. Kemudian akan menuju ke Labuan dan sampailah di Sawarna.

Review sebelumnya:

Pantai Tanjung Layar Banten

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Layar


Setelah mengetahui lokasi beserta rute terbaik yang bisa dilalui, pengunjung juga perlu mengetahui harga tiket masuk serta keindahan apa yang terdapat di pantai Tanjung Layar Banten. Harga tiket pantai Tanjung Layar yang diberikan pengelola sangat ramah dikantong, yaitu Rp 5.000 per orang. Sedangkan parkir, jika pengunjung ingin bermalam akan dikenakan biaya Rp 25.000 per kendaraan.

Pantai Tanjung Layar Banten

Dengan harga yang tidak menguras kantong, fasilitas Pantai Tanjung Layar sangat lengkap. Selain tersedia warung di sepanjang pantai, pengunjung juga bisa menyewa penginapan yang sudah disediakan pengelola. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di daerah pantai Tanjung Layar ini.

Pantai Tanjung Layar Banten

Keunikan dan Keindahan Tanjung Layar


Pantai yang terletak di ujung Banten ini memiliki keunikan dan keindahan yang belum banyak diketahui orang. Karena belum banyak dikunjungi wisatawan, pantai ini begitu bersih dari sampah. Penasaran ada apa saja di pantai ini? Yuk, simak ulasannya!

1. Karang Besar Berbentuk Layar

Keunikan utama dari Pantai Tanjung Layar adalah kehadiran karang besar yang berbentuk layar. Menurut legenda, batu karang dengan bentuk unik ini merupakan layar dari perahu sangkuriang yang ditendang. Inilah mengapa disebut pantai Tanjung Layar.

2. Pantai dengan Gugusan Karang

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Tanjung Layar menyajikan pemandangan gugusan karang yang terhampar sepanjang pantai. Pengunjung bisa menikmati hempasan ombak yang menabrak batu karang. Ditambah angin sepoi-sepoi yang menambah kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung kesana.

3. Tersedia Camping Ground

Selain tersedia penginapan, di Pantai Tanjung Layar memungkinkan untuk melakukan camping. Bagi yang ingin merasakan sensasi bermalam yang berbeda, bisa membawa tenda sendiri dan mendirikannya di pinggir pantai. Atau bisa juga melakukan kegiatan barbeque bersama teman atau keluarga ditemani pemandangan sunset yang indah.

Pantai Tanjung Layar Banten

Itulah keunikan dan keindahan dari Pantai Tanjung Layar Banten. Tempat wisata yang dikelola dengan baik ini bisa dijadikan tempat favorit untuk beristirahat dan me-refresh-kan diri dari rutinitas sehari-hari. Pantai yang tidak terlalu ramai sangat recommended untuk didatangi bersama keluarga atau teman-teman.