Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunikan Wisata Edukasi Benteng Marlborough Bengkulu yang Wajib Diketahui

Benteng Marlborough Bengkulu

Salah satu destinasi unik yaitu Benteng Marlborough di Bengkulu yang merupakan destinasi wisata bersejarah yang menyimpan banyak cerita menarik. Bangunan yang didirikan tahun 1713-1719 ini awalnya bernama Fort Marlborough ini berbentuk mirip kura-kura. Objek wisata yang dibangun oleh East India Company ini memukau banyak wisatawan karena keunikannya.

Benteng Marlborough Bengkulu

Latar Belakang Sejarah


Benteng yang dibangun di bawah naungan Joseph Callet ini terkenal sebagai benteng peninggalan Inggris. Menariknya, benteng Marlborough ini diklaim sebagai benteng terkuat Inggris. Faktanya, rakyat Bengkulu menghanguskan bangunan ini dengan cara membakarnya, sehingga para penghuni harus mengungsi ke Madras, India.

Benteng Marlborough Bengkulu

Tahun 1793, serangan kembali terjadi hingga menewaskan opsir Inggris, Robert Hamilton. Tahun 1807 serangan belum reda dan menewaskan residen bernama Thomas Parr. Pendirian monumen di kota Bengkulu ini merupakan peringatan atas kematian keduanya yang dilakukan oleh pemerintah Inggris.

Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng ini mulanya dibangun sebagai pusat pertahanan dan kemudian beralih fungsi sebagai pusat perdagangan. Tahun 1977, bangunan yang pernah menjadi tempat markas TNI-AD dijadikan bangunan cagar budaya oleh Departemen Pendidikan dan Budaya.

Benteng Marlborough Bengkulu

Lokasi, Harga Tiket, dan Akses Menuju Benteng Marlborough


Jika tertarik berkunjung ke wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Benteng, Kebun Keling, tepatnya di Teluk Segara, Kota Bengkulu. Akses menuju lokasi ini cukup mudah karena wisatawan dapat menaiki berbagai macam kendaraan dan angkutan. Benteng megah ini dekat dengan pantai Zakat Bengkulu dan pantai Paderi.

Benteng Marlborough Bengkulu

Harga tiket yang ditawarkan untuk masuk ke benteng tua bersejarah ini hanya Rp 2500 saja. Sangat terjangkau, bukan? Jam operasional wisata ini dimulai pukul 08.00 WIB dan tertutup bagi wisatawan pukul 18.00 WIB. Tidak heran, benteng ini selalu menjadi tujuan wisata karena murah dan dapat menambah ilmu pengetahuan.

Link Gmaps

Benteng Marlborough Bengkulu

Keunikan Benteng Marlborough


Benteng megah ini menyimpan banyak keunikan dari segi bangunan dan kisah bersejarah. Bahkan, benteng populer ini juga lekat dengan kisah mistis yang menyeramkan. Berikut keunikan Benteng Marlborough Bengkulu yang wajib diketahui:

Benteng Marlborough Bengkulu

1. Memiliki Jembatan yang Unik


Benteng ini memiliki jembatan unik berbentuk seperti ekor yang dapat dipasang dan juga dilepas. Selain itu, bangunan ini juga terlihat alami karena masih tampak seperti parit. Bahkan, benteng yang berukuran 240x170 meter ini juga sangat luas dan terdapat banyak ruangan lain yang menyimpan kisah kelam.

Review sebelumnya:

Benteng Marlborough Bengkulu

2. Terowongan yang Sangat Panjang


Benteng Marlborough memiliki terowongan yang sangat panjang. Menariknya, ujung dari terowongan tersebut memiliki beberapa cabang yang berlokasi di pantai Paderi hinga istana Gubernur. Selain itu, benteng yang berdiri megah diatas bukit buatan ini memiliki arsitektur bangunan khas Eropa.

Benteng Marlborough Bengkulu

Bangunan ini juga memiliki terowongan kecil yang berfungsi sebagai tempat keluar saat dikepung musuh. Bahkan, bangunan ini sebenarnya memiliki terowongan bawah tanah, namun karena tidak dirawat dengan baik, akhirnya tertutup tanah.

3. Tempat Penahanan Bung Karno


Selain menjadi bangunan peninggalan bersejarah penting bagi Inggris, Benteng Marlborough juga pernah digunakan sebagai tempat penahanan Ir Soekarno yang merupakan presiden Indonesia pertama. Tidak heran, terdapat patung Bung Karno yang berdiri gagah di benteng ini dan berhasil menarik perhatian pengunjung yang datang.

4. Pemandangan Menakjubkan


Menariknya, pengunjung akan menemukan pemandangan indah dan menakjubkan saat berada di punggung benteng Marlborough. Wisatawan dapat menikmati panorama indahnya laut biru Samudera Hindia. Hamparan hijau rumput dari pohon kelapa juga menambah kesan indah tempat wisata ini.

5. Terkenal Angker


Bangunan tua yang berusia ratusan tahun ini menyimpan kisah mistis yang menyeramkan. Bahkan, penduduk sekitar masih kerap mendengarkan suara teriakan minta tolong para tahanan dan derap langkah kaki para tentara Inggris. Konon, pengunjung yang berbuat tidak sopan di benteng ini akan membuat penunggu bangunan ini murka, sehingga pengunjung mengalami kesurupan.

Itulah informasi lengkap tentang wisata edukasi bersejarah Benteng Marlborough yang menyimpan banyak peristiwa sejarah penting. Banyak keunikan yang dihadirkan di bangunan tua nan megah ini. Semoga membantu!