Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukit Khayangan Jambi Wisata Alam yang Tak Terlupakan

Bukit Khayangan Jambi

Pada tahun 2017 Bukit Khayangan Jambi terpilih sebagai Dataran Tinggi Terpopuler di Indonesia. Penghargaan ini diberikan oleh Anugerah Pesona Indonesia atau API yang dilaksanakan setiap tahun. Keunikan tempat ini adalah pemandangan indah karena berada di dataran tinggi. pembahasannya berikut ini:

Bukit Khayangan Jambi

1. Lokasi


Lokasi Bukit Khayangan Jambi berada di kawasan Kota Sungai Penuh, berbatasan dengan Taman Nasional Kerinci Seblat - Jambi. Terletak 2000 meter dpl, lokasi ini kira-kira separuh dari ketinggian Gunung Kerinci yang tertinggi di Sumatera.

Link GMaps

Bukit Khayangan Jambi

2. Rute


Bukit Khayangan jaraknya 30-kilometer dan dapat ditempuh selama 30 menit dari Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh. Kondisi jalannya sudah bagus namun berkelok dan menanjak juga hanya pas untuk 2 mobil arah berlawanan. Untuk itu sangat disarankan agar tidak berkendara dengan kecepatan tinggi. Pemandangan indah sepanjang perjalanan layak dinikmati.

Bukit Khayangan Jambi

3. Jam Buka dan Harga Tiket Masuk


Bukit Khayangan buka selama 24 jam, 7 hari seminggu. Jadi pengunjung bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahan alamnya. Tiket masuk yang dikenakan tiap orang adalah Rp. 5.000. Sedangkan tiap motor Rp. 10.000 dan mobil dikenakan tiket Rp. 50.000.

Bukit Khayangan Jambi

4. Daya Tarik


Daya tarik utama Bukit Khayangan Jambi tentu saja pemandangan alam dari ketinggian. Sangat indah untuk dijadikan obyek foto untuk dibagi di media sosial. Karena berada di ketinggian maka hawanya juga sejuk cenderung dingin khususnya di musim hujan. Sangat cocok dijadikan tujuan wisata keluarga.

Bukit Khayangan Jambi

Fenomena menyaksikan matahari terbit di tempat ini benar-benar luar biasa. Banyak wisatawan asing yang sengaja datang hanya untuk menyaksikannya. Walaupun hawanya dingin, sinar matahari kemudian menghangatkannya.

Bukit Khayangan Jambi

Jika cuaca mendung, pemandangannya menjadi sangat berbeda karena gerombolan awan berkumpul perlahan membuat lokasi ini seperti negeri di atas awan. Sangat menakjubkan.

Bukit Khayangan Jambi

5. Fasilitas yang disediakan


Untuk menambah kenyaman pengunjung, pengelola menyediakan fasilitas pendukung yang memadai seperti:

  • Gazebo untuk bersantai bersama keluarga sambil menikmati pemandangan.
  • Wahana permainan untuk anak-anak.
  • Kantin untuk pemesanan makanan yang menyajikan masakan khas Kerinci seperti Gulai Ikan Semah, Kopi khas Kerinci dan Teh Kayu Aro.
  • Gardu atau Menara Pandang yang tinggi dan beraneka warna sehingga bagus untuk membuat foto.
  • Area parkir kendaraan yang aman dan memadai.
  • Taman yang indah untuk membuat foto.
  • Fasilitas umum seperti toilet yang cukup banyak.
  • Toko oleh-oleh untuk kenangan.

Bukit Khayangan Jambi

6. Hotel dan Homestay


Jika ingin menginap, tersedia banyak pilihan hotel dan homestay. Kisaran hotel atau penginapan dengan harga mulai Rp.200.000 hingga homestay per rumah sekitar Rp. 800.000. Jika datang bersama keluarga atau rombongan yang agak besar, homestay bisa menjadi pilihan yang tepat.

Review sebelumnya:

Bukit Khayangan Jambi

Bukit Khayangan Jambi

7. Tips saat berwisata ke Bukit Khayangan


Mengingat lokasinya yang unik, perhatikanlah hal berikut agar tetap nyaman saat berwisata ke sini:

  • Gunakanlah kendaraan pribadi agar lebih nyaman dan jarangnya kendaraan umum yang melayani rute ini.
  • Waspadalah dalam berkendara, karena jalannya menanjak dan berkelok serta pas untuk 2 mobil berpapasan.
  • Bawa atau gunakanlah pakaian yang bisa mengatasi hawa dingin karena saat mendung atau pada pagi dan sore/malam hari udaranya dingin menusuk.
  • Jagalah kebersihan agar alam indah ini tidak tercemar.

Bukit Khayangan Jambi

Berwisata ke Bukit Khayangan Jambi memang sesuatu yang berbeda. Alam yang unik dan indah membuatnya menjadi lokasi yang Instagramable, karena dimanapun posisi fotonya, hasilnya selalu tampil menarik dengan pemandangan yang indah. Lingkungan yang masih asri, hawa yang sejuk, alam yang indah membuat lokasi ini sangat sulit dilupakan.