Pesona Sunrise dan Blue Fire di Kawah Ijen Banyuwangi Yang Keren Abis

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kota Banyuwangi memiliki pesona keindahan pantai yang dikenal sangat cantik dan menawan. Terdapat begitu banyak pantai indah disini yang bisa dieksplorasi oleh wisatawan selama liburan. Tidak kalah populer dari pantai, wisata Kawah Ijen bahkan sudah familiar bagi wisatawan mancanegara. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya turis asing yang datang. 

Salah satu daya tarik yang dimiliki adalah Kawah Ijen blue fire. Fenomena api biru seperti ini hanya ada dua di dunia dan satunya berada di Kawah Ijen. Sehingga wajar apabila ia menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. 

Ada apa saja di Kawah Ijen Banyuwangi? Simak uraian singkat berikut. 

Review Kawah Ijen

Alamat : Dusun Jambu, Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Google Maps) 
Jam Buka : Setiap hari 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000  

Rute Perjalanan Menuju Lokasi Kawah Ijen

Untuk Anda yang berlibur ke Banyuwangi mengendarai mobil atau sepeda motor, maka bisa mengikuti rute dibawah:

Banyuwangi - Licin - Jambu - Paltuding - Kawah Ijen  

Sementara itu, apabila ke Banyuwangi naik kereta api silahkan turun di Stasiun Karangasem. Dari sini Anda bisa naik angkot, menyewa sepeda motor dan menyewa jeep/trooper.  

Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi 

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Ijen. Luasnya mencapai 960 meter x 600 meter dan kedalaman sekitar 200 meter. Kawah Ijen berada di puncak Gunung Ijen yang meliputi dua wilayah. Yaitu Kecamatan Klobang, Bondowoso dan Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. 

Ia berdampingan dengan Gunung Merapi dan Gunung Raung. Akibat letusannya, Gunung Ijen memiliki kaldera terluas di Pulau Jawa. Lokasi Kawah Ijen sekitar 300 meter dibawah dinding kaldera.

Gunung Ijen adalah salah satu gunung berapi aktif dengan ketinggian mencapai 2.368 mdpl. Letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1989 silam. Di bulan Maret 2016 lalu, UNESCO menetapkan Gunung Ijen sebagai cagar biosfir.  

Perjalanan ke Kawah Ijen Anda bakal dimulai dari Paltuding. Paltuding adalah pos Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam (PHPA) Perhutani yang berada di kaki gunung Merapi-Ijen. Secara umum, perjalanan ini dimulai pukul 01.00 WIB - 12.00 WIB.

Paltuding mempunyai area luas dan segudang fasilitas komplit. Disini tersedia mushola, toilet, kamar mandi dan bahkan menjadi tempat parkir kawah ijen. Bagi pengunjung yang hendak mendaki dini hari dan tiba lebih awal, maka bisa menyewa homestay dan camping ground untuk istirahat dahulu.

Secara umum, biaya sewa per kamar berada di range harga Rp. 100 ribu - Rp. 500 ribu-an. Tinggal menyesuaikan sendiri menurut budget masing-masing. 

Jarak antara Paltuding dan Kawah Ijen sejauh 3 kilometer. Medan pendakian menuju lokasi berupa tanah berpasir dan bebatuan halus. Lama pendakian setiap orang berbeda-beda, biasanya sekitar 2-3 jam.

Review sebelumnya :

Fenomena Kawah Ijen blue fire tidak bisa dinikmati kapan saja, melainkan hanya di beberapa waktu tertentu. Yaitu pada pukul 02.00 - 03.00 WIB. 

Dari bibir Kawah Ijen, jarak ke bagian bawah sekitar 1 jam dan membutuhkan perjalanan sekitar setengah jam. 

Setelah puas melihat blue fire, jangan buru-buru turun terlebih dahulu. Karena masih ada sunrise Kawah Ijen yang luar biasa indahnya. Dari Gunung Ijen Anda bisa menyaksikan beberapa gunung lain disekeliling seperti puncak Gunung Suket, Gunung Raung dan Gunung Rante. 

Berkat pesona alam yang mempesona, area ini menawarkan banyak spot foto keren abis. Liburan nanti Anda bisa mencoba sendiri mengeksplorasi Kawah Ijen untuk menyaksikan blue fire ataupun sunrise.

Post a Comment

Previous Post Next Post