Danau Toba Sumatera Utara, Icon Wisata Indonesia Yang Menakjubkan

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Danau Toba Sumatra Utara

Tidak ingin kalah dari Lombok, Jogja dan Bali, Pulau Sumatera juga memiliki ragam destinasi wisata menarik untuk dieksplorasi para pelancong. Bukan air tejun, pantai ataupun gunung, kali ini Anda bakal disuguhi oleh pesona pemandangan alam dari danau terluas nomor dua dia dunia. Apalagi kalau bukan wisata Danau Toba di Sumatera Utara.

Keindahan alam yang tersaji berupa kombinasi sempurna antara hamparan perbukitan hijau dan birunya air danau. Ada juga Pulau Samosir di tengah-tengah Danau Toba yang menjadi tempat tinggal bagi masyarakat suku Batak Samosir, sekaligus menyimpan dua danau lainnya.

Bagaimana, pensaran seperti apa keseruan liburan di Danau Toba? Temukan jawabannya pada uraian berikut.

Review Danau Toba


Alamat : Danau Toba, Sumatera Utara (Maps)
Jam Buka : Setiap hari selama 24 jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Rute Perjalanan Menuju Danau Toba


Dari Terminal Pinang Baris di Kota Medan, silahkan Anda mengendarai bus jurusan Parapat. Perjalanan ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 6 jam. Setibanya di kota Parapat, keindahan Danau Toba sudah langsung terlihat.

Keseruan Wisata Danau Toba Sumatera Utara


Setibanya di lokasi, Anda bisa langsung menyaksikan danau yang luasnya mencapai 1.145 km persegi. Danau Toba memiliki lebar 30 kilometer dan panjang 100 kilometer yang menjadikannya sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan nomor dua di dunia setelah danau Victoria di Afrika. Sedangkan kedalamannya mencapai 450 meter.

Sejauh mata memandang, birunya air Danau Toba terlihat begitu memanjakan mata. Belum lagi perbukitan hijau yang mengelilinginya terlihat sangatlah asri. Lukisan alam ini berhasil membuat setiap orang terkagum-kagum dan pas banget untuk mengusir beban pikiran. Terlebih lagi udara sekitar khas danau terasa sejuk dan menyegarkan.

Ketika pertama kali tiba disini, duduk ditepian danau adalah pilihan paling tepat. Istirahatkan tubuh sejenak, karena perjalanan liburan Anda masih sangat panjang.

Selanjutnya, Anda bisa menyewa kapal feri untuk berlayar menuju Pulau Samosir. Perjalanan ini kira-kira menghabiskan waktu selama 30-50 menit. Sepanjang perjalanan, mata Anda tidak henti-hentinya disuguhi pemandangan menakjubkan.

Pulau Samosir berada di tengah-tengah Danau Toba dan memiliki luas yang hampir setara dengan Negara Singapura. Penduduk yang menempati wilayah adalah masyarakat asli Suku Batak Samsoir.

Di Pulau Samosir, wisatawan bisa menyaksikan dua danau cantik nan mempesona bernama danau Aek Natonang dan danau Sidihoni. Luasnya memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan Danau Toba, namun soal keindahan sudah cukup untuk memanjakan mata wisatawan.

Review sebelumnya :

Wisatawan hanya diperbolehkan melihat keindahan Danau Sidihoni seluas 5 hektar tersebut, namun tidak untuk berendam dan berenang. Karena dasarnya tergolong cukup dalam, sehingga berbahaya jika Anda bermain-main disana.

Pemandangan menjadi tambah asri dan suasananya terasa sejuk, karena di tepian Danau Sidihoni terdapat pepohonan pinus yang berjajar rapi. Perbukitan hijau yang asri dan landai membuat area sekitar tambah pas untuk bersantai. Kehadirannya membuat Pulau Samosir semakin menarik untuk dieksplorasi lebih lanjut.

Pesona keindahan wisata Danau Toba di Sumatera Utara tidak berhenti sampai disitu saja, masih ada 12 air terjun eksotis yang siap menyegarkan pikiran wisatawan. Air terjun tersebut terdiri dari:

  • Air terjun Efrata
  • Air terjun Sigarantung
  • Air terjun Situmurun
  • Air terjun Binanga Bolon
  • Air terjun Siboruon
  • Air terjun Janji
  • Air terjun Sampuran
  • Air terjun Hadabuan Naisogop
  • Air terjun Sigura Gura
  • Air terjun Tonduhan
  • Air terjun Sipiso Piso
  • Air terjun Simanimbo 

Demikianlah review singkat Danau Toba di Sumatera Utara, semoga bisa menggambarkan sedikit tentang keseruan liburan disana.

Post a Comment

Previous Post Next Post