Fakta Menarik Objek Wisata Wae Rebo di NTT, Sebuah Desa di Atas Awan

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Wae Rebo di NTT

Berwisata tentunya adalah salah satu kegiatan yang amat menyenangkan. Untuk para pecinta traveler, objek wisata Wae Rebo di NTT tentunya bukanlah hal asing di telinga. Salah satu destinasi wisata yang cukup unik dengan karakteristik yang dimiliki. Inilah poin yang menjadi daya tarik dari objek wisata tersebut. Banyak fakta menarik lainnya yang perlu diketahui. Ini penjelasannya!

Fakta Menarik dari Wae Rebo di NTT


Keberadaan Wae Rebo di NTT sangatlah dilestarikan. Hal ini dibuktikan dengan penetapan Wae Rebo sebagai warisan dunia. Keputusan ini ditetapkan langsung pihak UNESCO, tepatnya pada tahun 2012 yang lalu. Terdapat fakta menarik lainnya yang mampu menarik minat para traveler untuk berkunjung, diantaranya:

1. Salah Satu  Desa Tertinggi di Indonesia


Perlu diketahui, Wae Rebo termasuk ke dalam deretan desa tertinggi yang ada di Indonesia. Pasalnya, desa ini berada pada ketinggian 1.200 mdpl. Tidak heran, setiap paginya senantiasa dipenuhi kabut tipis yang khas.

Berdasar pada pengalaman beberapa traveler, untuk mencapai Wae Rebo dibutuhkan fisik yang ekstra. Pasalnya, untuk mencapainya membutuhkan waktu 4 hingga 5 jam. Pastikan para traveler menggunakan jasa guide sehingga tidak salah jalan.

2. Mbaru Niang, Rumah Adat  Wae Rebo


Setiap traveler bisa melihat keunikan dari rumah adat yang berada di Wae Rebo. Rumah adat tersebut dikenal dengan nama Mbaru Niang. Salah satu rumah adat yang sangat dijaga bahkan sudah bertahan hingga 19 generasi.

Rumah adat yang satu ini memiliki arsitektur unik. Traveler akan menemukan rumah sebanyak tujuh buah yang dibuat dari bahan alami seperti kayu dan anyaman ilalang sebagai atapnya. Mbaru Niang ini memiliki lima lantai dengan jumlah penghuni 6-8 keluarga. Para traveler yang berkunjung akan diberikan jamuan berupa kopi Flores.

3. Upacara Adat Penti


Fakta menarik lainnya dari Wae Rebo yakni terdapat upacara yang khas. Setiap traveler yang berkunjung pada bulan November berkesempatan melihat upacara Adat Penti. Sebuah upacara khas di Wae Rebo dalam rangka mensyukuri panen yang telah dihasilkan. Dalam perayaan Adat Penti ini, setiap penduduk akan mengenakan pakaian adat secara lengkap.

Perlu diketahui, mayoritas penduduk di Wae Rebo memiliki profesi petani. Adapun perempuannya berprofesi sebagai tukang tenun. Jadi, tidak heran ketika petani menghasilkan panen yang banyak, akan dilaksanakan upacara bentuk syukur. Dalam upacara tersebut, traveler bisa menyaksikan atraksi yang unik dan menyenangkan.

4. Village di Atas Awan


Wae Rebo di NTT bak village di atas awan. Seperti yang disinggung sebelumnya, desa ini berada di dataran yang sangat tinggi. Setiap traveler harus melakukan pendakian terlebih dahulu untuk mencapai desa yang unik ini.

Perjalanan yang menghabiskan 4 jam lebih bisa ditapaki dengan penuh semangat. Meskipun medan yang ditapaki tidaklah mudah, hal ini setara dengan panorama yang akan didapatkan.Pasalnya, sesampainya di lokasi, traveler bisa menyaksikan keindahan village atas awan yang sangat langkat. Sebuah desa berbalut kabut yang sangat menyejukkan. 

Review sebelumnya:

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Wae Rebo


Tertarik untuk menginap di Wae Rebo? Objek wisata berharga tersebut tentunya tidak bisa dinikmati secara gratis. Hal berharga harus dibayar dengan harga yang setara. Adapun tiket masuk Wae Rebo sekitar 200.000 rupiah. Harga tersebut berlaku untuk traveler yang berkunjung tanpa menginap.

Untuk traveler yang tertarik untuk menikmati suasana malam akan dikenakan biaya sekitar 325.000. Biaya tersebut merupakan harga yang harus dibayar para traveler yang ingin bermalam di sebuah village atas awan.

Adapun lokasi Wae Rebo lebih lengkapnya berada di Kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satarmese Barat, Manggarai, NTT.  Untuk lebih mudahnya, klik tautan lokasi disini.

Post a Comment

Previous Post Next Post