Objek Wisata Danau Sentani Papua, Antara Keindahan Alam dan Festival Budaya

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Danau Sentani Papua

Tempat wisata di Papua memang identik dengan Raja Ampat yang namanya sudah mendunia. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir kehabisan destinasi menarik ketika liburan kesana. Salah satu yang wajib untuk disambangi adalah objek wisata danau sentani. Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam indah dan bahkan pesta rakyat yang meriah. 

Selain itu, lokasi danau Sentani juga relatif dekat dari bandara. Sehingga memudahkan wisatawan untuk berkunjung dan tidak perlu muter-muter kebingungan mencarinya. Meskipun ini adalah liburan pertama Anda di Papua, bukan perkara sulit pergi kesana. 

Tanpa perlu banyak basa-basi, berikut informasi lengkap tentang wisata danau Sentani. 

Review Danau Sentani 

Alamat : Di bawah lereng Pegunungan Cycloop, Sentani, Kabupaten Jayapura (Google Maps)
Jam Buka : Setiap hari 24 jam 
Harga Tiket Masuk : Gratis 
Note : Apabila Anda ingin mengunjungi desa-desa di sekitar Danau Sentani, maka bisa menyewa perahu seharga Rp. 10.000 per orang untuk satu kali jalan.  

Festival Danau Sentani 

Festival Danau Sentani adalah pesta rakyat yang rutin digelar setiap bulan Juni. Pada festival ini pengunjung bisa melihat penampilan beberapa tarian khas yang digelar di atas perahu. Salah satunya adalah tarian perang khas Papua. 

Selanjutnya, ada upacara adat yang tidak kalah menarik untuk disaksikan seperti penobatan Ondoafi. Seluruh paguyuban di daerah kabupaten dan kota Jayapura turut berpartisipasi di festival Danau Sentani .

Penyelenggaraan festival tersebut bukan hanya bertujuan untuk menampilkan kebudayaan saja, melainkan juga bukti pemeliharaan persatuan yang ada di tanah Papua. 

Festival Danau Sentani memadukan antara suguhan budaya asli dan keindahan alam wilayah Tabi. Tabi sendiri dihuni oleh 16 subsuku. Tidak lupa, tersedia pula sajian beraneka macam kuliner khas Papua yang lezat. 

Oleh karena itu, silahkan datang ke Sentani Jayapura pada bulan Juni supaya bisa menyaksikan pesta rakyat ini. 

Hal-Hal Menarik yang Ditawarkan Danau Sentani

Setelah tiba di lokasi Danau Sentani, Anda bakal disambut oleh sebuah danau raksasa yang luasnya mencapai 9.360 hektar. Terdapat 22 pulau yang berderet rapi di sekitar danau dan menambah keindahannya ketika dilihat dari atas udara. 

Pemandangan Danau Sentani Papua semakin sempurna dengan background pegunungan Cycplos di sebelah utara. Lembah-lembah hijau membuat keasriannya semakin kental dan meneduhkan setiap mata yang memandang. 

Oh iya, nama Danau Sentani sendiri diberikan oleh seorang pendeta kristen bernama BL Bin. Makna Sentani adalah “Disini kami tinggal dengan damai”. 

Jangan puas hanya dengan mengagumi keindahan dari pinggir danau, silahkan Anda menyewa kapal motor untuk mengelilingi 22 pulau di sini. Pengalaman ini pasti membuat liburan semakin seru dan menyenangkan.

Review sebelumnya :

Kedalaman Danau Sentani kira-kira mencapai 70 meter di bawah permukaan laut. Ia menyimpan 30 spesies ikan air tawar dan empat diantaranya adalah spesies endemik. Ke-empat spesies ini terdiri dari Ikan Pelangi Sentani, Ikan Gabus Danau Sentani, Hiu Gergaji dan Ikan Pelangi Merah. Anda tidak bisa menemukan ikan-ikan tersebut di perairan lain. 

Selain ikan yang beragam, Danau Sentani di Papua juga memiliki banyak sekali tumbuhan. Beberapa diantaranya seperti pohon pinang, pohon matoa dan pohon kayu putih. 

Berada dekat dengan Danau Sentani, ada Bukit Teletubis yang menarik untuk dijelajahi. Bukit hijau nan indah ini terletak di Pegunungan Cyclop, tepatnya di Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora. Disebut demikian karena perbukitan hijau ini bergelombang.

Untuk bisa mencapai puncak Bukit Telebutis, wisatawan perlu mendaki. Tenaga yang sudah dikeluarkan bakal segera dibayar lunas oleh pemandangan alam sekitar. 

Nah, sekarang Anda sudah lebih paham tentang Danau Sentani bukan? 

Post a Comment

Previous Post Next Post