Ekowisata Taman Sungai Mudal, Secuil Surga di Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Kulon Progo adalah sebuah kabupaten di sebelah barat kota Yogyakarta yang terkenal dengan pegunungan Menoreh. Tidak heran apabila di Kulon Progo ada begitu banyak objek wisata alam indah dan eksotis. Diantara barisan bukit Menoreh, ada Ekowisata Taman Sungai Mudal yang sempat ramai diperbincangkan oleh wisatawan beberapa waktu lalu.

Bermula dari inisiatif warga sekitar, Ekowisata Taman Sungai Mudal sekarang berhasil menjadi salah satu spot favorit muda-mudi untuk berburu foto kekinian. Yuk simak informasi selengkapnya dibawah.

Review Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo


Alamat : Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674.


Jam Buka : Hari Senin sampai Minggu di jam 08.00 - 16.00.

Harga Tiket Masuk : Rp. 6.000 per orang.

Jalan Menuju Taman Sungai Mudal :


Dimulai dari Perempatan Tugu Jogja, silahkan Anda menuju ke arah barat, lanjut ke Perempatan Demak Ijo di Ring road barat dan masuk ke Jalan Godean ambil lurus ke depan sampai Anda melewati Jembatan Sungai Progo.

Setelah itu, ambil arah jalan menuju ke Goa Kiskendo. Setibanya di Pertigaan Goa Kiskendo ambil jalan lurus. Di pertigaan hutan pinus silahkan belok kiri menuju arah Kokap. Untuk tiba di lokasi Ekowisata Taman Sungai Mudal, tinggal mengikuti papan penunjuk jalan disekitar.

Sejarah Taman Sungai Mudal


Tempat wisata di Kulon Progo ini berawal dari program bersih-bersih saluran air warga setempat. Tepatnya di tahun 2011 lalu, niat awalnya adalah membersihkan saluran mata air dari sebuah goa. Karena airnya sangat jernih, sehingga sering dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

Menyadari adanya potensi yang besar dan didukung oleh keasrian alam Dusun Banyunganti, maka dimulailah penataan lokasi saluran air tersebut sebagai objek wisata. Termasuk pembuatan kolam yang airnya diambil langsung dari sumber alami tadi.

Sehingga terbentuklah kombinasi sempurna antara kolam air alami dan taman asri. Sementara itu, istilah Mudal merujuk pada kondisi air disana yang senantiasa melimpah, jernih dan tidak pernah surut sehingga bisa bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. 

Daya Tarik Taman Sungai Mudal


Icon utama dari objek wisata di Kulon Progo ini adalah kolam pemandian yang bersumber langsung dari mata air di sebuah goa. Air kolamnya didominasi warna hijau tosca dan terlihat sangat jernih. Rugi banget apabila Anda sampai melewatkan kesempatan untuk merasakan kesegaran airnya. Terlebih lagi dikala cuaca panas.

Kolam pemandian di Ekowisata Taman Sungai Mudal sudah ditata sedemikian rupa dan pastinya membuat pengunjung merasa nyaman. Terdapat dua macam kolam, yaitu kolam pemandian anak-anak dan dewasa. Sudah disediakan pula fasilitas penunjang berupa ban pelampung.

Review sebelumnya:

Setelah puas bermain air di kolam pemandian, pengunjung bisa melanjutkan liburannya dengan bersantai di taman yang sudah ditata apik oleh pihak pengelola. Saking bagus dan indahnya taman disini, banyak orang menyebutnya sebagai secuil taman surga di Kulon Progo.

Gambaran tersebut memang benar-benar layak diberikan, karena memang keindahannya yang begitu memanjakan mata. Ini membuat berfoto di Ekowisata Taman Sungai Mudal semakin sayang dilewatkan dan hukumnya wajib bagi para wisatawan.

Berfoto dengan background kolam pemandian dan tamannya mampu menghiasi feed Instagram muda-mudi supaya tambah menarik. Fasilitas penunjang juga lengkap seperti toilet, area parkir, mushola dan tempat makan.

Tidak cukup sampai disini saja, demi memanjakan liburan wisatawan masih ada daya tarik lain berupa Camping Area, Flying Fox, dekat Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut.

Demikianlah pembahasan ringkas Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post