Ingin Liburan Ke Pulau Seram Maluku? 4 Destinasi Berikut Wajib Disambangi

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram Maluku

Pulau Seram adalah bagian dari Provinsi Maluku yang namanya cukup populer dikalangan wisatawan. Sebagai pulau utama dan terbesar, disini Anda bisa menemukan banyak sekali destinasi wisata alam eksotis dan masih sangat asri. Hampir setiap sudutnya memiliki keindahan yang siap memanjakan mata Anda, bahkan tidak kalah dari Lombok dan Bali. Yuk cari tahu ada apa saja keseruan liburan di Pulau Seram Maluku berikut.

Selain itu, Pulau Seram juga terkenal sebagai penghasil rempah berkualitas. Rempah-rempah disana bervariasi dan melimpah, seperti sagu, lada, cengkih dan pala. Memutuskan pergi berlibur ke sini bukanlah ide buruk.

Sebelum terbang ke Pulau Seram Maluku, bekali diri dengan informasi singkat dibawah. Sehingga Anda memiliki gambaran ingin menuju kemana dan apa yang bisa dilakukan disana.

Alamat dan Rute Menuju Pulau Seram


Pulau Seram berada di sebelah utaranya Pulau Ambon, Maluku. Pelabuhan di Pulau Seram ada lumayan banyak, seperti Pelabuhan Kairatu, Pelabuhan Masohi, Pelabuhan Amahai dan beberapa lainnya.

Untuk bisa menuju pulau indah di Maluku Utara ini, pertama-tama Anda melakukan penerbangan dari Jakarta ke Makassar. Setelah itu, kembali melakukan penerbangan menuju Bandara Pattimura di Ambon. Jarak Ambon ke Pulau Seram sendiri berkisar sejauh 162 kilometer.

Setelah tiba di Ambon, pengunjung bisa mengendarai mobil untuk ke Pelabuhan Tuleho. Perjalanan ini kira-kira membutuhkan waktu selama 1 jam. Terakhir, tinggal menaiki kapal cepat sehingga sampai di Pelabuhan Masohi, Pulau Seram.

Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Seram


Pulau Seram memiliki luas wilayah mencapai 18.625 km2 dengan bentang alam berupa hutan tropis dan pegunungan. Sama seperti daerah lain di Indonesia, Pulau Seram juga menyimpan beragam objek wisata menarik untuk dieksplorasi selama liburan. Yaitu seperti berikut ini.

1. Taman Nasional Manusela


Taman Nasional Manusela adalah ikon pariwisata Pulau Seram yang memberikan paket komplit kepada para pengunjung. Disini Anda bisa menikmati perpaduan antara hutan tropis, perbukitan, pegunungan dan pemandangan laut.

Apabila Anda menyukai kegiatan mendaki, maka sudah tersedia enam buah gunung untuk ditaklukkan. Flora dan fauna yang tersimpan disana sangatlah beragam, sehingga membuatnya semakin menarik untuk dijelajahi.

Dimulai dari ekosistem tumbuhan yang memanjakan mata seperti cemara laut, kayu putih, bakau sampai ketapang. Adapun hewan-hewan unik yang bisa disapa seperti mapea, burung kasurai dan kuskus. Setelah puas mendaki, di pegunungan ini bahkan tersedia spot untuk panjat tebing.

Tidak berhenti sampai disitu saja, pengunjung masih bisa melakukan diving dan snorkeling untuk menyaksikan langsung keindahan alam bawah lautnya.

Harga Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat : Manusela, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku 
Google Maps : https://goo.gl/maps/FS8L5GG4WE9nXuX5A

2. Pantai Kuako


Selanjutnya, Anda bisa menemukan keunikan di Tanjung Kuako. Apabila mayoritas pantai mengandalkan pasir putih lembut atau bahkan pink, maka Pantai Kuako menawarkan suasana baru berupa hamparan kerikil dan bebatuan.

Jangan cemas, karena bebatuan di Pantai Kuako sama sekali tidak tajam. Wisatawan bisa berkeliling di pinggiran pantai dengan nyaman, tanpa khawatir terlukai.

Air laut di Pantai Kuako berwarna biru kehijauan yang menambah keindahan suasana disini. Untuk menyempurnakan liburan Anda, cobalah melihat keindahan terumbu karang khas Pantai Kuako. Snorkeling selalu menjadi langganan pengunjung yang datang, karena pemandangan bawah lautnya benar-benar cantik.

Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000
Alamat : Jl. Pantai Kuako, Soahuku, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku 
Google Maps : https://goo.gl/maps/8N2hEFzwkwYMVCJz5

3. Pantai Ora


Jika bicara soal keindahan alam bawah laut, maka Pantai Ora wajib masuk ke dalam list kunjungan Anda selanjutnya. Ini adalah salah satu spot snorkeling dan diving terbaik yang dimiliki oleh Pulau Seram Maluku.

Anda bisa menyaksikan langsung pesona keindahan pantai eksotis yang mirip seperti di Maldives sana. Pantai Ora memiliki ciri khas berupa air laut jernih kebiruan dan pasir putih lembut. Lanskap alam sekitar yang eksotis menyempurnakan pemandangan disini. 

Surga bawah laut Pantai Ora menarik untuk dieksplorasi karena kekayaan terumbu karang dan biota laut miliknya yang masih alami.

Harga Tiket Masuk : Gratis
Alamat : Jl. Kabupaten, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku 
Google Maps : https://goo.gl/maps/Aw2jRr4fKjVqimdNA

Review sebelumnya:

4. Air Terjun Lumoli


Puas menengok keindahan pantai-pantainya, rekomendasi tempat wisata di Pulau Seram Maluku kali ini adalah Air Terjun Lumoli. Pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran Anda dan melepaskan semua beban pikiran.

Air Terjun Lumoli memiliki karakteristik berupa airnya mengalir melewati bebatuan bertingkat dan berundak-undak. Ia terdiri dari 3 tingkatan yang menciptakan beberapa air terjun kecil.

Selain pesona keindahan air terjun, lokasinya yang berada di tengah hutan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung. Suasananya sangat tenang, udaranya sejuk dan hanya ada pepohonan rindang disekeliling.

Penting diingat, Anda wajib bersilaturahmi dengan warga lokal dan mendapat izin terlebih dahulu dari pemangku adat setempat. Baru kemudian diperbolehkan menuju ke Air Terjun Lumoli. Hal ini dilakukan demi keamanan wisatawan.

Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000
Alamat : Desa Lumoli, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku
Google Maps : https://goo.gl/maps/Tq7sAthDVipknMHGA

Demikianlah empat rekomendasi tempat wisata di Pulau Seram Maluku, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post