Ragam Destinasi Wisata di Kepulauan Banda Maluku Yang Menawan

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku

Kepulauan Banda Maluku boleh jadi belum sepopuler Labuan Bajo, Raja Ampat, Taman Laut Bunaken dan destinasi wisata Indonesia Timur lainnya. Sehingga wajar apabila wisatawan dari luar daerah yang datang berkunjung tidak membludak. Meskipun begitu, potensi keindahan alam yang dimiliki sebenarnya sangat menawan dan berani bersaing dengan daerah lain.

Salah satu faktor yang membuat Kepulauan Banda Maluku belum seramai daerah lain adalah lokasinya sangat jauh. Membutuhkan penerbangan pesawat sekitar 10 jam dan biaya tiket lebih dari Rp. 5 juta untuk sekali jalan.

Apabila Anda merasa penasaran akan keindahan apa saja yang ditawarkan, maka bisa bersama-sama menyimak uraian berikut.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kepulauan Banda Maluku


1. Pulau Banda Besar


Selain melihat birunya lautan dan gunung dari kejauhan, liburan ke Pulau Banda Besar menjadi lebih seru karena tersedia paket tur wisata. Yaitu tur mempelajari sejarah rempah-rempah di Indonesia. Nantinya Anda akan ditemani oleh pemandu untuk menjelaskan tentang kayu manis, almond, cengkeh dan lain sebagainya. Wisatawan juga diajak mempelajari sejarah kepulauan Banda Neira.

Tidak berhenti disitu saja, Anda bakalan dibawa berkeliling melihat perkebunan dan perkotaan kecil yang ada disana. Tur wisata ini biasa dibanderol seharga Rp. 150 ribu - Rp. 200 ribu.

2. Pulau Banda Api


Untuk wisatawan yang membayar paket tur wisata di Pulau Banda Besar, biasanya sekalian mendapat paket snorkeling di Pulau Banda Api. Ini masih belum termasuk menyewa peralatan snorkeling ya. Sehingga harus menyewa peralatan apabila ingin mengeksplorasi keindahan bawah lautnya.

Disini terdapat gunung berapi aktif yang meletus terakhir kali pada tahun 1988 silam. Anda bisa menuju puncak dengan mendaki selama kurang lebih 3 jam. Disarankan menyewa pemandu supaya perjalanan lebih aman.

Kontur jalan berupa bebatuan kerikil membuat medannya licin selama dan sesudah turun hujan. Dari puncak gunung, Anda bisa menyaksikan lukisan alam sangat indang. Bentang lautan biru, pulau lain yang menghijau dan area penduduk di bawahnya.

Review sebelumnya:

3. Pulau Run


Sedikit mengulik sejarah, Pulau Run dahulunya pernah ditukar dengan Pulau Manhatan, New York. Perjanjian ini dilakukan pada abad ke-16 antara Inggris dan Belanda.

Pulau Run hanya memiliki lebar tidak sampai 1 kilometer dan panjang 3 kilometer saja. Dibalik ukurannya yang mungil, ia menyimpan sumber daya alam melimpah. Komoditi utama di Pulau Run adalah cengkeh dan pala.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Banda Maluku, mereka bisa menemukan banyak spot diving indah dan eksotis di sini.

4. Benteng Belgica


Melihat langsung Benteng Belgica pasti menjadi pengalaman seru, karena bentuk persegi limanya sangatlah unik dan jarang ditemukan di tempat lain. Lokasinya berada di wilayah Ambon, lebih tepatnya di Banda Neira.

Benteng Belgica semakin menarik karena dari sini wisatawan bisa melihat pemandangan berupa lautan biru dan pegunungan. Spot fotonya pasti instagenic dan disukai oleh kawula muda.

Tidak berhenti sampai disitu, cerita sejarah dibalik berdirinya Benteng Belgica juga menarik untuk diketahui lebih lanjut.

5. Pulau Nailaka 


Menyisir ke utara Pulau Run, Anda bisa menemukan sebuah pulau mungil yang tidak berpenghuni.

Namanya adalah Pulau Nailaka dengan keindahan luar biasa. Keindahan itu diciptakan oleh perpaduan antara hamparan pasir putih lembut dan air laut biru jernih. Ombak yang tenang memungkinkan wisatawan bermain air dengan aman.

Pulau Nailaka memiliki wilayah yang ditumbuhi pepohonan hijau, sehingga menambah keasrian suasananya. Pulau ini benar-benar sempurna untuk menyendiri dan menikmati keindahan alam luar biasa.

6. Lava Flow


Mengeksplorasi tempat wisata di Kepulauan Banda di Maluku terasa belum lengkap apabila tidak berkunjung ke Lava Flow. Ini adalah spot snorkeling dan diving cantik dengan konsisi alam bawah laut masih terjaga baik. 

Nah, kapan kira-kira Anda ingin terbang ke Banda dan menelusuri setiap jengkal keindahannya?

Post a Comment

Previous Post Next Post