Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sedang Ramai Dibicarakan, Seperti Apa Keseruan di Goa Pindul?

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Jika Anda termasuk salah satu orang yang suka melakukan perjalanan tubing adventure, wajib banget datang ke Goa Pindul karena di sinilah Anda akan dapatkan pengalaman tubing adventure yang tak bisa terlupakan.

Objek wisata susur goa ini akan membawa Anda menyusuri goa bawah tanah dengan aliran sungai di sepanjang lorong sehingga harus menggunakan alat khusus untuk menyusurinya. Kalau Anda tertarik dengan pengalaman yang semacam ini, berikut review selengkapnya!

Review Wisata Goa Pindul


Alamat : Gelaran 2, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Map)
Jam buka : 06.30 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk : Rp 45.000,00

Goa Pindul merupakan wisata goa alami yang pamornya terus melejit. Kalau Anda berkunjung ke sini, hal utama yang akan Anda jalankan adalah melakukan tubing adventure. Ada tiga zona di dalam Goa Pindul yang cocok menjadi lokasi wisatawan melakukan cave tubing yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap.

Review sebelumnya

Waktu tempuh untuk melakukan cave tubing di Goa Pindul sekitar 45 menit. Anda akan dibawa menyusuri goa dengan ban dan menjelajahi pesona stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Jika di goa lain biasa Anda temukan stalagtit dan juga stalagmit yang terpisah, maka tidak demikian dengan goa Pindul.

Stalagtit dan stalagmit di Goa Pindul bukan terpisah, melainkan menyatu. Bebatuan yang berkelompok tersebut tampak seperti sebuah pilar berukuran besar. Bahkan saking besar ukurannya, kira – kira sampai selebar lima rentangan tangan dari orang dewasa.

Dengan ukuran tersebut, stalagtit dan stalagmit di Goa Pindul bahkan menjadi stalagtit dan stalagmit terbesar ke-4 di dunia. Bayangkan saja betapa besarnya ketika Anda sudah masuk ke dalam goa. Juga terdapat stalagtit dan stalagmit tepat di bagian tengah goa yang disebut sebagai tiang goa. Nah, celah dari stalagtit dan stalagmit ini hanya cukup dilewati oleh satu orang saja. Bayangkan, betapa sempitnya celah tersebut, jadi harus hati – hati juga melewati celah ini.

Goa Pindul menjadi sebuah tempat wisata yang terkesan semakin indah berkat adanya ornamen di sepanjang dinding goa. Ornamen tersebut kehadirannya bagaikan suatu mahakarya lukisan abstrak yang mahal dan bahkan harganya tak bisa dinilai.

Pengalaman menyusuri goa akan semakin menyenangkan terlebih tepat di bagian tengah – tengah goa akan Anda temukan ruangan yang agak besar. Nah, ruangan tersebut sangat menarik karena di sana terdapat lubang di bagian atasnya. Warga setempat menyebut bahwa ruangan tersebut menjadi sumber sumur terbalik.

Sumber sumur terbalik juga dikenal masyarakat setempat dengan nama cahaya surga. Nama tersebut menjadi populer bukan tanpa sebab karena memang kesannya seperti sumur yang dibalik. Sementara penyebutan cahaya surga disebut karena di lokasi ini keindahan sinar matahari masuk ke dalam goa melalui lubang sumur terbalik tersebut.

Cahaya surga ini jugalah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena memberikan kesan yang berbeda pada Goa Pindul. Jika Anda ingin menyaksikan keindahan cahaya surga dari sinar matahari yang masuk ke dalam goa, dianjurkan Anda berwisata ke goa ini pagi hari menjelang siang.

Biasanya cahaya surga sedang indah – indahnya di antara jam 10.00 sampai dengan 12.00 WIB di musim kemarau. Anda yang tertarik untuk berwisata adventure bisa datang langsung ke Goa Pindul. Dapatkan pengalaman wisata menarik dan tak ada duanya selama di Goa Pindul. Selamat berlibur seru di Goa Pindul!