Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daya Tarik Goa Gong di Pacitan, Pengunjung Waib Tau!

Goa Gong Pacitan

Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam salah satunya adalah Goa Gong. Goa ini adalah satu dari sekian banyak goa yang unik dan cantik di Indonesia. Keindahan Goa Gong di Pacitan ini mempunyai daya tarik yang cukup kuat dan tidak mengherankan jika banyak orang yang berkunjung di goa ini. Ditambah dengan suasana yang nyaman dan tentram.

Goa Gong Pacitan

Untuk tiket masuk juga terbilang masih terjangkau yaitu berkisar Rp5.000-Rp20.000 tergantung dengan usia. Jika ingin menggunakan senter, wisatawan juga bisa menyewa dengan tambahan uang Rp5.000. Jika ingin menggunakan guide, wisatawan juga dapat menyewa dengan harga sekitar Rp30.000. Dengan mengeluarkan budget tersebut, wisatawan akan disuguhi banyaknya keindahan alam sekaligus beberapa fasilitas.

Goa Gong Pacitan

Daya Tarik Goa Gong


Jika dilihat sekilas, Goa Gong mirip dengan goa-goa lain di Indonesia. Namun, jika sudah pernah berkunjung langsung pasti akan melihat dengan jelas perbedaannya. Goa Gong memiliki daya tarik sendiri untuk memikat hati pengunjung. Berikut uraian mengenai daya tarik Goa Gong yang bisa dijadikan referensi oleh calon pengunjung:

Goa Gong Pacitan

1. Batuan yang Bisa Bunyi sendiri


Daya tarik Goa Gong di Pacitan pertama adalah bisa mengeluarkan suara sendiri secara mistik. Banyak pengunjung ketika mengunjungi goa ini mendengar alat musik khas jawa yaitu gong. Itulah mengapa goa di Jawa Timur ini bernama Goa Gong. Hingga saat ini suara dari dalam goa tersebut masih menjadi misteri, apakah hal tersebut fenomena alam atau memang ada unsur mistik.

Goa Gong Pacitan

2. Perpaduan Warna Cahaya dalam Goa


Daya tarik kedua pada goa ini adalah adanya lampu warna-warni. Lampu ini sengaja dipasang sedemikian rupa agar menambah keindahan goa. Para pengunjung mengira bahwa lampu tersebut adalah cahaya asli yang terpancar dari goa. Warna tersebut banyak digunakan untuk spot foto.

Review sebelumnya:

Goa Gong Pacitan

3. Formasi Stalaktit dan Stalakmit


Akibat adanya endapan pada air yang menetes, muncullah stalaktit dan stalakmit. Goa ini memiliki banyak stalakmit maupun stalaktit. Dari pihak pemerintah pun berusaha menjaga keasliannya salah satu caranya adalah dengan membuat pagar di samping-sampingnya. Stalaktit dan stalakmit tersebut tambah indah ketika tersorot oleh lampu warna-warni.

Goa Gong Pacitan

Selain daya tarik diatas, Goa Gong juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut antara lain penginapan, kamar mandi, masjid, sendang air, toko oleh-oleh, pemandu goa, dan lain sebagainya. Semua fasilitas yang tersedia di goa Gong tersebut bisa dinikmati oleh para pengunjung. Dengan catatan pengunjung mau mengeluarkan uang lagi.

Goa Gong Pacitan

Dari sekian banyak fasilitas tersebut, tempat penginapan atau hotel menjadi fasilitas yang cukup menarik. Ketika berkunjung ke Goa Gong, wisatawan mungkin akan merasa capek karena tenaganya untuk mengelilingi goa. Maka tempat yang paling nyaman untuk beristirahat adalah penginapan. Apalagi bagi pengunjung yang berasal dari luar Pacitan.

Goa Gong Pacitan

Goa Gong Pacitan

Lokasi Goa Gong


Goa Gong terletak di salah satu kabupaten Jawa Timur yaitu Kabupaten Pacitan. Dari Kabupaten Pacitan, pengunjung bisa melaju menggunakan jalan arteri Jalan Nasional III (arah barat). Setelah mengikuti jalan tersebut, pengunjung akan menemukan daerah poenoeng. Selanjutnya ke arah selatan pada Jalan Punung. Ikuti jalan tersebut kurang lebih 6,4 KM pengunjung akan sampai.

Cek lokasinya di sini

Pengunjung yang ingin liburan ke Goa Gong harus mencermati beberapa hal terlebih dahulu. Diantaranya yakni jam buka tempat wisata ini. Jam buka Goa Gong di Pacitan ini yakni dari pukul 07.00 dan ditutup pada pukul 17.00 WIB dan tentunya buka setiap hari.