Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Terkait Kawah Putih Ciwidey yang Penting Untuk Diketahui

Kawah Putih Ciwidey

Salah satu wisata populer yang harus dikunjungi jika sedang berada di Bandung adalah Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih ini memiliki pesona yang sangat menawan dengan air dan tanahnya yang berwarna putih. Terletak pada area Ciwidey, Bandung, kawah ini dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.

Kawah Putih Ciwidey

Tempat ini sangat cocok untuk melepas penat, menikmati suasana alam, dan menenangkan diri. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung di wisata Kawah Putih ini. Seperti menikmati pemandangan yang asri, mandi air panas, berfoto ria dan wisata kuliner. Jika tertarik, berikut adalah informasi seputar Kawah Putih Ciwidey:

Kawah Putih Ciwidey

Sejarah


Letusan dahsyat Gunung Patuha sekitar abad ke 10 menimbulkan dampak yang luar biasa bagi lingkungan sekitar. Saking dahsyatnya letusan gunung tersebut hingga menimbulkan kawah-kawah dan mematikan kehidupan disekitarnya. Bahkan burung-burung yang terbang melintasi kawasan bekas letusan itu mati.

Kawah Putih Ciwidey

Melihat fenomena tersebut, masyarakat sekitar lantas mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Masyarakat percaya bahwa kawasan itu adalah kawasan yang angker hingga tidak seorangpun yang berani menginjakan kaki ke sana. Kawasan itu pun menjadi sunyi terasing dari jamahan manusia.

Kawah Putih Ciwidey

Hingga datanglah seorang ahli botani asal Jerman bernama Dr. Franz Wilhem yang tertarik meneliti kawasan tersebut. Ketika melakukan riset dengan mewawancarai masyarakat sekitar, Dr. Franz tidak menemukan jawaban yang memuaskan. Hampir seluruh masyarakat menjawab itu adalah kawasan yang angker. Hal itu tentu tidak masuk akal bagi Dr. Franz, sehingga akhirnya Dr. Franz pergi ke kawasan tersebut.

Kawah Putih Ciwidey

Penjelajahan Dr. Franz membuahkan hasil yang manis. Ketika di puncak gunung, dilihatnya danau berwarna putih yang begitu menawan. Setelah itu, keberadaan danau tersebut semakin dikenal dan sempat dikelola menjadi tambang kapur pada masa penjajahan Belanda. Tambang ini berhenti ketika berpindah tangan ke pemerintahan Jepang dan dialih fungsikan sebagai tempat wisata pada tahun 1987.

Review sebelumnya:

Kawah Putih Ciwidey

Lokasi dan Tiket Masuk


Kawah Putih Ciwidey terletak di Bandung tepatnya di Desa Sugihmukti, Pasir Jambu. Tak terlalu jauh dari wisata Situ Patenggang, lokasi wisata ini bisa dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Angkutan umum untuk ke kawasan wisata ini adalah L300 jurusan Ciwidey.

Link Gmaps

Kawah Putih Ciwidey

Kawasan wisata ini dibuka mulai jam 7 pagi hingga 5 petang. Untuk memasuki wisata ini, wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk yang ditawarkan beragam dan dibedakan ke dalam beberapa golongan. Detail harga tiket masuk tersebut adalah sebagai berikut:
  • Pengunjung lokal sebesar Rp27.000.
  • Rombongan sebesar Rp162.000 per mobil.
  • Pengunjung asing sebesar Rp81.000.
  • Angkutan wisata sebesar Rp27.000.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Spot Foto dan Fasilitas


Berwisata tentu tidak lengkap tanpa adanya sesi berfoto ria. Kawasan Kawah Putih Ciwidey ini memiliki spot-spot foto yang keren untuk para pengunjung. Latarnya serba putih serta terlihat sangat khas dan unik. Hampir semua titik di kawasan tersebut cocok untuk berfoto ria. Namun terdapat tempat-tempat ikonik yang pengunjung wajib berfoto di sana yaitu:
  • Dermaga kayu di tepi danau.
  • Sunan Ibu.
  • Skywalk Cantigi.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Fasilitas yang terdapat dalam kawasan tempat wisata ini lumayan lengkap. Pengunjung akan dijamin merasakan kenyamanan dan kebutuhannya akan terpenuhi selama berkunjung di sini. Fasilitas yang ditawarkan tempat wisata ini di antaranya adalah:
  • Transportasi umum wisata.
  • Area parkir yang luas.
  • Mushola.
  • Pusat informasi.
  • Toilet.
  • Restoran.
  • Pemandu lokal.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey

Demikianlah informasi lengkap seputar wisata Kawah Putih Ciwidey. Keindahan kawah ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagi pecinta fotografi, pasti juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto yang keren. Jika ingin bisa lebih leluasa menikmati keindahan kawah ini, disarankan untuk mengunjungi kawah putih di hari kerja. Pada masa liburan, kawasan ini akan sangat ramai pengunjung.