Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Pantai Sepanjang di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Yogyakarta terkenal dengan kotanya yang penuh dengan wisata. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Salah satu destinasi yang sering menjadi pilihan adalah Pantai Sepanjang di Yogyakarta. Pantai ini memiliki sejuta keindahan yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Jika ingin berkunjung kesana bisa melihat review-nya berikut ini terlebih dahulu!

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Review Pantai Sepanjang


Pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa sih dinamakan dengan Pantai Sepanjang. Jawabannya cukup sederhana karena pantai tersebut mempunyai bentuk yang panjang dibandingkan dengan pantai lain di Yogyakarta. Suasana Pantai Sepanjang di Yogyakarta ini mirip dengan suasana Pantai Kuta Bali zaman dahulu.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Keindahan pasirnya yang berwarna putih dipadukan dengan pohon palem yang masih natural, jadi pengunjung tidak akan jenuh dibuatnya. Di sana juga disediakan rumah-rumah kecil yang beratapkan dedaunan kering, yang bisa digunakan pengunjung untuk berteduh. Suasana di pantai tersebut masih sangat alami sekali, ditandai dengan tidak adanya bangunan permanen di sekitar pantai.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Hanya ada beberapa bangunan gubuk yang tidak permanen, jadi suasana sejuk serta angin yang berhembus akan terasa sekali di pantai ini. Pengunjung juga akan disuguhi dengan aktivitas warga saat bertani. Benar-benar masih sangat alami bukan?

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Fasilitas Pantai Sepanjang


Terdapat beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak Pantai Sepanjang, fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh pengunjung selama berkunjung ke pantai tersebut. Mari lihat saja fasilitas apa saja yang terdapat di sana:

Pantai Sepanjang Yogyakarta

1. Rumah-rumah Kecil


Di sepanjang pantai tersebut, terdapat rumah atau gubuk kecil yang bisa dijadikan tempat beristirahat untuk para pengunjung. Pemandangan dari gubuk itu mengarah langsung ke pantai, jadi sambil berteduh pengunjung bisa menikmati semilir angin serta deru ombak yang menghantam bibir pantai.

Review sebelumnya:

Pantai Sepanjang Yogyakarta

2. Wisata Kuliner


Jika sedang menikmati indahnya pantai dan tiba-tiba perut keroncongan, jangan khawatir karena disana sudah disediakan banyak sekali kuliner yang bisa dicicipi oleh pengunjung. Mulai dari makanan laut hingga makanan lainnya, semua itu dapat dinikmati sambil memandangi indahnya pantai. Tenang saja, karena harga yang dibanderol sangat terjangkau dan masih masuk akal.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

3. Wisata Souvenir


Selain makanan, di sepanjang pantai terdapat juga penjual yang menawarkan berbagai souvenir atau cinderamata. Souvenir tersebut dibuat dengan hasil kerajinan tangan, jadi dapat digunakan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara. Harganya juga beragam dan yang pasti ramah di kantong.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

4. Spot Berfoto


Pasti rasanya tidak mungkin jika berkunjung ke suatu tempat tetapi tidak mengabadikan momen tersebut. Pengunjung juga bisa mengabadikan momen di pantai ini dengan spot foto yang cantik serta yang pasti sangat estetik. Jadi, bisa dijadikan kenang-kenangan serta bisa juga diposting ke sosial media.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

5. Perkemahan


Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas kemah di pantai ini, karena memang sudah disediakan tempat untuk berkemah. Namun, sebelumnya harus ada izin terlebih dahulu dari pihak pantai. Dapat dibayangkan betapa serunya berkemah di pantai sambil menikmati malam di pantai dengan pasir putih.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Alamat Serta Rute Menuju Pantai Sepanjang


Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang letak pasti dari Pantai Sepanjang ini. Pantai tersebut terletak di Jl. Sepanjang, Kemadang, Kec Tanjungsari, Kab Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta. Untuk dapat memasuki wisata tersebut, pengunjung hanya perlu membayarkan tiket 10.000 rupiah per pengunjung.

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Pengunjung bisa melewati rute ke arah Kabupaten Bantul kemudian menuju ke arah Purwosari. Kemudian bisa dilanjutkan ke Panggang lalu ke Saptosari. Dari Saptosari tersebut pengunjung bisa mengambil ke arah Pantai Baron lalu ambil jalur kiri. Jalur kiri tersebut akan melewati Pantai Kukup, dari pantai tersebut ambil arah ke timur dan sampailah di Pantai Sepanjang Yogyakarta.

Link Gmaps

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Pantai Sepanjang Yogyakarta

Nah itulah review Pantai Sepanjang di Yogyakarta beserta dengan fasilitas serta rute perjalanan untuk dapat menuju kesana. Di sekitar Pantai Sepanjang juga terdapat pantai lain yang dapat dikunjungi oleh wisatawan jika ingin mengeksplor pantai lain di daerah tersebut.