Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepulauan Karimunjawa Jepara, Wisata Bahari Yang Eksotis dan Indah

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Kepulauan Karimunjawa Jepara terdiri dari 27 pulau besar dan kecil yang berderet rapi di Laut Jawa. Sebagaimana wilayah kepulauan lain, Karimunjawa dianugerahi beraneka macam pantai indah dan menawan. Keistimewaan berupa pantai-pantainya yang indah tersebut berhasil menarik hati banyak wisatawan lokal dan bahkan turis asing.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Apabila mengunjungi Pulau Bali dirasa terlalu jauh, maka Anda dan keluarga bisa menggantinya dengan berkunjung ke Karimunjawa. Lokasinya berada di sebelah utara Kota Jepara dan berjarak kurang lebih 83 kilometer.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Sebelum pergi berlibur, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu seperti apa dari tarik Kepulauan Karimunjawa Jepara berikut.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Cara Menuju ke Karimunjawa


Wisatawan memiliki dua pilihan untuk bisa sampai di Karimunjawa. Yaitu melalui jalur laut dan jalur udara. Silahkan pilih sesuai kemampuan budget masing-masing.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Secara umum, wisatawan lebih memilih menggunakan jalur laut. Perjalanan dimulai dari Pelabuhan Kartini yang ada di Kota Jepara. Kemudian ada pilihan kapal motor penumpang Muria yang membutuhkan perjalanan 6 jam, kapal Bahari Expres dengan 2 jam perjalanan dan kapal motor cepat Kartini dengan 4 jam perjalanan.

Review sebelumnya:

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Apabila ingin lebih cepat, maka bisa melakukan penerbangan menuju Bandara Dewandaru yang berada di Pulau Kemujan. Itu adalah salah satu pulau di Kepulauan Karimunjawa. Tentu saja ini membutuhkan biaya lumayan mahal.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Beberapa Aktivitas Liburan di Kepulauan Karimunjawa Jepara


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, keistimewaan Karimunjawa adalah dikaruniai deretan pantai indah. Begitu menginjakkan kaki disana, pemandangan berupa hamparan pasir pantai berwarna putih dan air laut membiru jernih menjadi suguhan utama bagi para pengunjung.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Ada begitu banyak pantai instagramable dan kekinian yang siap dikunjungi. Seperti Pantai Legon Lele, Annora, Batu Putih, Ujung Gelam, Nirwana, Barakuda dan Ujung Batu Lawang.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Di pantai tersebut Anda bisa duduk santai di tepian untuk mengagumi pesona alam yang terbentang di depan mata. Berjemur dan berkeliling di areal pantainya. Mayoritas pantai ini memiliki kondisi alam yang masih rindang dan asri.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Apabila menginginkan aktivitas lebih seru, maka beberapa pantai sudah menyediakan wahana-wahana menarik. Seperti banana boat, ATV, jetski dan lain sebagainya. Tinggal melihat budget liburan yang dibawa saja.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Kepulauan Karimunjawa Jepara pastinya tidak hanya sebatas memberikan deretan pantai indah, namun masih memiliki banyak kejutan bagi wisatawan. Seperti pulau-pulau mungil yang memiliki ekosistem alam masih terjaga, suasana tenang dan eksotisme memanjakan mata.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Adapun beberapa pulau cantik yang perlu disambangi selama liburan di Karimunjawa antara lain Pulau Geleang, Pulau Tengah, Pulau Gosong, Pulau Sintok, Pulau Cemara Besar Kecil, Pulau Bakalolo, Pulau menjangan Besar dan Spot Maer Nyemplungan.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Perlu diketahui, Pulau Menjangan Besar dan Pulau Tengah adalah lokasi dari Taman Nasional Karimunjawa. Disana menjadi pusat penangkaran Penyu dan Hiu. Kapan lagi Anda bisa menyaksikan langsung Penyu dan Hiu kalau bukan disini?

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Panorama alam yang indah ini tidak boleh luput dari lensa kamera Anda. Jelajahi setiap sudut pulau dan temukan spot foto instagramable untuk dipamerkan di medsos. Bagi yang liburan rombongan, maka bisa menyewa perahu motor dengan tarif Rp. 400.000 - Rp. 600.000. Kapal ini maksimal mengangkut 20 orang.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Oh iya, jangan sampai lupa untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut Kepulauan Karimunjawa Jepara yang sudah populer sampai mancanegara. Tersedia banyak spot diving dan snorkeling dengan keuinakan biota lautnya masing-masing.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Disini Anda bisa berenang bersama 200 lebih spesies ikan dan ragam terumbu karang warna-warni. Foto underwater pastinya wajib dilakukan supaya liburan di Karimunjawa ada kenang-kenangannya.

Kepulauan Karimunjawa Jepara

Liburan makin terasa lengkap ketika berkunjung ke Hutan Mangrove, Alun-Alun, Annora, Bukit Love Karimunjawa, Joko Tuwo dan Makam Sunan Nyemplungan.

Bagaimana, lengkap banget bukan keseruan liburan di Kepulauan Karimunajawa Jepara? Segera susun rencana dan anggaran untuk terbang kesana.