Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Destinasi Wisata Eksotis Tanah Lot di Bali Serta Harga Tiket Masuknya!

Tanah Lot di Bali

Bali merupakan pulau dengan banyak destinasi wisata yang menakjubkan. Menjadi salah satu destinasi ramai pengunjung, Tanah Lot di Bali juga memiliki daya tariknya sendiri. Apakah pembaca pernah mengunjungi destinasi satu ini? Ikuti ulasan berikut ini untuk mengetahui keindahan dan berbagai fasilitas wisata yang bisa di dapatkan di Tanah Lot:

Tanah Lot di Bali

Lokasi


Lokasi Tanah Lot terkenal dengan keindahannya dan dekat dengan laut yang cantik. Destinasi dapat dikunjungi di Desa Wisata Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi wisata populer ini dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai harus menempuh perjalanan sejauh 26.7 kilometer.

link Gmaps

Tanah Lot di Bali

Terletak di pantai selatan Desa Beraban, membuat wisatawan Tanah Lot juga bisa menikmati panorama laut yang eksotis. Terdapat sejumlah pura dan ada yang berada di pulau karang. Sebab destinasi wisata ini memiliki banyak tempat suci umat Hindu, wisatawan yang datang diharapkan dapat menikmati keindahan Tanah Lot dengan tetap sopan.

Tanah Lot di Bali

Destinasi Wisata


Selain beberapa pura yang terdapat di Tanah Lot, ada juga beberapa destinasi lokasi lain serta upacara keagamaan yang dilaksanakan di Tanah Lot. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam Tanah Lot yang eksotis sambil mendapat pengetahuan lebih tentang budaya masyarakat Bali. Berikut ulasan dari beberapa destinasi yang terdapat di Tanah Lot di Bali:

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

1. Pura Tanah Lot


Terdapat 7 rumah ibadah umat Hindu di destinasi wisata ini. Ketujuh Pura tersebut ialah: Pura Batu Bolong, Pura Penataran, Pura Luhur Pekanungan, Pura Batu Mejan, Pura Jro Kandang, Pura Penyawang, Pura Njung Galuh, dan Pura Luhur Tanah Lot. Meskipun sama-sama berada di Tanah Lot, masing-masing pura ini tidak berada di satu tempat yang sama.

Contohnya seperti Pura Penyawang yang terletak di bagian barat Pura Panataran. Pura ini menjadi rumah ibadah alternatif dari Pura Luhur Tanah Lot apabila air laut sedang tinggi.

Saat air laut tinggi, wisatawan tidak dianjurkan untuk mengunjungi Pura Luhur Tanah Lot maupun Pura Batu Bolong. Ini dikarenakan lokasi kedua pura tersebut berada di atas pulau karang dan sangat dekat dengan laut.

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

2. Gua Tanah Lot


Selain adanya tempat ibadah umat Hindu, ada juga beberapa gua yang menjadi destinasi wisata di Tanah Lot. Di antaranya ialah Gua Ular Suci dan Gua Air Suci. Kedua gua ini terletak tidak jauh dari lokasi pura di Tanah Lot.

Gua Ular Suci memanglah berisi banyak ular. Namun, ular-ular yang berjenis ular laut dengan bisa mematikan ini justru dipercaya oleh warga sekitar sebagai pelindung pura. Wisatawan dibolehkan memegang ular dengan pendampingan dari pawang.

Tanah Lot di Bali

Bukan hanya Gua Ular Suci, Gua Air Suci juga merupakan destinasi wisata sakral yang dipercaya sebagai sumber air suci umat agama Hindu. Sumber air ini berasal dari tengah laut. Namun, sumber air ini justru terasa seperti air tawar yang segar tanpa sedikitpun rasa asin.

Wisatawan boleh membasuh muka dan bahkan meminum air ini langsung. Air yang berasal dari sumber air Gua Air Suci dipercaya mampu menyembuhkan penyakit dan meingkatkan kesuburan pasangan suami dan istri.

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

3. Upacara Keagamaan


Wisatawan juga bisa berkunjung saat upacara keagamaan. Contohnya seperti upacara hari jadi pura atau Piodalan yang dilaksanakan 40 hari setelah hari raya Kuningan. Upacara ini dilaksanakan setiap 210 hari sekali dalam perhitungan kalender Saka.

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

Tanah Lot di Bali

Harga Tiket Masuk


Untuk bisa masuk ke Tanah Lot di Bali, harga tiket untuk wisatawan anak-anak berusia 6-12 tahun ialah Rp 15.000 (domestik) dan Rp 30.000 (mancanegara). Sementara, untuk harga tiket masuk dewasa dibanderol dengan harga Rp 20.000 (domestik) dan Rp 60.000 (mancanegara).

Demikian sedikit ulasan mengenai keindahan Tanah Lot di Bali. Tertarik untuk mengunjunginya? Siapkan liburan dan pastikan untuk melakukan pengecekkan kesehatan terlebih dahulu. Selamat berlibur!