Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Objek Wisata Puncak Kosakara Di Yogyakarta

Puncak Kosakara Yogyakarta

Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata hits dengan pesona alam yang masih asri dan sangat memikat. Salah satu wisata alamnya adalah puncak Kosakora dengan ketinggian 50 mdpl yang menghadap ke pantai Drini. Wisata puncak Kosakora di Yogyakarta memiliki keindahan yang tidak diragukan lagi, jika ingin tahu informasi lengkapnya simak ulasan berikut:

Puncak Kosakara Yogyakarta

Lokasi dan Rute Menuju Puncak Kosakora


Wisata puncak Kosakora di Yogyakarta berdekatan dengan pantai Drini, tepatnya berlokasi di Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Wisatawan dapat menikmati pesona garis pantai Drini dari atas bukit Kosakora, karena hanya berjarak 1 KM dari arah pantai Drini. Meskipun puncak ini tidak begitu tinggi, wisatawan tetap dapat melihat keindahan alam sekitar.

Puncak Kosakara Yogyakarta

Wisatawan dapat meletakkan kendaraannya di tempat parkir pantai Drini jika ingin merasakan sensasi trekking dengan jarak yang lumayan jauh. Apabila ingin jarak yang lebih dekat, wisatawan dapat parkir di sebelah timur pantai Drini.

Untuk mencapai lokasi puncak Kosakora, wisatawan dapat memilih rute terbaik lewat gmaps.

Puncak Kosakara Yogyakarta

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk


Yang menarik dari wisata alam ini adalah tidak terdapat jam operasionalnya, sehingga wisatawan dapat berkunjung kapan saja. Namun, lebih baik berkunjung pada waktu pagi atau sore hari, sebab kalau siang hari, terik matahari akan terasa sangat menyengat. Selain itu, panorama di waktu pagi dan sore akan terlihat lebih indah.

Puncak Kosakara Yogyakarta

Agar bisa menikmati keindahan alam di puncak Kosakora, wisatawan diharuskan masuk melalui jalur pantai di Gunungkidul. Sehingga, pengunjung harus membayar tiket untuk masuk ke pantai kurang lebih sebesar 10 ribu. Setelah itu baru wisatawan membayar tiket masuk ke puncak Kosakora dengan harga terjangkau, hanya 2 ribu rupiah saja.

Puncak Kosakara Yogyakarta

Fasilitas Umum


Sama seperti tempat wisata lainnya yang berada di Yogyakarta, Puncak Kosakora juga menyediakan beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan. Wisatawan tidak perlu merogoh uang banyak, karena semua fasilitas yang ada dibanderol dengan harga yang ramah kantong. Fasilitas yang tersedia pun sudah cukup memadai untuk keperluan wisatawan.

Review sebelumnya:

Puncak Kosakara Yogyakarta

1. Spot Foto Kekinian


Beberapa spot foto yang instagramable tersedia di atas puncak dan dapat digunakan untuk swafoto sepuasnya. Tidak heran jika banyak wisatawan berdatangan yang rela bersusah payak naik puncak sekadar untuk melakukan swafoto saja.

Puncak Kosakara Yogyakarta

2. Tempat Camping


Puncak Kosakora memiliki area yang cukup luas yang dijadikan sebagai tempat camping. Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai Drini dan alam sekitarnya dapat bermalam di puncak ini. Semua peralatan camping seperti tenda beserta alat lainnya telah tersedia untuk disewa, sehingga wisatawan tidak perlu repot-repot membawa peralatannya dari rumah.

Puncak Kosakara Yogyakarta

3. Warung


Wisatawan juga tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan dari rumah, karena telah terdapat warung sederhana dengan harga murah. Warung tersebut menyediakan berbagai macam minuman dan ringan yang siap disantap. Para wisatawan dapat menyantap hidangan di atas puncak sembari menikmati keindahan alam pantai Drini dan sekitarnya.

Puncak Kosakara Yogyakarta

Puncak Kosakara Yogyakarta

4. Toilet


Selain itu, pengelola puncak juga menyediakan fasilitas lain berupa toilet umum yang memang dibuat khusus untuk para wisatawan. Sehingga, wisatawan tidak bingung lagi jika hendak buang air saat berada di puncak.

Puncak Kosakara Yogyakarta

Bagi ingin berlibur ke Yogyakarta, wisata alam puncak Kosakora di Yogyakarta sayang untuk dilewatkan begitu saja. Meskipun akses jalan menuju puncak cukup sulit dan melelahkan, namun hal ini akan terbayar dengan keindahan yang ditawarkan dari puncak. Jika memutuskan untuk berkemah, jangan lupa untuk menyiapkan keperluan pribadi sesuai yang dibutuhkan.