Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jembatan Talumolo Gorontalo, Spot Gratis Untuk Menikmati Senja

Jembatan Talumolo Gorontalo

Jembatan Talumolo Gorontalo bukan hanya dijadikan sebagai jalur penyambung antara Kelurahan Talumolo dengan Kelurahan Bugis. Tapi oleh penduduk lokal, jembatan tersebut juga diklaim menjadi spot yang paling apik untuk menikmati keindahan waktu senja. Pengalaman yang berbeda akan dirasakan oleh semua orang karena keunikan yang tidak biasa dari lokasi ini.

Jembatan Talumolo Gorontalo

Mengunjungi destinasi wisata air atau gunung memang mainstream. Karena itulah, jika berkunjung ke Gorontalo wajib melintas dan mampir sejenak di Jembatan Talumolo untuk melihat keindahannya. Bangunan ini memiliki kesan dan suasana yang berbeda dari lainnya. Untuk mengetahui keindahan apa saja yang tersimpan dan Jembatan Talumolo, bisa menyimak ulasan berikut:

Jembatan Talumolo Gorontalo

Keindahan Jembatan Talumolo


Mungkin yang akan terpikir ketika mendengar kata jembatan adalah bangunan panjang sebagai jalur penghubung dua daerah. Tapi saat melintas di Jembatan Talumolo, semua orang akan dibuat takjub dan ingin berhenti sebentar. Karena tempat ini memang menyimpan beberapa keindahan berikut:

Jembatan Talumolo Gorontalo

1. Bentuk yang Unik


Kebanyakan jembatan di suatu daerah hanya lurus dan memiliki pembatas biasa, terlebih yang sudah ada sejak zaman Belanda. Namun lain cerita dengan Jembatan Talumolo. Meskipun sudah tua, jembatan ini dihadirkan kembali dengan bentuk yang sangat indah. Pembatasnya dibuat tinggi menjulang dan melengkung. Jika dilihat, hampir mirip dengan Sydney Harbour Bridge.

Jembatan Talumolo Gorontalo

2. Melintasi Sungai Bone


Arsitektur Jembatan Talumolo yang kokoh sangat cantik berpadu dengan luasnya Sungai Bone. Semua yang melintas di jembatan tersebut dapat menyaksikan keindahan air mengalir di kelokan sepanjang Kelurahan Botu. Apabila mau berhenti sejenak, pengunjung bisa melihat kelokan sungai yang akan menghilang di bagian ujung Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Jembatan Talumolo Gorontalo

3. Spot Menikmati Senja


Apakah merasa bosan menikmati senja dari atas gunung dan pinggir pantai? Cobalah suasana yang unik dan anti-mainstream dengan menyaksikan pemandangan matahari terbenam dari atas Jembatan Talumolo. Sunset terlihat sangat cantik dari tempat ini, sehingga bisa sambil berfoto. Ditambah lagi dengan background Gunung Dumbo yang gagah.

Review sebelumnya:

Jembatan Talumolo Gorontalo

4. Menyala Saat Seremonial Tumbilotohe


Apabila ingin mendapatkan keindahan yang paripurna dari Jembatan Talumolo, cobalah untuk berkunjung saat akhir Bulan Ramadhan. Sebab tiga hari menjelang Idul Fitri, di sini diadakan Tumbilotohe. Dalam seremonial tersebut dinyalakan lampu obor yang menghiasi pinggir jembatan. Kapal-kapal kecil yang ditambatkan juga dipasangi lampu, sehingga jembatan seperti menyala.

Jembatan Talumolo Gorontalo

5. Berdekatan dengan Teluk Tomini


Keindahan dari Jembatan Talumolo didukung oleh pemandangan di setiap ujungnya. Pepohonan hijau membuat suasana semakin asri. Tampak pula kecantikan Teluk Tomini dari atas jembatan. Bahkan dari sini pula, pengunjung dapat menyaksikan kemegahan kantor gubernur Gorontalo yang berdiri kokoh di puncak Botu.

Jembatan Talumolo Gorontalo

Alamat dan Tiket Masuk Jembatan Talumolo


Jika berlibur ke Gorontalo, sebaiknya coba melintas dan singgah sebentar di Jembatan Talumolo. Waktu terbaik yang bisa dipilih agar mendapatkan keindahan yang paripurna yaitu saat matahari hendak terbenam. Namun jika ingin berkunjung di momen besar, cobalah di malam tahun baru atau menjelang Idul Fitri ketika ada seremonial Tumbilotohe.

Jembatan Talumolo Gorontalo

Jangan khawatir dengan biaya. Sebab keindahan jembatan ini dapat dinikmati secara gratis. Lokasi tepatnya adalah Talumolo, Kec. Kota Tim., Kota Gorontalo. Pengunjung dapat mengakses peta berikut ini. Saat singgah, disarankan tetap berhati-hati, sebab banyak kendaraan yang melintas.

Itulah keindahan yang disimpan oleh Jembatan Talumolo. Siapa pun yang melewati jalur ini akan merasa takjub dengan paduan Sungai Bone dan arsitektur apik dari jembatan. Untuk destinasi yang anti-mainstream, dapat menjadikan jembatan ini spot berfoto dan melihat senja. Pengunjung bisa memilihnya sebagai tempat healing yang gratis.