Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam Danau Limboto Gorontalo Yang Sangat Memukau

Danau Limboto Gorontalo

Gorontalo menjadi salah satu provinsi yang menyediakan beragam destinasi wisata di Indonesia, salah satunya wisata alam Bogisa Island. Wisata alam Indonesia memang memiliki daya tarik bagi banyak wisatawan yang hendak liburan, tidak terkecuali Danau Limboto. Bagi yang sedang mencari tempat berlibur, danau yang satu ini cocok dijadikan sebagai pilihan.

Danau Limboto Gorontalo

Sekilas Tentang Danau Limboto


Banyak dikelilingi pemandangan alam sekitar yang sangat indah, membuat Danau Limboto tidak pernah sepi pengunjung. Danau ini terbentang luas hingga mencapai 3 ribu hektar dan termasuk danau terbesar yang berada di Provinsi Gorontalo. Danau Limboto memiliki beragam keunikan yang mungkin tidak dapat dijumpai di danau manapun.

Danau Limboto Gorontalo

Keunikan tersebut mulai dari Danau Limboto yang terhubung dengan laut dan menjadi muara bagi beberapa sungai di sekitarnya. Selain itu, danau ini juga memiliki potensi sumber panas bumi atau geothermal dan menjadi tempat persinggahan bagi burung migran. Danau Limboto juga menyimpan berbagai macam kekayaan hayati di dalamnya, seperti nila dan mujahir.

Danau Limboto Gorontalo

Danau Limboto Gorontalo

Lokasi dan Rute Menuju Danau Limboto


Danau Limboto sangat mudah dikunjungi, karena lokasinya yang berada dekat dengan pusat kota. Destinasi wisata alam Danau Limboto berlokasi di Provinsi Gorontalo, tepatnya di Kecamatan Limboto. Dari bandara Djalaludin Gorontalo, wisatawan dapat langsung mengunjungi danau ini menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan yang ada di sekitar bandara.

Danau Limboto Gorontalo

Lanjutkan perjalanan menuju kampung Kayudurian, untuk mendapatkan rute terbaik menuju Danau Limboto dapat mengunjungi website Bulalo Limboto menggunakan Gmaps. Setelah sampai di Kayudurian, wisatawan dapat naik perahu nelayan yang disewakan untuk berkeliling. Biaya penyewaan ini bervariasi, tergantung kesepakatan awal dengan pemilik perahu.

Danau Limboto Gorontalo

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional


Jika hendak berkunjung ke Danau Limboto, wisatawan tidak perlu menyiapkan budget untuk membeli tiket masuk. Pasalnya, tidak terdapat tarif tiket bagi wisatawan untuk mengunjungi danau ini. Sehingga, para wisatawan dapat lebih hemat budget liburan ketika memutuskan untuk menjadikan Danau Limboto sebagai tempat berlibur.

Danau Limboto Gorontalo

Menariknya lagi, tidak terdapat jam operasional, sehingga wisatawan dapat berkunjung ke Danau Limboto tanpa terikat waktu. Meskipun demikian, akan lebih bagus jika berkunjung saat sore hari agar dapat turut menyaksikan keindahan senja. Apalagi jika berkunjung pada bulan Agustus – Oktober saat cuaca sangat mendukung untuk berlibur.

Danau Limboto Gorontalo

Danau Limboto Gorontalo

Festival Tahunan Danau Limboto


Salah satu khas dari wisata Danau Limboto adalah festival yang diselenggarakan satu tahun sekali pada tanggal 20 sampai 25 September. Acara festival biasanya diisi dengan berbagai kegiatan khas warga Gorontalo yang cukup menarik dan unik.

Danau Limboto Gorontalo

Festival ini akan menampilkan pertunjukan busana daerah Gorontalo dan beberapa permainan tradisional, salah satunya lomba balap perahu di Danau Limboto. Salah satu tujuan diselenggarakan festival tahunan Danau Limboto yaitu melestarikan sekaligus mengenalkan budaya Gorontalo kepada para wisatawan.

Danau Limboto Gorontalo

Objek Wisata Sekitar Danau Limboto


Sehabis mengunjungi Danau Limboto, wisatawan dapat berkunjung ke objek wisata lainnya yang lokasinya berdekatan dengan danau Limboto. Misalnya, berkunjung ke museum pendaratan Soekarno yang berada di tepian Danau.

Danau Limboto Gorontalo

Bisa juga dengan mengunjungi Benteng Otanaha, yang mana menjadi satu – satunya benteng yang dibangun di tepian danau. Benteng ini berada di puncak bukit yang bersebelahan dengan Danau Limboto yang menampilkan keindahan alam yang sangat mempesona.

Demikianlah ulasan mengenai wisata alam Danau Limboto dengan keindahan alamnya yang begitu memukau. Selain dapat menikmati panorama alam yang mampu memanjakan mata, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan menarik lainnya, seperti memancing.