Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Candi Sambisari, Candi di Bawah Permukaan Tanah Yogyakarta

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Candi Sambisari adalah candi Hindu (Siwa) yang berada di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Posisinya kira-kira 12 km di sebelah timur kota Yogyakarta ke arah kota Solo atau kira-kira 4 km sebelah barat kompleks Candi Prambanan.

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9 pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung yang berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno dari Wangsa Syailendra. Perkiraan ini didasarkan pada gaya tulisan lempengan emas yang terbaca "om shiva shtana" yang ditemukan 1977 di kompleks candi ini, serta informasi dari prasasti Wanua Tengah III yang menyebutkan bahwa Rakai Garung memerintah Medang pada awal abad ke-9.

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Candi Sambisari


1. Menyusuri Jejak Sejarah dari Dinding Candi dan Museum

Kalau kamu penikmat sejarah, maka berkeliling Candi Sambisari sembari mengamati detail arsitekturnya akan menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Di dalam kompleks candi ini kamu akan menemukan relung-relung candi yang berisikan arca, mulai dari arca Dewi Durga, arca Ganesha, hingga arca Agastya.

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

2. Mengabadikan Keindahan Candi Lewat Foto

Komplek Candi Sambisari menawarkan pesona tersendiri bagi siapapun yang menyambanginya. Tidak hanya terdiri dari bangunan candi saja, di kawasan ini terdapat hamparan rumput hijau dan taman yang tertata dengan rapi. Dinding tanah yang mengitari candi dihiasi dengan tulisan Candi Sambisari dari perdu yang indah.

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

3. Bersantai Sambil Menghabiskan Waktu Menanti Senja

Setelah menikmati keindahan bangunan Candi Sambisari, tidak ada salahnya jika kamu bersantai di sekitaran candi sembari menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat. Komplek Candi Sambisari ini memang memiliki taman yang cukup luas dan ditumbuhi rerumputan hijau sehingga cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepaskan diri dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Rebahkanlah dirimu di rerumputan atau santaplah bekal yang dibawa sembari bercerita banyak hal dengan orang-orang terdekatmu.

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Lokasi dan Akses Menuju Candi Sambisari

Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta candi ini berjarak sekitar 12 km arah timur. Untuk mencapai Candi Sambisari kamu bisa menyusuri Jalan Raya Jogja – Solo. Sesampainya pertigaan Bandara Adi Sutjipto kamu masih harus lurus terus. Begitu menjumpai pertigaan dengan penanda Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta silahkan belok kiri menuju utara. Tak sampai 10 menit kamu akan tiba di Candi Sambisari yang terletak di area perkampungan warga.

Candi Sambisari Sleman Yogyakarta

Harga Tiket dan Jam Buka Candi Sambisari

  • Harga tiket wisatawan lokal: Rp 5.000 per orang
  • Harga tiket wisatawan mancanegara: Rp 10.000 per orang
  • Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB