Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Fakta Dari Wisata Pulau Lampu Gorontalo Utara, Patut Dikunjungi!

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Entah itu besar atau kecil di Indonesia banyak sekali pulau. Contohnya Pulau Lampu Gorontalo utara yang sudah terkenal hingga sampai luar negeri. Pulau yang terletak bagian utara ini sangat asri nan bagus pemandangannya. Sayangnya masyarakat jarang tahu padahal merupakan wisata yang patut dikunjungi.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Letak utama pulau lampu ini berada di pulau Saronde. Wilayah tersebut sangat terkenal di kalangan warga gorontalo. Selain itu banyak sekali wisatawan mancanegara yang berdatangan untuk melihat pulau ini. Karena wisata ini hanya dipadati oleh orang yang berasal dari luar negeri. Ingin tahu lebih lanjut, berikut adalah fakta unik pulau Lampu yang patut dikunjungi.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Arti Pulau Lampu


Nama Pulau Lampu ini terbilang unik dan menarik karena disebut dengan lampu. Tentunya bagi masyarakat yang belum mengetahui arti lampu maka akan mengira apakah pulaunya menyala layaknya sebuah lampu. Bukan itu jawabannya. Mengapa dinamakan pulau lampu karena disana terdapat bangunan mercusuar tinggi.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Bangunan mercusuar tersebut menghasilkan lampu guna untuk menyinari atau memandu para nelayan atau kapal dalam melintas laut. Selain itu fungsi dari cahaya ini juga memberikan arah agar bisa kembali ke pesisir pantai dengan selamat. Pasir putih dari pantai pulau lampu ini sangat indah begitu juga dengan laut birunya.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Perjalanan Ke Pulau Lampu


Perjalanan menuju ke pulau lampu ini memakan banyak waktu. Sehingga wisatawan harus menyiapkan dari jauh hari mengenai sewa mobil dan kapal. Apalagi untuk para wisatawan dan turis yang berasal dari luar kota. Dari Bandara Jalaludin maka traveler harus menyewa mobil untuk mengantarkannya ke pelabuhan Kuandang.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Dari pelabuhan Kuandang maka harus menyebrang dahulu menggunakan kapal. Perjalanan di atas laut ini diperkirakan 1 jam lamanya. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan ditemani oleh pemandangan pantai biru yang cantik dan indah.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Harga tiket masuk pulau lampu ini sebesar Rp. 20.000,00 per orang. Sangat murah bukan, hal ini dikarenakan wisata ini belum ada fasilitas nya. Yang membuat mahal pulau lampu ini adalah ongkos perjalanannya.


Pulau Lampu Gorontalo Utara

Sebelum Datang Ketahui Fakta Berikut Mengenai Pulau Lampu


Adapun fakta yang harus diketahui oleh traveler dari pulau lampu. Walaupun menyuguhkan pemandangan pantai yang cantik, akan tetapi ada hal yang perlu diketahui dan perhatikan khususnya bagi wisatawan yang hendak kesini. Jika sudah mengetahui fakta ini nantinya wisatawan menyiapkan rencana lebih matang lagi dan tidak terjadinya culture shock.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

1. Tidak Ada Penginapan


Fakta pertama pulau lampu ini yaitu tidak ada penginapan baik itu villa, resort, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan pulau ini belum dikelola oleh pemerintah untuk dijadikan wisata sehingga tidak adanya penginapan.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Maka dari itu wisatawan harus mencari penginapan yang dekat dengan kota atau bandara agar aksesnya gampang dilalui. Harga yang diberikan penginapan dekat bandara pun tergolong. Tidak sampai 1 juta dan hal ini dapat dimanfaatkan wisatawan agar bisa menghemat uang.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Pulau Lampu Gorontalo Utara

2. Tidak Ada Kamar Mandi atau MCK


Mengingat pulau lampu ini belum dikelola sepenuhnya sehingga tidak ada kamar mandi. Hal ini cukup mengecewakan bagi turis dan wisatawan, karena bagaimana pun kamar mandi adalah hal yang sangat penting. Walaupun tidak ada kamar mandi, di pulau ini wisatawan dapat berenang untuk menikmati indahnya laut biru dan airnya yang jernih. Selain itu turis juga dapat melakukan diving dan snorkeling.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

3. Wisatawan Dapat Naik Ke Mercusuar


Fakta lainnya yaitu wisatawan dapat naik mercusuar dan menikmati pemandangan laut dari atas sana. Dari atas mercusuar wisatawan dapat melihat pulau lainnya. Namun hanya pada waktu tertentu saja bangunan itu terbuka sehingga untung-untungan.

Pulau Lampu Gorontalo Utara

Itulah fakta menarik dari pulau lampu gorontalo utara yang patut dikunjungi. Pulau lampu ini terkenal dengan pemandangan yang indah dan laut birunya yang cantik. Walaupun ada beberapa kekurangan tentunya akan terbayarkan oleh keindahan pulau tersebut. Dan wisatawan tentu tidak akan menyesal.