Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Dan Pesona Objek Pendakian Gunung Kerinci Jambi

Gunung Kerinci Jambi

Sebagai pemilik puncak tertinggi di Pulau Sumatra, Gunung Kerinci Jambi telah banyak dikenal oleh di komunitas para pendaki. Namun mungkin saja masih banyak masyarakat Indonesia yang asing dengan keberadaan gunung berapi aktif tersebut. Jika penasaran ingin berkunjung ke Gunung Kerinci, simak saja penjelasan di bawah ini.

Gunung Kerinci Jambi

Wilayah Pendakian ke Puncak


Untuk mendaki Gunung Kerinci, pendaki dapat melewati wilayah atau jalur pendakian yang sudah dibuat. Jalur-jalur yang harus ditempuh yakni:

Gunung Kerinci Jambi

1. Desa Kersik Tuo ke Pintu Rimba


Perjalanan awal dimulai dari desa Kersik Tuo. Dalam perjalanannya, pendaki akan melewati pondok R10 yang dijadikan sebagai pos pengawas Taman Nasional Kerinci Seblat. Setelah itu, dengan menempuh jarak dua kilo, para pendaki akan mencapai Pintu Rimba.

Gunung Kerinci Jambi

2. Pintu Rimba ke Bangku Panjang


Perbatasan hutan dan ladang adalah daerah dari Pintu Rimba. Jarak dari tempat yang disebut sebagai gerbang awal pendakian ini menuju Bangku Panjang berkisar dua kilometer. Jalur yang ditempuh tidak sulit karena landai.

Gunung Kerinci Jambi

3. Bangku Panjang ke Batu Lumut


Wilayah Bangku Panjang yakni berada di dalam hutan yang lebat. Jalur dari wilayah ini ke Batu Lumut tidak curam dan masih mudah ditempuh. Kisaran waktu tempuhnya adalah 30 menit dengan jarak dua kilometer.

Gunung Kerinci Jambi

4. Batu Lumut ke Shelter I


Dari Batu Lumut yang memiliki ketinggian 2.000 mdpl, pendaki akan menuju Shelter I yang berada pada ketinggian 2.225 mdpl. Pemandangan tempatnya mulai berupa hutan lebat dengan pohon-pohon yang begitu besar.

Gunung Kerinci Jambi

5. Shelter I ke Shelter II


Shelter I adalah tempat yang aman untuk mendirikan tenda. Perjalanan dari wilayah ini ke Shelter II semakin menantang dengan track yang terjal dan menanjak. Pendaki harus selalu sigap untuk berpegangan pada akar pohon.

Gunung Kerinci Jambi

6. Shelter II ke Shelter III


Jalur atau wilayah keenam yakni Shelter II yang berada pada ketinggian 3.056 mdpl. Cukup banyak tantangan yang harus dilewati untuk berjalan ke Shelter III, seperti jalur yang terjal, jalan berdinding tanah, dan pendaki yang harus menunduk jika menempuh area tersebut.

Review sebelumnya:

Gunung Kerinci Jambi

7. Shelter III ke Puncak Gunung Kerinci


Waktu tempuh dari Shelter III menuju Puncak Gunung Kerinci ambi adalah 1,5 jam. Shelter III adalah batas hutan. Selanjutnya, jalur sampai puncak sudah berupa daerah terbuka dengan jalan batuan cadas.

Tautan Maps

Gunung Kerinci Jambi

Pesona Gunung dan Puncaknya


Gunung berapi tipe strato ini berada di kawasan seluas 1.484.650 hektar bernama Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kawasan konservasi ini merupakan bagian dari pegunungan dan berupa hutan tropis. Karena itu, di sini banyak ditemukan flora dan fauna yang beragam.

Gunung Kerinci Jambi

Dengan keindahan tumbuhan dan pohon yang berada di Gunung Kerinci, kegiatan mendaki tidak akan membosankan. Selain mendaki, orang-orang juga bisa sekaligus melakukan fotografi untuk mengenang keindahan alam tersebut.

Gunung Kerinci Jambi

Banyak yang dapat dinikmati di Gunung Kerinci, seperti danau, rawa, goa, dan sumber air panas. Akan tetapi, pemandangan puncaknya yang indah masih merupakan kebanggaan dari para pendaki. Pemandangannya sangat indah yang memperlihatkan seluruh Kota Jambi dan Samudra Hindia, sehingga menjadi kepuasan tersendiri bagi yang sudah mencapai puncak gunung ini.

Selain keindahan alam, tentunya harga tiket yang terjangkau menjadikan Gunung Kerinci sebagai objek mendaki favorit. Harga tiket di hari kerja adalah 20.000 rupiah serta 25.000 rupiah di hari libur. Benar-benar terbilang murah jika dibandingkan dengan pemandangan indah yang tersedia.

Inilah jalur pendakian yang ditempuh dan pesona pada Gunung Kerinci Jambi. Bagi para pendaki, jangan sampai melewatkan salah satu gunung kebanggaan Indonesia tersebut untuk didaki. Nikmati kebanggan mencapai puncak dan keindahan pemandangannya.