Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk! Nikmati Liburan di Bukit Tempurung Jambi

Bukit Tempurung Jambi

Ada satu tempat wisata di Pulau Sumatera yang patut dicoba namanya yaitu Bukit Tempurung. Tempat tersebut berlokasi di daerah Jambi. Nah, mungkin Bukit Tempurung Jambi tidak begitu tersohor seperti tempat wisata lainnya. Untuk itu mari kenal lebih dekat dengan Bukit Tempurung melalui ulasan berikut ini!

Bukit Tempurung Jambi

Apa Itu Bukit Tempurung?


Ini adalah destinasi wisata yang mulai dibuka secara umum pada akhir tahun 2018. Lokasi tepatnya berada di Desa Lubuk Bankar, Kota Sarolangun, Jambi. Sistem pengelolaannya di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Jadi, wajar bila tempat ini sangat terawat dengan baik.

Bukit Tempurung Jambi

Nah bagi yang belum tahu, Bukit Tempurung ini pernah dinobatkan sebagai salah satu dataran tinggi terpopuler di pagelaran Anugerah Pariwisata Indonesia. Tempat ini sangat pas untuk orang yang suka mendaki bukit dan gunung sebab puncaknya tidak begitu tinggi, yakni hanya 821 MDPL.

Link GMaps

Bukit Tempurung Jambi

Kenapa Menarik Untuk Dikunjungi?


Bukit yang dijuluki "Negeri Diatas Awan" ini sangat cocok dikunjungi khususnya bagi para penikmat keindahan dan juga selebgram. Sudah banyak orang yang mendatangi tempat ini. biasanya waktu paling ramai yakni akhir pekan dan malam tahun baru.

Bukit Tempurung Jambi

Lalu apa yang menjadikan tempat ini begitu menarik? Yakni alamnya yang indah dan instagramable. Puncak Tempurung menyajikan lautan awan yang mempesona. Pengunjung akan merasakan sensasi berada diatas langit dengan nuansa dan suasana yang bagus.

Bukit Tempurung Jambi

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa merasakan hangatnya sunset dan sunrise serta bintang-bintang bersama orang tercinta. Ini merupakan alasan kenapa banyak orang yang mengunjungi Puncak Bukit Tempurung.

Bukit Tempurung Jambi

Fasilitas Umum di Bukit Tempurung


Setelah keindahan Bukit Tempurung tentunya para wisatawan akan membutuhkan fasilitas pendukung lainnya. Nah oleh sebab itu pihak pengelola menyediakan berbagai macam fasilitas yang bisa digunakan untuk bermain, berkumpul dan beristirahat. Diantaranya:

Bukit Tempurung Jambi

1. Gardu Pandang


Salah satu fasilitas utama ini bisa digunakan secara gratis. Melalui tempat Gardu Pandang pengunjung bisa lebih leluasa melihat pemandangan perbukitan, lautan awan, sunset dan sunrise.

Review sebelumnya:

Bukit Tempurung Jambi

2. Gazebo

Fasilitas yang terbuat dari kayu ini dikhususkan bagi para pengunjung yang ingin beristirahat. Ukurannya cukup besar sehingga cocok untuk sekeluarga.

Bukit Tempurung Jambi

3. Panahan


Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan yakni belajar memanah. Selain mengusir bosan, memanah juga bisa melatih fokus.

Bukit Tempurung Jambi

4. Area Camping


Bagi pengunjung yang tidak ingin menyewa penginapan bisa camping di area ini. Cukup membawa peralatan camping seperti tenda, makanan dan alat memasak.

Bukit Tempurung Jambi

Rute Menuju Bukit Tempurung Jambi


Rute terdekat dapat melalui alun-alun kota Sarolangon. Jika melalui rute ini hanya perlu berkendara selama -+3 jam saja. Jika telah tiba gerbang bukit, lanjut berjalan kaki sekitar 1,5 km menuju lereng bukit. Terakhir lakukan pendakian -+ 900 meter menuju Bukit Tempurung.

Didalam perjalanan, pengunjung akan menemukan banyak pemandangan indah. Nah, salah satunya yakni talun tujuh tingkat serta air murni dari perbukitan yang mengalir. Tentu saja pemandangan tersebut akan memanjakan mata!

Harga Tiket & Sewa Fasilitas


Bagi pengunjung yang belum pernah ke Bukit Tempurung tentu penasaran berapa kira-kira harga tiket masuk serta biaya sewa fasilitasnya. Tenang, harganya relatif murah. Berikut daftar harganya:

  • Tiket masuk 3.500 Rupiah
  • Biaya penyewaan tenda 50.000 Rupiah
  • Wahana ayun-ayunan 2.000 Rupiah
  • Fasilitas memanah 2.000 Rupiah
  • Parkir kendaraan (motor & mobil) 3.000 s/d 5.000 Rupiah

Itulah ulasan singkat tentang Bukit Tempurung Jambi yang bisa jadi tempat yang pas untuk melepas penat akibat aktifitas harian. Bagaimana? Harga yang bersahabat dan keindahannya tentu jadi pertimbangan dalam memilih tempat berlibur yang pas!