Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo Wisata Yang Sangat Indah Untuk Diabadikan

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo adalah salah satu tujuan wisata bahari yang unik di Kabupaten Boalemo. Pantainya berpasir putih yang bersih dan lingkungan yang terawat membuatnya menjadi tempat wisata pantai yang menarik. Jika ingin menginap, di tempat ini juga tersedia penginapan dan aneka tempat menikmati makanan seafood yang khas.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Jika ingin ke tempat ini jangan lupa membawa penahan sinar matahari seperti sunscreen/sunblock, topi lebar dan kacamata hitam. Yang jelas jangan lupa membuat foto kenangan karena tempat ini sangat indah untuk diabadikan.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Lokasi Pantai Ratu


Pantai Ratu Tenilo Gorontalo atau disebut juga Pantai Ratu bisa dicapai sekitar 1 jam dari pusat Kabupaten Boalemo. Baik dengan motor maupun mobil. Sepanjang perjalanan ke sana, pengunjung bisa melihat pemandangan kebun jagung yang rapi di kiri kanan jalan.

Link GMaps

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Harga Tiket Masuk dan Aneka Fasilitasnya


Lokasi wisata yang dikelola pemerintah desa ini tidak memberikan harga mahal. Tiket masuknya hanya Rp.5.000/orang. Jika membawa kendaraan pribadi, parkir mobil dikenakan Rp.5.000,- dan Rp. 3.000,- per motor.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Sarana pendukung seperti toilet dan kamar mandi juga banyak disediakan agar pengunjung tidak perlu mengantri. Disediakan juga beberapa wahana permainan agar anak-anak bisa menikmatinya juga.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Aktivitas Tambahan dan Biayanya


Selain bermain di pantai yang berpasir putih, ada aneka aktivitas lain yang bisa dilakukan, seperti:

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

  • Gazebo dan jembatan kayu yang dibentuk seperti mahkota bintang dan dibangun di atas permukaan laut. Pengunjung bisa berjalan mengelilinginya dan membuat foto yang indah.
  • Jika ingin ke tengah laut dan menikmati terumbu karang di dalamnya, ada perahu berdasar kaca (glass bottom boat) yang bisa disewa hanya dengan Rp.10.000/orang.
  • Kalau ingin lebih seru, ada jetski yang bisa disewa seharga Rp.100.000,-
  • Jika membutuhkan penginapan, tersedia cottage berukuran 4x6 meter lengkap dengan AC dengan harga Rp.500.000.-/malam.
  • Terkadang pengunjung mendirikan tenda sendiri untuk menikmati matahari terbenam.
  • Penduduk juga menyewakan Kasur air, baju pelampung, pelampung anak dan kursi pantai dengan harga terjangkau.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Keunikan Pantai Ratu


Pantai Ratu Tenilo Gorontalo terkenal memiliki pantai yang bentangannya panjang, pasir putih dan keindahan laut yang mengagumkan. Anak-anak senang berenang di pantai yang indah ini juga menikmati beberapa wahana yang disediakan. Pengunjung bisa menyewa perahu besar secara beramai-ramai untuk menyusuri pantai dari laut.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Jika pengunjung ingin menyelam, ada 2 lokasi indah yang bisa dilihat, yaitu: Salvador dan Tiga Janji. Keduanya menyajikan koral laut yang sangat indah dan unik dengan aneka biota laut yang tinggal di antaranya.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Untuk kenangan, di pinggir pantai dibuatkan ayunan dengan semacam tiang yang bertuliskan PANTAI RATU. Ini menjadi tambahan lokasi foto yang bisa dibagikan di media sosial milik pengunjung. Selain hampir semua tempat di pantai ini indah untuk diabadikan.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Fasilitas Tambahan Milik Penduduk


Untuk mendukung lokasi wisata ini, penduduk sekitarnya membangun fasilitas tambahan yang bisa dinikmati pengunjung. Seperti rumah makan seafood yang diolah dengan bumbu khas yang nikmat dan tempat oleh-oleh khas Gorontalo. Karena berada di pantai, makanan utama yang tersedia memang Makanan khas laut, walaupun tersedia jenis lain untuk melengkapi.

Pantai Ratu Tenilo Gorontalo

Uniknya nama Ratu sendiri sebenarnya singkatan dari Raflin dan Tuti yang menjadi Kepala Desa Tenilo. Awalnya swakelola bersama penduduk desa, kini dikembangkan serius oleh pemerintah daerah. Berwisata ke Pantai Ratu Tenilo Gorontalo seperti memanjakan mata dengan keindahan alamnya. Tidak kalah indah dengan wisata pantai di tempat lain.