Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Danau Lingkat Jambi, Tempat Eksotis yang Memanjakan Mata

Danau Lingkat Jambi

Terdapat banyak tempat wisata eksotis di Jambi yang belum banyak diketahui oleh orang bahkan masyarakat lokal sekalipun, diantaranya adalah Danau Lingkat Jambi, Danau Kumbang, dan Jambi Paradise. Danau ini terbentuk secara alami dan merupakan tempat yang cocok bagi yang ingin berlibur menikmati alam yang masih asri dan terjaga. Namun, apa saja sih pengalaman yang akan di dapat di tempat wisata alam satu ini? Simak ulasannya dibawah ini:

Danau Lingkat Jambi

Akses Jalan dan Cara Menuju Tempat Wisata


Sebelum berlibur ke Danau Lingkat di Jambi ada baiknya para pengunjung mengetahui akses jalan yang akan dituju. Danau Lingkat sendiri secara garis besar berada di Lempur Hilir, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Serta berada pada jarak sekitar satu jam perjalanan dari Kota Sungai Penuh, namun butuh waktu sekitar 10 jam dari pusat Kota Jambi.

Danau Lingkat Jambi

Untuk sampai kesana dari Kota Sungai Penuh, pengunjung dapat menaiki kendaraan umum yang tersedia. Tetapi, jika ingin menikmati keindahan kota yang masih segar, disarankan untuk menggunakan sepeda motor. Hal ini juga karena sepeda motor lebih fleksibel dan nyaman digunakan untuk berpergian dengan jarak yang masih dekat.

Danau Lingkat Jambi

Untuk akses jalan di lokasi wisata, pengunjung harus ekstra hati-hati karena jalanannya masih berupa tanah yang penuh kerikil sehingga penggunaan sepeda motor dirasa sangat tepat. Selain itu, bila sedang musim hujan kondisi jalan akan becek dan licin. Tentu hal ini dapat menjadi masalah jika pengunjung tidak berhati-hati. Namun, semua perjalanan lumayan jauh dengan medan tersebut akan terbayar setelah melihat panorama di Danau Lingkat.

Link GMaps.

Danau Lingkat Jambi

Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata


Pengunjung dapat menikmati pemandangan eksotis danau tersebut hanya dengan membayar parkir sebesar 5000 untuk kendaraan roda dua atau motor dan 10.000 untuk roda empat atau mobil. Tak perlu lagi membayar tiket masuk perorang, karena pengunjung akan ditarik tiket parkir perkendaraannya saja. Setelahnya pengunjung bebas menikmati keindahan panorama danau dan hijaunya pohon-pohon yang masih lebat.

Danau Lingkat Jambi

Untuk jam buka tutupnya tempat wisata, pengelola danau memasang jam buka sekitar pukul delapan pagi hingga pukul tujuh malam. Namun, untuk informasi yang lebih mendalam perihal jam buka paling update, pengunjung dapat melihat secara langsung di laman Google Maps dari Danau Lingkat Jambi sendiri.

Danau Lingkat Jambi

Fasilitas dan Pengalaman yang Akan Didapatkan


Begitu sampai di lokasi wisata, pengunjung akan langsung disuguhi oleh panorama alam yang masih segar dan asri. Kicauan burung juga dapat terdengar jelas yang mana akan menambah pesona dari Danau Lingkat itu sendiri. Namun, selain dapat menikmati indahnya danau dengan air yang berwarna hijau pekat, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh danau ini, seperti:

Danau Lingkat Jambi

1. Keindahan Alam yang Dapat Memanjakan Mata


Danau Lingkat Jambi merupakan danau yang keindahannya belum banyak diketahui oleh orang, oleh sebab itu pemandangan yang didapat juga masih natural dan alami. Hal ini dapat dirasakan saat berada di lokasi wisata, pengunjung dapat menemukan tumbuhan kantung semar yang biasa dipakai warga sekitar untuk membuat lemang. Pengunjung juga bisa hunting foto berlatarkan keindahan alam tersebut.

Danau Lingkat Jambi

2. Memancing Ikan Langsung dari Danau


Pengunjung diperbolehkan untuk memancing ikan yang berasal dari danau secara bebas. Selain itu, pengunjung juga dapat membakar ikan yang didapat secara langsung. Kegiatan ini cocok dilakukan oleh wisatawan yang datang bersama dengan keluarga untuk menambah rasa kekeluargaan. Namun, tak menutup kemungkinan juga bisa dilakukan sendiri atau bersama pasangan agar berlibur semakin seru.

Danau Lingkat Jambi

3. Menelusuri Danau Dengan Rakit


Para pengunjung diperbolehkan untuk menikmati pemandangan danau yang memikat dengan menaiki rakit. Rakit tersebut merupakan milik masyarakat sekitar yang biasa digunakan untuk mencari ikan.

Danau Lingkat Jambi

Pengunjung dapat meminjam rakit tersebut namun harus tetap mematuhi peraturan dan pantangan yang ada di kawasan Danau Lingkat. Namun, harus tetap ingat untuk mengutamakan keselamatan jika ingin mencoba pengalaman satu ini.

Danau Lingkat Jambi

4. Menikmati Secangkir Kopi Hangat di Lokasi Wisata


Warung dan pedagang makanan juga dapat ditemukan di lokasi wisata meskipun tidak banyak. Namun, pengunjung tetap bisa merasakan nikmatnya minum kopi atau teh hangat ditemani oleh pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Pastinya menikmati kopi dengan panorama indah di Danau Lingkat ini bisa jadi salah satu media refreshing untuk menyegarkan pikiran.

Danau Lingkat Jambi

5. Menginap di Homestay Dengan Harga Terjangkau


Tak usah khawatir bila para pengunjung kemalaman atau masih ingin menikmati  danau pada keesokan harinya karena terdapat homestay di dekat tempat wisata. Harga sewa homestay tersebut juga terbilang cukup ramah di kantong. Memang fasilitas yang ditawarkan tidak terlalu lengkap seperti hotel yang ada di pusat kota, namun bisa jadi solusi terbaik untuk bermalam.

Nah itu dia ulasan singkat tentang objek wisata Danau Lingkat Jambi yang eksotis dan masih terjaga keindahannya. Pengunjung dapat mengunjungi danau setiap hari dengan jam buka yang telah ditentukan. Bagi pengunjung yang tertarik berwisata kesana, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan begitu sampai lokasi agar keindahan danau tetap terjaga.