Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Wisata Danau Kumbang Jambi yang Eksotis

Danau Kumbang Jambi

Danau Kumbang Jambi merupakan sebuah danau yang terletak di Kabupaten Merangin, tepatnya di Gunung Masurai. Belum banyak orang luar Jambi yang tahu keberadaan danau ini, untuk itu nuansanya masih sangat alami dan eksotis dikelilingi tanaman hijau yang terpantul dalam airnya.

Danau Kumbang Jambi

Wisata Danau Kumbang Jambi biasanya dikunjungi anak-anak muda yang memiliki stamina kuat karena letaknya di atas gunung dan harus melalui tanjakan ekstrim. Untuk itu, artikel ini akan membicarakan hal-hal apa saja yang perlu disiapkan saat hendak berkunjung ke Danau Kumbang Jambi beserta pesona alamnya yang memanjakan mata.

Danau Kumbang Jambi

Lokasi dan Harga tiket Masuk


Danau ini masih menjadi wisata alam yang tidak dikelola, sehingga buka selama 24 jam tanpa perlu biaya untuk masuknya. Meski begitu, usahakan agar tidak mendaki di malam hari terutama jika hari hujan. Lokasi Danau Kumbang Jambi dapat dilihat melalui tautan berikut: Link GMaps.

Danau Kumbang Jambi

Pilihan Kegiatan


Danau Kumbang Jambi menawarkan pesona alam yang eksotis dan sangat layak dikunjungi. Selain itu, wisata ini juga menyediakan beberapa pilihan kegiatan yang bisa dikerjakan, yaitu sebagai berikut.

Danau Kumbang Jambi

1. Camping


Di area sekitar danau terbentang lahan terbuka yang cukup luas dan kerap dijadikan tempat camping. Wisatawan dapat mendirikan tenda di sana dan membuat api unggun saat malam. Yang perlu diperhatikan saat melakukan camping adalah agar memiliki teman dan tidak merusak alam maupun meninggalkan sampah.

Danau Kumbang Jambi

2. Bermain Air


Pengunjung dapat menikmati kesegaran air danau melalui tepiannya. Karena masih alami, air danau di sana sangat jernih dan bersih, sehingga dapat diminum. Namun, pastikan kondisi badan memang fit dan terbiasa mengkonsumsi air mentah.

Danau Kumbang Jambi

3. Foto-foto


Pesona alam yang disuguhkan berupa bentangan air danau dan hamparan pepohonan hijau menjadikannya tempat berburu foto yang tepat. Bagi para pecinta fotografi terutama yang bertema alam, berkunjung ke Danau Kumbang Jambi pasti merupakan sebuah surga tersendiri.

Danau Kumbang Jambi

4. Meneliti Alam


Danau Kumbang tidak hanya tentang airnya, melainkan juga tanaman-tanaman di sekitar yang terdiri dari beragam spesies. Jadi, tempat ini cocok pula untuk dimanfaatkan sebagai objek penelitian alam sekaligus berwisata dan menikmati keindahannya.

Danau Kumbang Jambi

5. Bersantai


Terakhir, Danau Kumbang juga dapat dijadikan tempat untuk sekedar bersantai dan menikmati suasana alam guna menyembuhkan jiwa dan pikiran. Memandangi hamparan alam di sana sembari duduk santai bisa menjadi metode healing yang tepat untuk menghilangkan penat dari aktivitas harian.

Danau Kumbang Jambi

Hal-hal yang Perlu Disiapkan


Danau Kumbang Jambi terletak di atas gunung, untuk itu diperlukan persiapan yang matang sebelum berangkat ke sana. Berikut adalah daftar hal-hal yang perlu disiapkan sebelum mengunjungi Danau Kumbang.

Danau Kumbang Jambi

Danau Kumbang Jambi

Danau Kumbang Jambi

  • Fisik dan stamina yang sehat. Tentunya, untuk bisa mendaki sampai ke danau diperlukan kondisi tubuh yang bugar serta stamina yang bagus.
  • Pakaian. Pakailah sesuatu yang nyaman untuk mendaki, seperti sepatu gunung, celana training, dan jaket parasut. Siapkan juga jas hujan untuk persiapan seandainya turun hujan di tengah perjalanan.
  • Barang bawaan. Pilih barang bawaan yang memang diperlukan saja dan usahakan packing dengan rapi agar tidak memakan tempat.
  • Obat-obatan darurat. Persiapkan obat-obatan darurat terutama jika punya riwayat penyakit yang sewaktu-waktu dapat kambuh selama di perjalanan.

Danau Kumbang Jambi

Demikian pembahasan mengenai Danau Kumbang Jambi yang layak menjadi pilihan wisata saat berkunjung ke Jambi. Jangan lupa persiapkan hal-hal yang dibutuhkan terlebih dahulu sebelum memutuskan berangkat ke sana. Letaknya yang di tengah hutan tidak memungkinkan akses ke toko atau apotek jika terjadi sesuatu, untuk itu pastikan semuanya benar-benar telah siap sedia.