Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Kesegaran Air Terjun Tembang Banggai Sulawesi Tengah

Air Terjun Tembang Banggai Sulawesi Tengah

Air Terjun Tembang berada di Desa Luk Sagu,Kecamatan Tinangkung Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Air Terjun Tembang adalah salah satu objek wisata  yang sudah sangat populer di Kabupaten Banggai Kepulauan karena sudah dikelola oleh masyarakat lokal melalui program Desa Wisata dari PNPM Pariwisata.

Air Terjun Tembang Banggai Sulawesi Tengah

Akses dari jalan raya menuju lokasi air terjun sekitar 2 km atau 20 menit dengan motor yang melewati pematang sawah. Ada tiga titik air terjun yang bertingkat. Untuk sampai ke air terjun yang paling atas diperlukan keahlian khusus. Debit airnya mencapai 1.860,4 liter/detik. Pepohonan yang rimbun di sekelilingnya menambah hawa sejuk di sekitar air terjun.

Air Terjun Tembang Banggai Sulawesi Tengah

Air Terjun Tembang Banggai Sulawesi Tengah

Air terjun ini pun dibuka setiap Sabtu dan Minggu. Awalnya, belum ada pencatatan pengunjung yang datang. Namun, baru-baru ini karcis masuk sudah diterapkan oleh pihak pengelola sehingga jumlah pengunjung dapat diketahui melalui seberapa karcis yang terjual. Penerapan karcis masuk ini terkait juga dengan Peraturan Desa setempat.

Air Terjun Tembang Banggai Sulawesi Tengah

Sesampainya disini, pengunjung akan dimanjakan dengan kesegaran air terjun Tembang. Jadi, bagi Anda yang berminat ke sini, siap-siap bawa pakaian ganti ya!Disadari bahwa di objek wisata satu ini, fasilitas belum memadai, salah satunya adalah lahan parkir yang terbilang sempit. Padahal, di akhir pekan, tak sedikit pengunjung yang datang ke air terjun Tembang ini. Ya, ini menjadi pr untuk Pemerintah setempat membangun segala infrastruktur yang mendukung destinasi wisata air terjun Tembang ini.