Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo - Air Terjun Tertinggi di Yogyakarta

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Air Terjun Sidoharjo oleh masyarakat sekitar merupakan air terjun tertinggi di Yogyakarta ini. Air terjun yang terletak 30 km di sebelah barat Kota Yogyakarta ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 m.

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Akses jalan menuju air terjun yang terletak di Dusun Madigondo, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo ini bisa dilewati kendaraan roda 2 dan 4. Untuk bisa menuju Air Terjun Sidoharjo ini, wisatawan cukup membayar jasa lingkungan sebesar Rp. 3000,  biaya parkir Rp. 2000 rupiah untuk kendaraan roda 2 dan Rp. 5000 untuk kendaraan roda 4.

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Dari lokasi parkir, wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai di Air Terjun Sidoharjo dengan jalan yang sudah berupa cor semen.

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Musim terbaik untuk menikmati keindahan air terjun ini adalah saat musim penghujan tiba, yaitu sekitar bulan Desember - Januari, karena saat kemarau debit airnya tidak banyak dan dialirkan untuk mengairi sawah warga setempat.

Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Di Air Terjun SIdoharjo ini wisatawan bisa bermain air sepuasnya, namun untuk anak-anak harus dengan didampingi orangtua. Jika beruntung wisatawan bisa melihat pelangi yang muncul dari pembiasan air dan cahaya matahari di bawah air terjun ini.

Sumber: Dinas Pariwisata Kulon Progo