Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Terjun Siluwok Kulon Progo - Surga Tersembunyi diantara Perbukitan Menoreh

Air Terjun Siluwok Kulon Progo

Pernahkah anda mendengar nama air terjun Siluwok? Apa yang terlintas di benak anda ketika mendengar nama Yogyakarta? Ya, Yogyakarta memang terkenal dengan destinasi wisatanya yang begitu banyak dan menawarkan kesan yang mendalam. Banyak spot-spot perbukitan dan pantai-pantai yang menarik untuk dikunjungi.

Air terjun Siluwok terletak di Desa Keweron, Kecamatan semigaluh, Yogyakarta. air terjun Siluwok termasuk air terjun yang masih “perawan”, sehingga akses jalan untuk menuju ke air terjun ini masih agak susah dan licin. Namun hal itu tidak lantas mengurangi keindahan air terjun yang kedalaman airnya hanya setinggi dada orang dewasa ini.

Air Terjun Siluwok Kulon Progo

Air terjun Siluwok memiliki karakteristik yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan air terjun lain di yang ada di wilayah Yogyakarta. Air yang mengalir di air terjun Siluwok merupakan air yang mengalir dari atas tebing dan terlihat berwarna biru jernih saat cuaca cerah. Namun, saat cuaca sedang hujan deras, warna air terjun Siluwok ini berubah menjadi kecoklatan.

Air terjun Siluwok tidak jauh dari air terjun Sidoharjo. Akhir-akhir ini air terjun Siluwok menjadi air terjun yang hits diperbincangkan di media sosial. Maka tidak heran jika kemudian banyak netizen yang penasaran dengan air terjun Siluwok dan memutuskan untuk membuktikan langsung kabar keindahan air terjun Siluwok yang mereka baca. Pengunjung yang datang kebanyakan mengaku tidak kecewa telah datang ke air terjun Siluwok.

Air Terjun Siluwok Kulon Progo

Air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan aliran air yang tidak terlalu deras ini memiliki kolam di bawahnya yang bisa digunakan untuk berenang maupun sekedar berendam dan bermain air. Beberapa batu besar dan tebing sekeliling air terjun dapat dijadikan sebagai spot untuk meloncat masuk ke dalam kolam.

Hal ini tentu saja membutuhkan mental dan keberanian tinggi, serta skill berenang yang cukup. Namun para pengunjung perlu mewaspadai bagian kolam yang dekat dengan hilir air terjun, sebab di bagian ini kedalaman kolam cukup dalam.

Air Terjun Siluwok Kulon Progo

Airnya yang dingin dan suasana alam yang masih sangat sejuk membuat pengunjung yang datang ke air terjun Siluwok menjadi enggan untuk pulang. Padahal untuk bisa mencapai air terjun ini pengunjung diharuskan untuk melewati jalan setapak di pinggir tebing serta jurang yang cukup dalam.

Air terjun Siluwok atau air terjun Siluwok berada di dalam hutan yang masih tersembunyi. Untuk menuju ke sana para traveler harus berjuang melewati jalan setapak yang licin, menembus hutan, dan terkadang masih harus melakukan trekking.

Air Terjun Siluwok Kulon Progo

Bagi Anda yang ingin mengunjungi air terjun Siluwok, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yaitu sandal yang akan Anda gunakan ke sana dan jas hujan. Sebaiknya Anda memakai sandal gunung dan membawa jas hujan, sebab di sepanjang perjalanan menuju ke air terjun Siluwok tidak ada tempat yang bisa dijadikan berteduh jika hujan turun. Sandal gunung akan mempermudah Anda dalam melewati medan-medan yang sedikit menantang, dan jas hujan akan membantu melindungi pakaian serta barang bawaan anda dari basah kuyup.

Saat ini, warga sekitar air terjun Siluwok terus membangun infrastruktur dan fasilitas yang memadai untuk pengunjung yang ingin ke air terjun Siluwok. Maka dari itu, Anda sebaiknya ikut menjaga kebersihan serta keindahan air terjun Siluwok, maupun merusak fasilitas yang ada untuk mempertahankan keindahan dan keasrian air terjun Siluwok.