Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Goa Kiskendo Kulon Progo - Keindahan Relief Pewayangan di Bebatuan

Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa Kiskendo merupakan salah satu obyek wisata kawasan karst yang terletak di desa Jatimulyo, Kec. Girimulyo di Pegunungan Menoreh. Terletak 38 Km dari Jogja dan 21 KM dari Wates. Goa aktif ini punya banyak ornamen stalaktit dan stalagmit dengan penggalan cerita Ramayana yang terpahat indah pada relief di sekitar mulut goa Kiskendo. Di kawasan ini juga disediakan bumi perkemahan yang bisa disewa dengan fasilitas yang lengkap.

Goa Kiskendo Kulon Progo

Goa Kiskendo merupakan goa yang ada di pegunungan menoreh. Goa ini berada di atas ketinggian 1200 m dari permukaan laut dan berada di tengah-tengah hutan, tetapi hutan tersebut sudah menjadi perkampungan dan jalan alternatif. Suasana yang ada di Goa Kiskendo ini sangat sejuk dan dingin. Goa Kiskendo ini ditemukan pada tahun 1820, lalu pada tahun 1964 goa ini dijadikan sebagai wisata religi. Kemudian pada tahun 1974-1975 Dinas Pariwisata Yogyakarta mengembangkan Goa Kiskendo menjadi tempat wisata yang dikelola secara resmi. Goa ini diresmikan pada tahun 1979.

Goa Kiskendo Kulon Progo

Asal usul dari Goa Kiskendo menurut mitos yang dipercayai masyarakat yaitu sebuah kerajaan guwa kiskenda yang dipimpin oleh Prabu Mahesasura yang merupakan saudara seperguruan dari Jatasura dan Patih Lembusura yang merupakan adiknya. Menurut mitos, mereka berdua merupakan makhluk yang mempunyai kekuatan sakti. Mahesasura digambarkan dengan makhluk berkepala kerbau dan lembusura digambarkan dengan makhluk berkepala sapi yang keduanya memiliki tubuh manusia yang tinggi dan besar.

Goa Kiskendo Kulon Progo

Tetapi walaupun mereka memiliki kekayaan dan kejayaan, mereka memiliki sifat yang tamak dan sombong yang akhirnya daat menghancurkan mereka sendiri. Prabu Mahesasura yang merasa bisa menaklukkan raja keturunan dewa, memerintah adiknya Lembusura untuk melamar Dewi Tara yang merupakan wanita cantik dari Bathara Indra. Tetapi Dewi Tara tidak menerima lamarannya dan membuat Prabu Mahesasura dengan Lembusura merasa terhina dan menghancurkan Kahyangan sementara Dewi Tara dibawa ke bumi.

Goa Kiskendo Kulon Progo

Hal itu membuat para dewa memutuskan untuk meminta bantuan Subali yang merupakan putra resi gotama yang pada saat itu is sedang bertapa di goa tersebut untuk menebus segala perbuatannya. Berikut cerita singkat dari asal usul Goa Kiskenda, tetapi cerita tersebut belum selesa, jika Anda ingin mengetahui cerita lengkapnya Anda dapat berkunjung ke Goa Kiskendo di Kulon Progo.

Goa Kiskendo Kulon Progo

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos misteri dan angkernya tempat ini, di Goa Kiskendo ini memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Di Goa ini terdapat relief wayang yang menggambarkan kejadian tersebut. Goa ini terbentuk karena resapan air yang ada selama ratusan tahun yang memiliki panjang sekitar kurang dari 600 m dengan banyak jalan bercabang dan cahaya yang remang-remang.

Goa Kiskendo Kulon Progo

Di Goa Kiskendo ini terdapat beberapa tempat untuk bertapa yaitu Pertapaan Tledek, Kusuma, Padasan, Sabtri Tani, Semelong, Selumbung,  Lumbung Kampek, dan masih ada yang lainnya. Pada bulan November kemarin didekat Goa Kiskendo dijadikan tema perwakilan girimulyo pada hut RI dan mengadakan sendratari yang mengisahkan sugriwa dan subali.

Goa Kiskendo Kulon Progo

Jika kamu memiliki hobi fotografi, tak ada salahnya menjadikan tempat wisata yang satu ini sebagai tujuan huntingmu selanjutnya. Goa Kiskendo menawarkan berbagai objek indah yang dapat kamu abadikan dengan kamera. Keindahan stalaktit dan stalakmit yang unik dengan berbagai ukuran, sangat sayang untuk dilewatkan.

Harga Tiket Masuk Goa Kiskendo


Untuk memasuki kawasan wisata Goa Kiskendo, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000 per orang.

Sumber: Dinas Pariwisata Kulon Progo