Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hutan Mangrove Kulon Progo - Wisata Alam yang Menyejukkan

Hutan Mangrove Kulon Progo

Awalnya hutan mangrove kulon progo ini didirikan sebagai wilayah konservasi dan juga untuk mencegah terjadinya abrasi. Perencanaan menggunakan kawasan ini sudah ada sejak tahun 1989. Ada banyak ekosistem yang bisa dinikmati dikawasan ini.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Daya Tarik

Wilayah Hutan mangrove ini masih berada di satu kawasan dari Pantai Glagah Indah dan Pantai Trisik. Jadi, setelah berkunjung ke tempat ini kita disarankan untuk mengunjungi Pantai Glagah yang terkenal dengan kecantikan senjanya. Kedua waktu ini sengatan senja belum terlalu menyengat. Kita bisa mengambil berbagai macam foto dan gambar yang mengesankan.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Sebenarnya, siang juga waktu yang tepat untuk datang, hanya saja saat siang terik matahari akan terasa sangat menyengat. Sedangkan gazebo yang berada di hutan bakau ini sangat tebatas. Menikmati hutan mangrove ini bisa dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan menikmati beberapa spot menarik yang sudah disajikan pihak pengelola. Selain itu, semilir angin yang behembus menambah kesejukan tersendiri sehingga, berada di tempat ini bisa dibilang susah untuk move on.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Rute Dan Lokasi


Lokasi Hutan Mangrove ini berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo. Kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam lamanya. Dari arah Yogyakarta, kita bisa arahkan kendaraan menuju ke wates, Kulon Progo. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju pantai Glagah. Jalur menuju pantai Congot ini merupakan jalur utama menuju kearah purworejo. Sebelum masuk ke TPR pantai Glagah, kita akan bertemu dengan jalan besar yang bernama jalan Daendles belok kearah kanan kemudian lurus terus kearah barat.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Sampai di titik jembatan sungai Bogowonto. Dimana, jembatan ini menjadi pembatas antara Kulonprogo dan Purworejo. Setelah sampai di titik ini temukan SD Jangkaran, sampai disini jalan hati-hati sampai menemukan pertigaan kecil yang akan mengarahkan kita menuju ke lokasi. Apabila, masih bingung kita bisa bertanya atau juga menggunakan google maps yang sudah tersedia di smartphone.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Harga Tiket Masuk


Lalu, berapa harga yang harus di bayar bila berkunjung ke hutan mangrove kulon progo ini. Ada 3 bagian yang bisa kita pilih. Tiga bagian ini, mempunyai harga yang berbeda-beda pula. 4 ribu rupiah untuk kita yang ingin mengunjungi Hutan Mangrove yang terkenal dengan jembatan Si api-api.

Hutan Mangrove Kulon Progo

Hanya 3 ribu rupiah bila kita ingin mengunjungi Hutan Mangrove Wanatirta. Jika ingin menikmati aksi romatis-romantisan dengan naik kapal, kita akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. Kalau dipikir-pikir, harga yang ditawarkan cukup murah ya. Jam buka tempat ini pukul 6 pagi hingga 6 sore.