Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung kukusan Kulon Progo - Salah Satu Spot Untuk Berburu Sunrise

Gunung kukusan Kulon Progo

Gunung kukusan merupakan salah satu pucak di deretan  perbukitan menorah. Gunung kukusan ini secara administrative masuk dalam 3 kabupaten yaitu Kulon progo, Magelang dan Purworejo. Perbukitan ini masih menjadi satu dengan area Kebun Teh Nglinggo di Kulon Progo. Gunung Kukusan disebut-sebut merupakan salah satu spot terbaik melihat matahari terbit di Yogyakarta.

Gunung kukusan Kulon Progo

Bagi para pemburu sunrise pasti sudah memasukkan Gunung kukusan ini di daftar tempat yang harus mereka kunjungi. Perlu perjuangan lebih memang untuk mendapatkan sunrise terbaik. Mulai dari berangkat subuh-subuh dengan cuaca dingin, berjalan meuju spot terbaik, hingga menunggu terbitnya matahari. Tetapi perjuangan yang dikeluarkan akan terbayar ketika kamu melihat matahari terbit yang cantik dengan semburat warna kuning dan orange yang utuh.

Gunung kukusan Kulon Progo

Bagi anda yang mau berlibur atau bertamasya untuk menikmati suasana alam pegunungan yang mempunyai panorama menakjubkan terutama untuk menikmati suasana terbitnya matahari atau sunrise. Salah satu surga tersembunyi, di dusun wonokerto, desa ngargoretno, kecamatan salaman, magelang jawa tengah, yang bernama Gunung Kukusan.

Gunung kukusan Kulon Progo

Gunung kukusan saat ini disebut sebagai Negeri di atas awan yang memiliki ketinggian 800mdpl, dengan keunikan Gunung yang memalang diantara tiga kabupaten Kulon progo, Magelang dan Purworejo. Gunung Kukusan mempunyai dua puncak yang bernama puncak kendeng dan puncak dempok. Namun kedua gunung tersebut mempunyai ketinggian yang berbeda-beda, yang dimana Puncak Kendeng memiliki ketinggian yang lebih tinggi dari Puncak Dempok yang lebih rendah.

Gunung kukusan Kulon Progo

Wisata alam yang satu ini menyuguhkan suasana alam yang indah dengan panorama sunsrise di pagi hari dengan udara yang menyegarkan. Di sepanjang perjalanan yang menghabiskan beberapa menit perjalanan untuk melangkahkan kaki di beberapa tangga sampai ke puncak, anda langsung dapat menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang sangat menakjubkan mata anda. Ada dua jalur yang dapat anda pilih yang pertama apabila anda belok kiri anda menuju Puncak Dempok dan apabila anda belok kanan anda menuju Puncak Kendeng.

Referensi:


alodiatour.com
visitingjogja.jogjaprov.go.id