Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Keindahan Pulau Saronde Gorontalo - Wisata Maldives ala Indonesia

Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde Gorontalo

Indonesia memiliki ragam wisata cantik dan menawan bak di luar negeri, salah satunya adalah Pulau Saronde di Gorontalo. Bagi turis yang menyukai keindahan laut, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi pulau ini.

Pulau yang menawarkan pesona pantai berpasir putih ini memiliki kemiripan pesona layaknya Maldives. Sebelum berkunjung ke Pulau Saronde, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lokasi yang Mudah Ditempuh

Pulau Saronde terletak di wilayah Ponelo Kepulauan, Gorontalo Utara. Untuk sampai di lokasi ini tidak terlalu sulit. Dari pusat kota, para turis akan menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 65 kilometer untuk mencapai Pelabuhan Kwandang.

Dari pelabuhan, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal berkapasitas sepuluh orang selama 45 menit. Biaya sewa kapal ini dibanderol dengan harga Rp450 ribu.

Maps: https://maps.app.goo.gl/2ZGpvBEykdYyGg9f8

Harga Tiket Relatif Murah

Untuk menikmati keindahan pulau eksotis ini, turis hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp25 ribu saja. Dengan harga tiket yang tidak terlalu mahal, turis sudah ikut membantu masyarakat setempat untuk menjaga dan mengembangkan Pulau Saronde.

Disuguhi hamparan pasir putih dan laut berwarna biru yang jernih, turis sudah dapat merasakan keindahan bahari bak Maldives di Pulau Saronde Gorontalo. Ditambah dengan keindahan panorama matahari tenggelam, melengkapi pemandangan eksotis penuh romantisme.

Fasilitas yang Lumayan Lengkap

Sama halnya dengan tempat wisata pulau yang lain, Pulau Saronde juga memiliki ragam fasilitas yang lumayan lengkap. Berikut ini beberapa fasilitas yang ada di Pulau Saronde:

1. Ragam Wahana Air

Perairan di Pulau Saronde dikenal bersih dan bebas polusi, hal ini membuat Pulau Saronde memiliki ragam wahana air yang sayang dilewatkan. Mulai dari berenang, ski air, snorkeling, hingga banana boat.

Memiliki terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang mirip seperti Taman Laut Bunaken, membuat Pulau Saronde dipilih sebagai tempat snorkeling favorit. Turis akan disuguhkan dengan keindahan ikan penuh warna dan terumbu karang yang eksotis.

2. Festival Pesona Saronde

Setiap setahun sekali, pemerintah setempat akan mengadakan Festival Pesona Saronde untuk mempromosikan wisata bahari di pulau ini. Turis bisa menyaksikan ragam atraksi menghibur yang tidak bisa disaksikan setiap saat.

Salah satu atraksi menghibur yang diadakan saat Festival Pesona Saronde adalah lomba adu cepat ketinting (perahu diesel) mengelilingi satu pulau di sekitar Pulau Saronde. Di festival ini, turis bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat.

3. Bermalam di Cottage atau Berkemah

Pulau Saronde menawarkan dua pilihan bermalam bagi para turis, yaitu menginap di cottage atau berkemah. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan para turis. Harga menginap di cottage dibanderol mulai dari Rp150 ribu hingga Rp1,3 juta per malamnya.

Sedangkan jika ingin berkemah, terdapat spot khusus yang bisa digunakan. Lokasi yang dipilih biasanya di celah hutan cemara di tepi pantai. Selain itu, para turis yang ingin berkemah pun juga bisa memasang hammock di pulau ini.

Menikmati senja sambil berayun di hammock dengan suasana pantai yang indah bisa menjadi salah satu cara menghilangkan stres karena kesibukan yang menumpuk, lho! Berkemah sangat cocok bagi para turis yang ingin lebih menyatu dengan alam sambil mencari ketenangan.

Itulah ulasan mengenai Pulau Saronde Gorontalo. Pulau yang tawarkan keindahan pantai mirip dengan Maldives ini juga bisa jadi pilihan untuk wisata bulan madu dengan budget terbatas. Selain itu, masih ada banyak wisata Tanah Air yang belum diketahui banyak orang dan keindahannya juga tidak kalah cantik dengan tempat wisata di luar negeri.