Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Tangkuban Perahu Bandung Gunung Vulkanik yang Menarik

Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Gunung Tangkuban Perahu Lembang Bandung

Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu tujuan wisata di daerah Lembang. Hutan pinus dan kebun teh yang membentang di sepanjang perjalanan juga memberi kesegaran bagi pengunjung. Tidak heran orang senang sekali berkunjung ke sini.

Gunung Tangkuban Perahu sebenarnya adalah gunung vulkanik yang sedang tidak aktif karena itu uap belerangnya masih cukup kencang. Dari gunung ini jadi bermunculan banyak wisata pemandian air panas yang memanfaatkan sumber mata air dari gunung ini.

Lokasi dan Rute Perjalanan


Mencapai lokasi ini bisa dilakukan dengan motor atau mobil maupun menggunakan angkot dan bis yang melewati lokasi wisata. Hanya saja harus diingat bahwa saat musim liburan atau bahkan akhir pekan, akan terjadi kemacetan yang kadang sangat panjang.


Tiket Masuk dan Fasilitas


Dana retribusi sebagai tiket masuk lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu dibedakan untuk wisatawan domestik dengan mancanegara dengan rincian seperti berikut:
Wisatawan domestik Rp. 15 ribu per orang, dengan biaya lima ribu rupiah untuk motor, mobil sebesar sepuluh ribu dan bus dibebankan sebesar Rp. 20 ribu.

Wisatawan asing Rp. 50 ribu per orang, dengan biaya tujuh ribu rupiah untuk motor, mobil sebesar lima belas ribu dan bus dibebankan Rp. 25 ribu.

Karena dikelola dengan baik maka fasilitas yang disediakan di lokasi wisata ini cukup lengkap dan terawat yaitu Pusat Informasi, Pemandu Wisata, Pusat Belanja, Pos Keamanan dan pendukung lain seperti mushola, wastafel, toilet dan tempat sampah yang tersebar di banyak tempat. Dan tentu saja rumah makan dan toko oleh-oleh.

Kegiatan yang bisa dilakukan


Gunung Tangkuban Perahu memiliki tiga kawah yang patut dilihat yaitu Kawah Ratu yang merupakan favorit pengunjung. Lalu ada Kawah Upas dan Kawah Domas yang juga tidak kalah menariknya. Jarak ketiganya cukup berjauhan jadi sediakanlah cukup waktu jika ingin melihat semuanya.

Melihat ketiga kawah yang ada, usahakanlah datang sejak pagi agar cukup waktu melihat semuanya.
Naik kuda berkeliling kawah.
Wisata kuliner yang tersedia di lokasi yang menyajikan makanan khas Lembang dan Bandung.
Belanja oleh-oleh.
Memuaskan diri berfoto untuk mengabadikan perjalanan wisata karena banyak tempat yang bisa menjadi tempat berfoto yang indah.
Tips berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu
Lakukan perjalanan sejak pagi karena rute ke lokasi sering terjadi kemacetan khususnya saat akhir minggu dan hari libur.
Lembang terkenal dengan hawa dinginnya karena itu bawalah baju hangat agar tidak kedinginan di sana. Suhu siang hari sekitar 17 derajat sudah dingin tapi malam hari terkadang bisa lebih rendah lagi.
Jika musim hujan, bawalah juga jaket hujan untuk keamanan.
Pakailah sepatu yang nyaman yang memungkinkan berjalan jauh karena berwisata di sini pengunjung akan banyak berjalan berkeliling.
Siapkanlah masker pelindung karena bau belerang terkadang sangat menyengat khususnya di beberapa titik tertentu.
Bawa juga kacamata pelindung agar mata terhindar dari debu.

Wisata Kuliner


Daerah Lembang memiliki beberapa makanan khas yang patut dicoba dan tersedia di banyak tempat di sekitar lokasi wisata. Misalnya Ketan Bakar Santan, Susu Segar dan Sate Kelinci. Selain makanan khas Lembang, makanan lain ala Bandung juga banyak pilihannya.
Demikianlah penjelasan tentang Gunung Tangkuban Perahu Bandung yang sudah terkenal sejak dulu. Selain ketiga kawah di lokasi ini, lingkungan sekitarnya juga bisa menjadi alternatif wisata pendukung seperti pemandian air panas yang bersumber dari sini. Pengunjung tidak akan kekurangan kegiatan yang bisa dilakukan saat berwisata di sini.