Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Petak Enam Glodok, Tempat Kuliner Kenikian Yang Instagramable

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Petak Enam merupakan satu tempat di kawasan Glodok yang cukup besar untuk wisata kuliner, wisata belanja, dan wisata sejarah. Gedung ini dulunya merupakan salah satu kawasan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta yang masih berdiri sampai saat ini selain Sarinah.

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Di seluruh kawasan Glodok, sebelumnya sangat sulit untuk menemukan tempat beristirahat yang berpendingin udara. Konsep yang ada pada Petak Enam disebut sebagai compound complex atau kompleks campuran. Dalam artian, Petak Enam bisa dianggap sebagai pusat kuliner, pusat belanja, dan banyak lagi. Hal itu juga bisa terlihat dari kumpulan tenant yang sangat bervariasi. Ada sekitar 30 tenant makanan dan minuman di Petak Enam. Semuanya sangat beragam.

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Ada yang mengusung makanan dan minuman khas China, makanan barat, peranakan hingga makanan khas beberapa daerah di Indonesia. Makanan khas Manado, Medan, Cirebon, bisa ditemui di sini.  Pengunjung juga bisa menemukan sajian khas China seperti kuo tie dan dimsum di sana. Ada pula cempedak goreng legendaris di Glodok, pempek Palembang, makanan peranakan macam laksa dan bakmi hingga kuliner barat macam pizza.

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Desain bangunan dengan percampuran budaya Petak Enam memang tak hanya mengusung warisan satu budaya saja, tapi banyak lainnya. Hal tersebut juga tercermin dari desain gedung yang digunakan. Tak hanya ada aksen warisan pecinan biasa, tapi juga mengusung beberapa budaya lain yang memang ada di Jakarta. Hal itu terlihat dari kawasan tengah hingga belakang Petak Enam yang dominan unsur pecinan. Sementara di bagian depan Petak Enam, tempat area Paviljoen berada, terdapat unsur Belanda yang cukup kental.

Review sebelumnya:

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Ia mendokumentasikan berbagai arsitektur tua yang ada di daerah-daerah historis Jakarta seperti Glodok hingga Kota Tua. Sang arsitek kemudian memasukkan unsur-unsur kultural yang historis tersebut ke dalam desain gedung Petak Enam.

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Petak Enam Glodok

Asal muasal nama Petak Enam sendiri memiliki asal usul yang menarik. Nama ini bisa dibilang cukup berkaitan dengan Petak Sembilan, salah satu kawasan yang ada di Glodok. Selain itu, nama Petak Enam juga diambil dari jumlah anak yang dimiliki pemilik properti lokasi kawasan Petak Enam. Tak itu saja, angka enam juga punya fengshui yang baik dalam budaya China.