Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tumpeng Menoreh Kulon Progo - Wisata Kekinian di Jogja

Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Salah satu spot terindah untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam di Yogyakarta adalah di Tumpeng Menoreh. Sesuai namanya, bentuk heksagonal restoran yang dibangun di kawasan perbukitan Menoreh ini memang hampir menyerupai tumpeng apabila dilihat dari jauh. Terletak di puncak bukit, Tumpeng Menoreh resmi dibuka pada Mei 2021 dan dibangun oleh musisi Erix Soekamti. Lokasinya berada di di Desa Ngargoretno, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Daya Tarik Tumpeng Menoreh


Tumpeng menoreh merupakan restoran yang area wisata mengangkat potensi wisata di Gelangprojo. Tempat ini memang memiliki pemandangan sangat indah ke pegunungan Menoreh, dengan bukit menyerupai tumpeng berada di dekatnya. Karena terletak di puncak bukit, pemandangan dari tempat ini sangat indah terutama ketika matahari terbit dan terbenam. Begitu juga pada malam hari, pengunjung bisa melihat gemerlap lampu kota dari ketinggian. Jika siang hari, pengunjung bisa menikmati berbagai kuliner sambil menikmati pemandangan tiga gunung besar di Jawa yaitu, Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing.

Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Yang terbaru, lokasi ini juga memiliki wahana lift dengan ketinggian 100 yang akan mengantar pengunjung menuju Tumpeng Ayu. Pemandangan dan sensasi berbeda akan didapat selama menaiki lift yang mengantar pengunjung naik dan turun bukit ini. Tentunya untuk bisa menikmati pemandangan dengan nyaman, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim kemarau. Jangan lupa jika hendak menikmati suasana matahari terbit, pengunjung disarankan untuk membawa pakaian hangat, karena suhu udara ketika dini hari di tempat ini cukup dingin.

Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Harga Tiket dan Jam Buka Tumpeng Menoreh


Untuk menikmati keindahan pemandangan dan suasana alam yang sejuk, pengunjung perlu membayar untuk masuk ke kawasan Tumpeng Menoreh. Harga tiket Tumpeng Menoreh adalah sebesar Rp 50.000 per orang yang sudah termasuk dengan voucher makan Rp 25.000 yang dapat ditukarkan di area restoran. Sementara jam buka Tumpeng Menoreh adalah 24 jam, dengan waktu terbaik yaitu jelang matahari terbit dan terbenam.

Tumpeng Menoreh Kulon Progo

Rute menuju Tumpeng Menoreh


Jarak Tumpeng Menoreh dari Yogyakarta sekitar 37 kilometer dengan jarak waktu tempuh kurang lebih satu jam 15 menit. Akses terbaik menuju tempat wisata ini melalui Kulon Progo, karena lebih mudah. Dari Tugu Jogja, kamu bisa ambil jalur ke Ring Road Barat, lurus saja sampai ke perempatan Nanggulan. Setelah itu, lanjutkan sampai bertemu perempatan Dekso. Belok ke kiri, kamu akan memasuki perbukitan dengan jalan berkelok. Ikuti saja jalan utama tersebut sepanjang 14 kilometer. Nantinya, akan ada gapura menuju Nglinggo-Tritis. Kemudian, belok ke kanan menuju Kebun Teh Nglinggo. Tumpeng Menoreh ada di sisi kiri jalan.

Sumber: Kompas Jogja