Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Wisata Alam Pulau Burung Bangka Belitung Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Pulau Burung Bangka Belitung

Bangka Belitung menyimpan banyak destinasi wisata alam, salah satunya Pulau Burung. Keindahan wisata alam Pulau Burung ini masih murni dan terawat, selain itu pesonanya mampu memikat para wisatawan. Luas Pulau Burung Bangka Belitung mencapai 2 hektar di pantai lepas yang terdapat di Desa Tanjung Binga.

Pulau Burung Bangka Belitung

Sekilas Info Mengenai Pulau Burung


Pulau Burung Bangka Belitung sedikit jauh dari pusat keramaian, sehingga cocok dijadikan sebagai area relaksasi. Tempat wisata ini memiliki suasana yang cukup sepi, karena memang belum populer seperti tempat wisata lainnya yang ada di kepulauan Bangka. Sehingga, ketika berkunjung disini, wisatawan dapat merasa seolah sedang berlibur di pulau pribadi.

Pulau Burung Bangka Belitung

Pada pulau ini, terdapat batu granit berukuran besar berdiri kokoh di tengah lautan bak seekor burung yang sedang mengerami telur. Oleh karena itu, tempat wisatanya dinamakan dengan Pulau Burung. Tinggi batu tersebut diperkirakan setara dengan bangunan yang memiliki tiga lantai, sangat unik bukan?

Pulau Burung Bangka Belitung

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pulau Burung


Pulau Burung terletak di Kecamatan Sijuk, wisatawan dapat memulainya dengan mengendarai mobil dari Belitung menuju Pantai Kelayang. Setelah sampai di Pantai Kelayang, wisatawan harus menyewa kapal terlebih dahulu agar dapat menginjakkan kaki di Pulau Burung.

Link lokasi melalui Gmaps.

Pulau Burung Bangka Belitung

Jika ingin berkunjung ke Pulau ini, wisatawan tidak perlu khawatir, karena harga tiket masuknya nol rupiah alias gratis. Hanya saja, wisatawan perlu menyiapkan biaya untuk sewa kapal yang dikenai tarif mulai dari 350 ribu. Agar biaya tanggungan lebih murah, alangkah baiknya datang bersama teman ataupun keluarga.

Pulau Burung Bangka Belitung

Daya Tarik Pulau Burung


Sama halnya dengan tempat wisata pada umumnya, Pulau Burung juga memiliki daya tarik tersendiri yang patut diacungi jempol. Daya tarik inilah yang mampu membuat wisatawan rela mengeluarkan biaya cukup mahal dan waktu yang relatif lama untuk dapat menikmatinya. Seperti apa saja daya tariknya? Simak ulasannya berikut ini:

Pulau Burung Bangka Belitung

1. Keindahan Panorama Daratan yang Memukau


Pulau ini dikelilingi dengan pasir putih yang halus dan batuan granit yang letaknya tersebar di sekitar pulau. Batuan granit ini cukup beragam ukurannya, mulai dari ukuran yang kecil hingga sangat besar yang berwarna abu dengan tekstur halus. Bebatuan ini juga menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Review sebelumnya:

Pulau Burung Bangka Belitung

2. Air Laut Jernih dan Tenang


Ketika sampai di Pulau Burung, para wisatawan akan langsung disuguhi dengan air laut bernuansa biru yang jernih. Selain itu, air lautnya pun tenang dengan diiringi angin sepoi-sepoi seolah mengajak wisatawan untuk bersantai sejenak di pinggir pantai. Suasana seperti ini sangat pas bagi wisatawan yang menyukai ketenangan.

Pulau Burung Bangka Belitung

Tempat Penginapan Terdekat


Bagi wisatawan yang rumahnya jauh dari pulau, dapat menyewa tempat penginapan terlebih dahulu kemudian melanjutkan perjalanan pulang esok hari. Beberapa tempat penginapan yang paling dekat dengan Pulau Burung memiliki tarif yang cukup murah. Salah satunya adalah Sheraton Belitung resort yang kurang lebih berjarak 3,37 KM.

Pulau Burung Bangka Belitung

Wisatawan juga dapat menginap di Capital O 399 Kelayang Beach Hotel, untuk sampai ke bandara hanya membutuhkan waktu 45 menit. Meskipun harganya yang terjangkau, fasilitas yang didapatkan jika menginap di hotel ini tidaklah murahan. Dari sini, wisatawan masih dapat menikmati view pantai yang ada di sekitar.

Itulah ulasan mengenai pesona wisata alam Pulau Burung di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi saat liburan nanti. Waktu yang pas untuk mengunjungi pulau ini ialah sore hari, dengan begitu wisatawan dapat menikmati pulau beserta keindahan sunset sekaligus. Selamat berlibur!