Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Air Terjun Ayuhulalo di Gorontalo dengan Panorama yang Indah

Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Provinsi Gorontalo dianggap populer dalam hal pariwisata. Yah, setidaknya banyak wisatawan yang sudah mengenali beberapa daya pikat seperti pantai yang indah, pulau-pulau kecil, dan budaya lokal yang menarik. Nah, wilayah ini bahkan memiliki banyak air terjun yang tenang untuk dijelajahi! Salah satunya terletak di Kecamatan Tilamuta di Kabupaten Boalemo yang bernama Air Terjun Ayuhulalo. Seperti namanya, air terjun ini berada di Desa Ayuhulalo. Menjadi salah satu tempat wisata alam terbaik di Boalemo, air terjun ini melengkapi tempat liburan lainnya seperti Air Terjun Nantu dan Polohungo.

Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Namun, lokasinya berada di atas gunung. Itu berarti wisatawan perlu menjalani trekking singkat untuk mencapai lokasi. Seperti disebutkan di atas, Air Terjun Ayuhulalo berada di dataran tinggi. Memang butuh waktu dan upaya untuk sampai ke sana. Dari segi nuansa, situs ini memiliki suasana yang damai dan menyegarkan. Pasalnya, air terjun ini diapit oleh dua tebing besar dan tanaman rimbun. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, apalagi wisatawan tidak akan menemukan bangunan dan sampah. Lingkungan yang masih asli ini pasti membantu pengunjung untuk menghilangkan stres. Ditambah lagi, udara pegunungan yang segar dan menyegarkan akan menenangkan pikiran semua orang.

Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Mengunjungi Air Terjun Ayuhulalo


Hal pertama yang harus dinikmati ketika mengunjungi Air Terjun Ayuhulalo adalah perjalanan itu sendiri. Pasalnya, wisatawan perlu menjalani trekking untuk mencapai lokasi. Saat menuju ke situs, mereka mungkin melihat berbagai tanaman gunung dan pohon juga. Belum lagi mereka harus menaklukkan lanskap yang menantang termasuk permukaan berbatu dan bebatuan licin. Untuk menghindari masalah, dalam hal ini, setiap orang harus memakai alas kaki yang tepat. Entah bagaimana, disarankan untuk datang dengan pemandu yang tahu rute dengan baik. Begitu mendekati lokasi, wisatawan mungkin akan mendengar suara gemericik air yang keras.

Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Nanti, begitu sampai di lokasi, air terjun yang tinggi dan megah akan membuat semua pengunjung takjub. Debit air yang deras mengalir dengan indah dari atas bukit. Karena penampilannya yang begitu memukau, air terjun ini juga sering menjadi objek fotografi. Wisatawan cukup mengambil foto air terjun baik dari jauh maupun dari depannya. Satu hal, tidak disarankan untuk mandi atau mandi di sana! Itu karena debit air terlalu kuat. Rekomendasi aktivitas di Air Terjun Ayuhulalo selanjutnya tidak lain adalah eksplorasi. Lokasinya dekat dengan hutan lokal tempat banyak hewan eksotis lokal hidup. Yang paling populer memang burung Maleo dan Tarsius. Bagi orang yang beruntung, mereka bahkan bisa mendekati hewan-hewan ini dan berfoto bersama mereka. Karena itu, jangan lupa untuk membawa kamera nanti.

Sumber: pikiran-rakyat.com